Inilah Kampung Warna Warni Yang Terinspirasi Dari Kota Rio de Janeiro

Salah satu pengunjung yang diketahui bernama Velinova mengaku senang berjalan-jalan di kampung tersebut. Baginya, kampung itu menjadi unik lantaran penuh warna
0
Inilah Kampung Warna Warni Yang Terinspirasi Dari Kota Rio de Janeiro
0 (0%) 0 votes
kampung warna warni

Sekalipun proses pengecatan belum sepenuhnya rampung, Kampung Warna-warni yang ada di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, sudah mulai menjadi destinasi wisata.

 

Setiap harinya banyak warga mengunjungi kampung yang ada di pinggiran sungai Brantas itu. Bahkan, turis asing juga terlihat mengunjungi kampung tersebut.

 

Salah satu penggagas ide Kampung Warna-warni bernama Dinni Anggraeni seorang mahasiswa semester 6 Public Relations Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mengatakan adanya kampung tersebut karena terinspirasi dari daerah yang ada di Rio De Janeiro, Brazil.

 

Kampung Warna-warni

 

kampung warna warni
Source: kompas.com

 

“Inspirasinya dari sana. Tapi kalau di sana kan rumahnya kotak-kotak. Tapi kalau di sini rumah kampung biasa,” katanya.

Source: regional.kompas.com

 

Selain Dinni, ada tujuh mahasiswa lainnya yang tergabung dalam satu tim yang menggagas kampung tersebut. Mereka menggagas kampung ini karena tugas praktikum kampus.

 

“Ada delapan orang. Awalnya tugas praktikum public relations,” jelasnya.

Source: regional.kompas.com

 

Dari situlah sekelompok mahasiswa tersebut menggandeng perusahaan cat yang ada di Malang untuk turut andil dalam membuat Kampung Warna-warni.

 

Kampung Warna-warni

 

kampung warna warni
Source: rri.co.id

 

Dinni bercerita, sebelumnya kampung di pinggiran sungai Brantas itu merupakan daerah yang kumuh. Bahkan termasuk dalam 11 kampung kumuh di Indonesia. Dengan adanya Kampung Warna-warni, ia berharap kampung tersebut tak lagi menjadi kampung kumuh.

 

Ia juga meminta kepada warga setempat untuk selalu menjaga kebersihan kampung.

 

“Itu kan jadi semacam permasalahan. Bagaimana cara merubah perilaku masyarakat. Otomatis kalau kampungnya sudah bersih dan berwarna, perilaku masyarakat akan berubah,” jelasnya.

Source: regional.kompas.com

 

Mahasiswa lainnya yang menggas kampung tersebut bernama Wahyu Fitri Aningtyas mengaku tak ada tujuan lain membentuk lokasi wisata baru dalam membuat Kampung Warna-warni. Namun, apabila kampung tersebut diminati para wisawatawan, ia akan menganggap hal itu sebagai bonus.

 

“Itu bonus aja. Harapan kita ingin mengubah perilaku masyarakat. Itu aja,” ungkapnya.

Source: regional.kompas.com

 

Kampung Warna-warni

 

kampung warna warni
Source: ngalam.co

 

Salah satu pengunjung yang diketahui bernama Velinova mengaku senang berjalan-jalan di kampung tersebut. Baginya, kampung itu menjadi unik lantaran penuh warna dan berada di pinggir sungai.

 

“Bagus sih, menarik. Tapi harus ada yang bener menjaga. Harus ada yang kelola. Lebih berwarna aja,” katanya.

Source: regional.kompas.com

 

Sudah ada ratusan rumah yang dicat dengan berbagai warna menarik di Kampung Warna-warni tersebut. Ratusan rumah tersebut berada di RT 6, 7 dan 9. Rumah-rumah itu dicat di bagian luar serta atap. Ada pula yang diukir hingga tampak lebih menawan.

 

Wah, hebat sekali ya mahasiswa ini! Bagaimana menurutmu?

 

Source: kompas.com

Hello Comment 1Sort by


user Anonim
2016/07/27 03:38

Bagus sih cuman itu kalinya dibersihin sekalian dong biar ga banjir klo ujan.

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori