Hadiri Peringatan KAA, Apa yang DIbahas oleh Jokowi?

Peringatan Konferensi Asia Afrika yang digelar di Istana Merdeka rupanya kembali membahas topik yang sempat dibicarakan oleh Ir. Soekarno pada KAA yang digelar
0
Hadiri Peringatan KAA, Apa yang DIbahas oleh Jokowi?
0 (0%) 0 votes
jokowi

Jokowi yang pada hari Selasa, 19 April 2017 menghadiri acara peringatan Konferensi Asia Afrika di Istana Negara rupanya memberikan pesan yang cukup menyentuh. Kali ini, pria yang masih menjabat sebagai Presiden Indonesia tersebut membahas mengenai isu SARA yang belakangan marak diperbincangkan dan terjadi di Indonesia. Dalam pidatonya tersebut, Jokowi juga meminta agar masyarakat Indonesia tidak mudah terhasut ataupun terprovokasi dengan isu SARA yang beredar.

 

Tak hanya itu, Jokowi menyebutkan jika isu SARA memiliki dampak besar bagi bangsa. Siapa yang akan menyangka ternyata isu SARA dapat melemahkan kesatuan dan pertahanan bangsa dan negara Indonesia. terkait hal tersebut, Jokowi juga dengan tegas meminta kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk memerangi dan melawan tindakan yang bersifat intoleransi dan yang melibakan kekerasan.

 

Terkiat isi pidatonya tersebut, rupanya Jokowi menyebut jika pesan persatuan sudah lebih dulu diusung oleh Bung Karno 62 tahun yang lalu. Pada saat itu, Ir. Soekarno juga membahas mengenai intoleransi yang bertepatan dengan acara pembukaan Konferensi Asia Afrika di Bandung. Bahkan, pahlawan nasional yang akrab dipanggil dengan sebutan Bung Karno tersebut menekankan agar masyarakat memegang prinsip “live and let live” dan juga “unity and diversity”.

 

Jokowi juga tak lupa menjelaskan jika pada KAA yang digelar 62 tahun silam, para perwakilan negara mengenakan kostum nasional masing-masing. Kendati berbeda suku bangsa, kesemuanya sepakat untuk membahas satu hal, yakni kesejahteraan untuk Asia dan Afrika. Tidak hanya itu, berbagai tokoh yang berbeda latar belakang dalam KAA juga bertujuan untuk menjaga perdamaian dan keamanan seluruh dunia.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori