Joko Widodo Berikan Tindakan Tegas Terkait Media Sosial

Joko WIdodo yang kini masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia rupanya memiliki cara tersendiri untuk menjaga kestabilan dan keamanan negara...
0
Joko Widodo Berikan Tindakan Tegas Terkait Media Sosial
0 (0%) 0 votes
Jokowi

 

Joko Widodo selaku pemegang kekuasaan tertinggi di Tanah Air nampaknya mulai gerah dengan berita-berita yang tersebar melalu sosial media.  Kebebasan berpendapat di sosial media berimbas pada banyaknya berita palsu dan hoax. Maraknya berita yang tidak bisa bertanggung jawabkan ini dikhawatirkan menjerumuskan masyarakat kearah negatif seperti kebencian dan isu SARA.

 

Teten Masduki selaku Kepala Staf Kepresidenan mengemukakan bahwa Presiden ingin setiap kementrian segera memberikan keterangan resmi ketika ada yang berita hoax atau berita yang tidak benar.  Dengan begitu, Presiden berharap isu tersebut segera diredam dan masyarakat bisa mengetahui informasi yang sebenar-benarnya. Teten menambahkan, masyarakat butuh pegangan apalagi dengan ramainya kasus-kasus yang melibatkan media sosial.

 

Meski demikian pemerintah membutuhkan kerjasama masyarakat untuk tidak serta merta menerima dan membagikannya secara viral. Masyarakat diminta untuk lebih cerdas dalam memilah mana berita yang benar dan berita yang berisi fitnah oleh oknum tak bertanggung jawab

 

Pemerintah telah melakukan beberapa langkah untuk mengontrol penggunaan media sosial.  Melalui revisi UU ITE diharapkan masyarakat lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Selain revisi UU ITE , pemerintah juga sedang mengkaji denda bagi platform media yang mempublikasikan atau menyebarkan berita dan isu yang bersifat menghasut, memprovokasi, dan fitnah/hoax.

 

Pemerintah berharap dimasa depan tidak ada lagi penyalahgunaan sosial media untuk menebar kebencian disuatu sektor.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori