Kabut Asap Diminta Menjadi Bencana Luar Biasa

0
Kabut Asap Diminta Menjadi Bencana Luar Biasa
0 (0%) 0 votes
bencana luar biasa

Kabut asap masih terus menyelimuti beberapa wilayah Indonesia khususnya di Sumatera dan Kalimantan. Bencana asap ini memang kerap terjadi tiap tahunnya dan masih belum didapatkan solusi yang tepat agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. Kabut asap yang terjadi tahun ini pun telah merugikan banyak pihak baik secara finansial maupun non finansial terutama dari sisi kesehatan. Kabut asap inipun semakin luas terhembus hingga ke negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, hingga Thailand.

 

Abdul Gafar Usman selaku anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Riau meminta pemerintah untuk mengkategorikan kabut asap ini menjadi bencana luar biasa. Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut diungkapkannya karena merupakan keinginan dari masyarakat Riau. Mereka yang berada di Riau sangat dirugikan dengan adanya kabut asap ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya warga yang terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) hingga anak-anak Riau yang harus diliburkan sehingga proses belajar mengajar menjadi tertunda.

 

Kondisi tersebut tentunya tidak dapat dibiarkan terus menerus. Kesehatan warga Riau menjadi terganggu akibat kabut asap ini dan dapat memengaruhi aktivitas mereka. Para siswa di Riau pun terpaksa mengalami keterlambatan dalam mengikuti pelajaran akibat sekolah yang terus diliburkan karena kabut asap yang menyelimuti daerah tersebut.

 

Oleh karena itu, Abdul Gafar Usman ingin agar kabut asap dikategorikan menjadi bencana luar biasa dan ia pun telah menyurati Gubernur Riau dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membicarakan permasalahan tersebut. Bencana asap ini memang sedang dilakukan proses penyelesaiannya seperti pemadaman titik api hingga penangkapan para pelaku pembakaran hutan.

 

Source: cnnindonesia.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori