Mahasiswa UGM Buat Obat Radang Gigi Dari Cangkang Telur

0
Mahasiswa UGM Buat Obat Radang Gigi Dari Cangkang Telur
0 (0%) 0 votes
0001cangkangtelurutkobtgigi

Berawal dari keprihatinan melihat cangkang telur bebek yang hanya berakhir di tumpukan tempat sampah, lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gajah Mada (UGM) menyulap limbah cangkang telur bebek menjadi obat radang sakit Gigi yang diberi nama ExEllen.

Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi yang berhasil membuat membran cangkang telur menjadi obat radang sakit Gigi yakni Bina Rizka Maulida, Risa Widya Iswara, Novaria, Rika Ayu Putri Virawati, dan Veri Anggara Saputri.

Rika Ayu Putri Virawati menceritakan, awalnya pada 2015, ia dan keempat temannya merasa prihatin dengan limbah cangkang telur dari penjual martabak. Limbah itu hanya dibiarkan menumpuk di tempat sampah.

cang
Source: http://www.tribunnews.com/regional/2015/06/12/mahasiswa-ugm-olah-cangkang-telur-jadi-obat-sakit-gigi
Lalu, dari hasil penelitian ternyata di dalam cangkang telur bebek ini terdapat membran yang mengandung zat aktif seperti kondroitin sulfat, glukosamin dan asam hyluronat. Zat aktif ini memiliki efek antiradang.

“Dari zat yang terkandung dalam cangkang telur bebek itu, kami terinspirasi membuat obat alami untuk mengatasi peradangan pada gigi atau reversible pulpitis. Saat mencari di internet belum ada yang memulainya,” ucapnya.

Untuk membuatnya, membran terlebih dahulu dipisahkan dari cangkang telur bebek. Lalu ekstraknya dibuat dengan menggunakan metode maerasi dengan pelarut etanol 70 persen.

“Prosesnya ekstraknya membutuhkan waktu lebih kurang empat minggu,” ungkapnya.

Menurutnya, dari 3 kg diperoleh 290 gram membran cangkang telur yang menghasilkan 2,9 ml ekstrak. Bahan yang digunakan alami sehingga ketika digunakan, obat ini pun minim efek samping.

Wow! Beginilah seharusnya seorang mahasiswa. Bagaimana menurutmu? Jangan lupa komentari dan bagikan ya!

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori