Jokowi Akan Hapus Syarat Tenaga Kerja Asing Bisa Bahasa Indonesia!

0
Jokowi Akan Hapus Syarat Tenaga Kerja Asing Bisa Bahasa Indonesia!
0 (0%) 0 votes
JOKOWI HAPUS WAJIB BAHASA INDO

Apa jadinya kalau pekerja asing justru makin banyak yang datang dan bekerja di Indonesia?  Tenaga kerja Indonesia tentu makin tersingkir di negeri sendiri.  Ironisnya, ternyata Jokowi yang justru menyampaikan bahwa jika pekerja asing datang kesini, mereka tidak perlu mengerti bahasa Indonesia!

 

Permintaan Jokowi untuk menghapus syarat bahasa Indonesia wajib diketahui oleh pekerja asing menimbulkan polemik.  Di sisi lain, menurutnya ini akan menggenjot iklim investasi di Indonesia.  Pramono Anung, Sekretaris Kabinet Indonesia membenarkan perihal ini.

 

Tetapi ini sama saja dengan tidak menghormati bahasa ibu sendiri.   TKI yang dikirim bekerja ke luar negeri harus mengerti bahasa negara yang dituju.  Salah satu anggota Komisi IX DPR Irma Suryani, mengatakan, syarat uji kemampuan berbahasa Indonesia yang tertuang di Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 12 Tahun 2013 dimaksudkan agar pekerja asal Indonesia tetap bisa bekerja tanpa terbebani kenyataan bahwa pekerja asing ikut bekerja di sini.  Dia keberatan dengan keputusan Jokowi.  Dia juga menilai langkah pemerintah bukan solusi untuk mengundang masuk investor ke Indonesia.

 

Pemerintah harus bisa membedakan antara investor dengan pekerja asing.  Apalagi dalam waktu dekat Indonesia akan memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).  Dengan syarat itu sudah pasti tenaga kerja asing asal China berhamburan di Indonesia.

 

buruh source: media.suara.com

 

Materi uji kemampuan bahasa Indonesia ini sendiri dibahas bersama oleh Ditjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemnaker dengan Lembaga Pengembangan Bahasa Universitas Indonesia, yang akan ditetapkan berdasarkan level kemampuan dalam TOIFL (Test of Indonesian as Foreign Language).

 

Kalau ternyata ini dihapus, apa jadinya para pekerja asli Indonesia?  Masa kita mau saja “dijajah” lapangan kerjanya oleh orang asing?

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori