3 Resep Keripik Bayam Gurih dan Nikmat

Inilah 3 resep keripik bayam gurih dan nikmat. Sayur yang mengandung banyak zat besi dan vitamin ini tentu akan menjadi cemilan sehat untukmu!
0
3 Resep Keripik Bayam Gurih dan Nikmat
0 (0%) 0 votes
kripik bayam

Tahukah kamu bahwa daun bayam sebenarnya dapat diolah menjadi makanan kecil yang nikmat dan sehat? Ya, keripik bayam! Banyak sekali orang yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya bayam juga dapat diolah menjadi keripik. Memilih jenis bayam yang tepat untuk dijadikan keripik adalah hal yang penting karena terkadang bayam biasa tidak bisa dijadikan keripik, melainkan digunakan sebagai sayur. Bayam yang sering digunakan sebagai keripik disebut masyarakat Jawa Barat sebagai bayam senggang. Nah, tentunya kamu penasaran kan mengapa bayam dapat dijadikan makanan cemilan yang enak dan sehat? Yuk, simak dulu artikel piliha Hello-PET berikut ini!

 

 

 

 

Kenali Tanaman Bayam

 

 

Bayam, atau dalam bahasa latin Amaranthus spp., merupakan tumbuhan yang biasa ditanam dan berasal dari Amerika tropik. Bayam biasa dipanen dan dikonsumsi bagian daunnya sebagai sayuran hijau. Berbagai makanan olahan dapat dibuat dengan menggunakan bahan daun bayam ini. Tumbuhan yang berasal dari Amerika ini sudah tersebar ke seluruh dunia saat ini. Tumbuhan ini pun akhirnya dikenal sebagai sayuran yang mengandung sumber zat besi yang penting untuk tubuh. Bayam memiliki kandungan zat besi yang dapat dikatakan relatif lebih tinggi daripada pada sayuran daun lainnya sehingga sayur bayam sangat berguna bagi penderita anemia.

 

 

 

Tanaman bayam memiliki berbagai jenis varietas, dari yang daunnya berwarna merah sampai warna putih sekali pun. Semakin tua warna daun bayam, maka warnanya akan terlihat semakin hijau. Warna hijau pada sayuran ini menunjukkan semakin banyak vitamin yang terkandung di dalamnya.Terkadang tanaman bayam juga dipakai sebagai tanaman hias meskipun dapat pula disayur. Di tempat asalnya, yaitu Amerika, bayam banyak dimanfaatkan bijinya sebagai sumber karbohidrat.

 

 

 

Manfaat Sayur Bayam

 

Seperti yang sudah diketahui, bayam mengandung zat besi yang tinggi hingga sayur bayam sangat berguna bagi para penderita anemia. Tentunya, tidak hanya itu saja, bayam juga mengandung banyak vitamin hingga kamu bisa mengonsumsi makanan ini sebagai salah satu menu dietmu. Biji bayam saat ini sangat populer dijadikan sebagai makanan diet karena diketahui rupanya tidak menyebabkan kegemukan.

 

 

 

Bagian akar tunggang pada tanaman bayam pun dapat dimanfaatkan sebagai obat. Kebanyakan tanaman ini digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif memenuhi kebutuhan hidup, termasuk makanan dan obat-obatan. Banyak sekali kegunaan dari tanaman bayam bukan? Keripik bayam adalah salah satu makanan olahan yang dapat dibuat dari tanaman bayam. Gurih dan praktis dimakan, tentu pasti disukai anak-anak mau pun orang dewasa dari berbagai kalangan.

 

 

 

 

Resep Keripik Bayam

 

 

Bayam yang berdaun lebar dengan ukuran yang lebih besar dari telapak tangan orang dewasa banyak digunakan sebagai keripik bayam. Namun ukuran yang lebih kecil pun masih dapat digunakan sebagai keripik untuk mempermudah makannya. Daun bayam dipilih dari tanaman bayam yang tua, biasanya berusia sekitar 1 bulan, namun harus diingat bahwa bayam harus segera dipanen begitu sudah cukup umur karena jika melebihi masa panennya, daun bayam akan terserang hama dan menjadi layu. Inilah salah satu resep keripik bayam yang umum dan praktis untuk dibuat. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini.

 

Bahan Keripik Bayam:
– 2 ikat bayam, pilihlah yang daunnya lebar
– 250 gr tepung beras
– 50 mL air
– 500 mL minyak goreng

 

Bumbu untuk Keripik Bayam:
– 5 siung bawang putih
– 10 butir kemiri
– 2 cm kunyit
– 1 sdt garam

 

Bila bahan-bahan sudah siap, saatnya untuk membuat keripik bayam. Pertama-tama, petiklah daun bayam dan cuci bersih seluruhnya lalu tiriskan dalam satu wadah. Campurkan tepung beras, bumbu halus, dan air lalu aduk sampai rata lalu masukkan daun bayam ke dalamnya dan campur merata. Panaskan minyak goreng lalu celupkan tiap lembar daun bayam yang sudah diselimuti adonan tepung sebelumnya. Masukkan dan masak keripik bayam dalam minyak goreng panas.

 

 

Gorenglah daun yang bercampur tepung adonan hingga matang dan kering, namun jangan sampai terlalu gosong. Pastikanlah minyak yang digunakan untuk menggoreng benar benar panas sehingga begitu dicelupkan, bayam akan mengambang dipermukaan minyak dan hasilnya akan lebih mengembang dan mudah untuk ditiriskan. Bila sudah mengambang dan adonan tepung pada bayam terlihat kekuningan, angkatlah bayam. Kamu bisa menambahkan garam atau bumbu lainnya bila suka. Keripik bayam pun siap untuk disajikan!

 

(Baca Juga: 7 Resep Puding Kaca Enak Dan Cantik)

 

 

 

 

Resep Keripik Bayam Pedas

 

Kabar gembira bagi kalian para pecinta pedas karena keripik bayam pedas pun adalah salah satu makanan olahan bayam yang juga sangat lezat rasanya. Tentu saja kamu bisa menentukan sendiri tingkat kepedasan dari keripik bayam sesuai dengan seleramu. Selain cocok sebagai cemilan, keripik bayam pedas pun bisa kamu konsumsi sebagai teman lauk nasi. Nah, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini untuk membuat keripik bayam pedas, ya!

 

Bahan Keripik Bayam Pedas:
– daun bayam 40 lembar
– tepung beras 400 gram
– tepung kanji 80 gram
– garam 1 sendok teh
– air mineral
– bubuk cabai halus

 

Bahan bumbu keripik bayam pedas gurih:
– bawang putih 6 siung
– bawang merah 5 siung
– kemiri 12 biji
– ebi 6 sendok makan

 

 

Setelah bahan-bahannya siap, kamu dapat mulai untuk membuat keripik bayam pedasmu. Pertama-tama, cucilah daun bayam dengan menggunakan air bersih secara perlahan agar daun bayam tetap pada bentuk aslinya dan tidak sobek. Usahakan juga untuk menggunakan daun bayam yang lebar agar keripik bayam dapat memiliki bentuk yang lebih baik. Pisahkan daun bayam yang satu dengan daun bayam yang lainnya lalu sisihkan dan kemudian dibiarkan terlebih dahulu hingga daun bayam mengering.

 

 

Campurkanlah bahan utama tepung dan beri air, kemudian aduk hingga merata agar tidak menjadi terlalu encer. Bahan bumbu kemudian ditumbuk hingga halus lalu masukkandaun bayam ke dalam adonan, aduklah semuanya hingga merata.

 
Kemudian siapkan wajan dan panaskanlah minyak dengan api sedang. Ketika minyak sudah panas, mulailah untuk menggoreng bayam satu persatu hingga matang. Tidak perlu terlalu lama, lalu angkat dan tiriskan di wadah yang sudah disiapkan. Berikutnya, untuk membuat keripik bayammu terasa pedas, taburkan cabe halus pedas secara merata pada keripik bayam. Nah, keripik bayam pedasmu yang gurih ini pun siap untuk di santap!

 

 

 

 

Resep Keripik Bayam Merah

 

 

Cara pembuatan keripik dari sayur bayam sangat sederhana dan sangat mudah, namun meski begitu, rasa keripik ini juga tidak kalah dengan keripik pada umumnya dan justru keripik bayam ini banyak digemari karena enak dan bergizi. Mengonsumsi keripik bayam sebagai cemilan adalah pilihan yang tepat, termasuk juga keripik bayam merah ini. Kau bisa menambahkan rasa dengan berbagai macam taburan bumbu agar terasa nikmat dan pas di lidah sesuai seleramu. Untuk membuat keripik bayam merah, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini.

 

Bahan Keripik Bayam Merah:

– 100 g tepung beras
– 3 sdm tepung kanji
– 500 mL santan
– 1/2 sdt garam
– 1/2 sdt merica bubuk
– 1 butir telur
– 10 lembar daun jeruk, iris halus
– 100 g bayam merah besar, petik per lembar

 

Bumbu Halus untuk Keripik Bayam Merah:
– 5 siung bawang putih
– 3 butir kemiri
– 2 sdm ketumbar
– 2 cm kencur

 

Bila bahan-bahan sudah siap, mulailah untuk membuat keripik bayammu. Pertama-tama, campurkan tepung beras dan tepung kanji, lalu aduk bersama santan, garam dan merica. Aduklah semua bahan tersebut hingga merata. Kemudian tambahkan telur dan bumbu halus pada adonan tersebut dan aduklah sampai merata. Bila sudah, masukkan juga irisan daun jeruk dan bayam. Aduklah kembali semua bahan hingga rata dan celupkan bayam dalam adonan tersebut. Adonan bayam merah pun siap untuk digoreng!

 

 

 

Panaskan wajan besar dan tuanglah minyak ke dalamnya. Panaskan terlebih dahulu minyak goreng sebelum mulai memasukkan adonan bayam. Bila minyak sudah cukup panas, masukkan dan goreng bayam yang sudah berbalut adonan hingga berwarna kuning keemasan. Angkat lalu tiriskan. Kamu bisa menambahkan bumbu yang kau inginkan untuk membuat rasa keripik bayam merah makin nikmat dan sesuai selera! Disuguhkan pada tamu dan keluarga pun, tentu keripik bayam merah akan menjadi cemilan favorit banyak orang.

 

 

TIPS:
Untuk mendapatkan keripik yang renyah dan garing, celupkan lembar demi lembar daun bayam ke dalam adonan secara hati-hati sampai setengah matang. Jangan langsung tuang semuanya. Tiriskan sejenak kemudian lalu goreng dengan minyak yang lebih banyak jumlahnya.

 

 

Demikianlah resep-resep yang dibagikan Hello-Pet hari ini. Membuat keripik bayam sangat mudah caranya. Cobalah segera resep cemilan sehat ini sendiri di rumah, ya!

 

Sumber: resepnasional

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori