Terlalu Lama Jomblo Berpotensi Kena Penyakit Jantung!

Jomblo, kesendirian dan terisolasi berhubungan dengan meningkatnya risiko jantung koroner sampai 29 persen kepada orang dewasa.
0
Terlalu Lama Jomblo Berpotensi Kena Penyakit Jantung!
0 (0%) 0 votes
jomblo

Menurut tim peneliti dari University of York, University of Liverpool & Newcastle University. Terlalu lama sendiri atau jomblo serta terisolasi dari gerakan sosial bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

 

Dalam prosesnya, tim peneliti meneliti 23 penelitian yang memiliki keterkaitan dengan subjek penelitian. Keseluruhan individu yg terlibat dalam penelitian ini yakni lebih dari 181 ribu orang dewasa, dimana terdapat 4.628 kasus jantung koroner dan 3.002 kasus stroke yg ditemukan.

 

Usai menganalisa data-data yg terkumpul, para peneliti akhirnya menemukan bahwa kesendirian dan terisolasi berhubungan dengan meningkatnya risiko jantung koroner sampai 29 persen kepada orang dewasa. Kesendirian dan isolasi ini juga dinilai dengan meningkatnya risiko stroke sampai 32 persen.

 

Jomblo

 

jomblo
Source: tribunnews.com

 

“Temuan kami mengindikasikan bahwa upaya buat mengurangi risiko penyakit jantung koroner & stroke sanggup membawa manfaat dgn memperhitungkan perihal kesendirian & isolasi sosial,” terang peneliti lewat jurnal Heart.

Source: gayahidup.republika.co.id

 

Hasil penelitian ini, bisa dijadikan nilai tambah dalam taktik pencegahan penyakit jantung koroner & stroke. Dalam factor ini, praktisi kesehatan mempunyai peran mutlak dalam menyadarkan para pasien mereka tentang pentingnya interaksi sosial yang merupakan bagian dari gaya hidup sehat.

 

Sakit Jantung

 

jomblo
Source: seranganjantung.org

 

Dengan adanya temuan ini bisa dijadikan pendorong tenaga medis agar lebih memperhatikan apakah pasien mereka merasa kesepian atau tidak. Dengan demikian, para tenaga medis akan mempertimbangkan apakah pasien mereka mempunyai risiko terkena dua penyakit tersebut atau tidak.

 

Walaupun demikian, para peneliti menilai masih membutuhkan penelitian lebih lanjut agar bisa memahami jalinan kurangnya hubungan sosial bersama risiko penyakit jantung koroner & stroke. Pasalnya, karena kemajuan teknologi, interaksi sosial sangat sering dilakukan lewat produk-produk technologi seperti sosial media. Di satu sudut, pola jalinan ini terkesan bisa meningkatkan hubungan sosial namun di segi lain mampu memperburuk kondisi.

 

Sakit Jantung

 

jomblo
Source: alodokter.com

 

Terkait penelitian tersebut, komunitas kesejahteraan dari Local Government Association mengungkapkan bahwa ada lebih dari satu juta orang berumur diatas 65 tahun yg menderita karena kesepian dan sendirian. Izzi Seccombe sang juru bicara menilai bahwa anggota dewan melihat keadaan tersebut sebagai salah satu perhatian penting mereka.

 

“Kesendirian merupaka keadaan serius yg dgn parah akan mempengaruhi kesehatan mental & fisik seorang,” terang Seccombe.

Source: gayahidup.republika.co.id

 

Lewat ini bisa dilihat bahwa interaksi sosial dan merasakan kasih sayang bisa mengurangi risiko penyakit. Bagaimana menurutmu?

 

Source: republika.co.id

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori