4 Resep Keripik Aneka Rasa Buatan Sendiri

Inilah 4 resep keripik dengan aneka ragam rasa yang tentu sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Keripik banyak jenisnya dan cocok untuk cemilan!
0
4 Resep Keripik Aneka Rasa Buatan Sendiri
0 (0%) 0 votes
keripik

Keripik merupakan salah satu makanan yang dapat dijadikan sebagai cemilan nikmat di saat  santai atau berkumpul dengan keluarga. Seringkali kalau makan keripik tanpa sadar tidak bisa berhenti makan lho karena rasanya yang gurih dan renyah. Makanan ini biasanya banyak terdapat di pasaran dengan harga beragam karena menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Misalnya saja keripik singkong dan keripik pisang. Tidak ada salahnya juga kalau kamu membuat makanan ini di rumah sendiri bersama keluarga sehingga tidak harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal lho. Nah, kali ini Hello-Pet akan membagikan resep kripik dengan aneka ragam rasa. Yuk, simak dulu resep-resep dalam artikel ini!

 

Cara Membuat Keripik Pisang

 

 

Tahukah kamu cara untuk membuat keripik pisang? Pisang adalah nama buah yang banyak mengandung serat sehingga buah ini sangat baik untuk dikonsumsi. Buah pisang biasanya dimakan langsung kalau buahnya sudah matang dan rasanya tentu sangat manis dan enak. Pisang juga dapat diolah menjadi makanan yang enak dan renyah yaitu keripik pisang manis. Langsung saja, di bawah ini adalah resep membuat keripik pisang manis dan renyah.

 

Bahan keripik pisang:
– 1/2 kg pisang ambon / raja / kepok yang setengah matang
– 1 sendok teh garam halus
– 200 gula pasir
– Air secukupnya
– 2 lembar daun pandan, dicuci bersih
– Minyak untuk menggoreng secukupnya
– 1 sendok teh air kapur sirih

 

Nah, bila sudah siap bahan-bahannya, saatnya untuk membuat keripik pisangmu. Pertama-tama, kupas kulit pisang lalu diiris tipis dan rendam pisang yang sudah diiris dengan air yang sudah dicampur dengan air kapur sirih dan diamkan selama 30 menit lalu tiriskan. Masukkan pisang yang sudah direndam ke dalam wadah lalu tambahkan garam dan aduk rata. Panaskan minyak kemudian goreng pisang sampai matang dan kering, berwarna coklat keemasan lalu angkat dan tiriskan.

 

Rebuslah gula pasir dengan air secukupnya sampai mendidih dan gula menjadi larut, lalu masukkan daun pandan yang sudah dicuci bersih ke dalam rebusan gula. Aduk sampai harum dan mengental lalu masukkan keripik yang sudah digoreng ke dalam rebusan gula pasir. Berikutnya aduk larutan tersebut hingga kering lalu angkat dan dinginkan. Nah, keripik pisang pun siap untuk dihidangkan dan dicemil!

 

 

Resep Membuat Keripik Tempe Sagu

 

 

Keripik tempe sagu adalah salah satu jenis keripik yang cukup menarik untuk dibuat dan dicicipi lho. tentunya karena tempe dan sagu mengandung protein juga karbohidrat tinggi, camilan ini bisa membantumu untuk mendapatkan energi untuk menjalankan kegiatan sehari-harimu! Nah, sebelum mulai membuat keripik tempe sagu, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini, ya.

 

Bahan keripik tempe sagu:
– 100 gr tempe blebar (tempe belum jadi/ kedelai diberi ragi)
– 100 gr tepung sagu
– 1 siung bawang putih
– Garam Secukupnya

 

Cukup mudah kan menyiapkan bahan-bahannya? Saatnya untuk mempelajari cara membuat tempe sagu yang enak dan sederhana! Pertama-tama, campurkanlah tempe dan tepung sagu lalu masukan ke dalam plastik yg telah ditusuk lidi. Padatkan tempe yang sudah bercampur dengan tepung lalu ikat dengan kencang. Diamkan selama sehari semalam agar tempe jadi. Jangan sampai terkena garam ataupun minyak agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

 

Setelah padat, keluarkan tempe lalu irislah tipis-tipis agar mudah untuk dimakan seperti keripik nanti. Celupkan ke larutan bumbu bawang putih yang ditumbuk dan diberi garam. Gorenglah keripik tempe sampai kering. Nah, keripik tempe sagumu pun sudah jadi! Mudah sekali bukan?

 

(Baca Juga: 4 Resep Membuat Cilok yang Kenyal Tapi Enak)

 

 

Cara Membuat Keripik Singkong

 

 

Siapa yang tidak suka dengan keripik singkong? Keripik singkong ini sangat terkenal sebagai camilan yang digemari orang di saat senggang atau bahkan sedang terkena tenggat pekerjaan yang menggunung. Bahkan sampai ada lagunya lho! Tentu saja kalian bisa membuat keripik singkong sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan sederhana. Yuk, pelajari bagaimana caranya! Siapkan dulu bahan-bahan ini, ya.

 

Bahan Keripik Singkong:
– 1 kg singkong yang masih segar
– 1 Sendok makan kapur sirih
– 250 ml air

 

Bumbu yang dihaluskan untuk keripik singkong:
– 3 sendok makan garam halus
– 1 sendok makan gula pasir
– 8 butir bawang merah
– 4 siung bawang putih
– Minyak untuk menggoreng secukupnya

 

Bila bahan-bahan sudah siap, saatnya untuk membuat keripik singkongmu! Pertama-tama, singkong dikupas terlebih dahulu lalu dicuci dengan air sampai benar-benar bersih, kemudian diiris tipis-tipis dengan alat pemotong supaya hasilnya sama dan seukuran. Ukuran yang sama akan membuat kripikmu makin nikmat dan ketika digoreng kematangannya pun sama.

 

Selanjutnya masukkan kapur sirih ke dalam air dan rendam singkong yang sudah diiris tipis ke dalam air kapur sirih dan masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam rendaman singkong lalu aduk rata. Diamkan selama 1 jam, lalu singkong yang sudah direndam diangkat lalu ditiriskan sampai benar-benar kering tanpa dijemur dibawah sinar matahari.
Nah, setelah siap saatnya untuk menggoreng! Panaskan minyak di atas api sedang lalu goreng singkong yang yang sudah kering tunggu sampai matang sambil sedikit diaduk. Setelah matang, angkat tiriskanlah. Mm, keripik singkongmu siap untuk dimakan! Renyah dan gurih!

 

 

Resep Praktis Keripik Kentang

 

 

Keripik kentang dapat dikatakan sebagai salah satu keripik yang paling terkenal dan digemari lho. Keripik kentang ini sangat terkenal sebagai camilan yang digemari orang berbagai umur dan sudah dijual dalam berbagai macam brand. Tentu saja kalian bisa membuat keripik kentang sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan sederhana. Yuk, pelajari bagaimana caranya, ya! Siapkan dulu bahan-bahan ini.

 

Bahan keripik kentang:
– 1 kg kentang. Pilih kentang yang sudah tua dengan bentuk yang besar dengan kulit halus
– Kapur sirih secukupnya
– Air secukupnya

 

Untuk bumbu taburan keripik kentang:
– 1 ½ sdt bawang putih
– 1 ½ sdt paprika yang bubuk
– Gula secukupnya
– 1 ½ sdt garam yang halus

 

Setelah siap, saatnya untuk mempelajari bagaimana cara untuk membuat keripik kentang ini. Langkah pertama adalah dengan cara mencampur semua bahan bumbu lalu aduk hingga rata dan sisihkan terlebih dahulu.

 

Untuk membuat keripik kentang, pertama-tama kupaslah kentang lalu cuci menggunakan air hingga bersih. Potong kentang dengan ukuran yang tipis-tipis menggunakan alat dengan ukuran sekitar 1/8 inci. Campur air kapur sirih dengan air lalu aduk-aduk. Masukkan irisan kentang ke dalamnya dan rendam sejenak lalu tiriskan. Letakkan kentang pada kertas handuk lalu biarkan mengering. Bila sudah siap, panaskan penggorengan menggunakan minyak dan cukup gunakan api yang kecil saja. Masukkan irisan kentang tadi lalu balik kentang sesekali. Tunggu hingga kentang berubah warna menjadi kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan di wadah yang sudah disiapkan. Beri kentang menggunakan taburan bumbu yang sudah tidak berminyak dan jangan lupa untuk membolak- baliknya supaya bumbu bisa tercampur rata dengan kentang. Keripik kentangmu pun siap untuk dimakan!

 

Nah, resep-resep keripik yang dibagikan oleh Hello-Pet kali ini sangat mudah untuk dibuat di rumah kan? Tunggu apa lagi? Yuk, buat keripik untuk camilan di rumah atau untuk sajian tamu!

 

Sumber: bacaterus

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori