Instagram Didapuk Menjadi Media Cyber Bullying Nomor Satu

Perundungan atau yang biasa kita sebut bullying memang sudah tak asing lagi dikehidupan sehari-hari, bahkan teknologi juga berperan dalam budaya intimidasi ini
0
Instagram Didapuk Menjadi Media Cyber Bullying Nomor Satu
0 (0%) 0 votes
Cyber Bullying

Media sosial Instagram didapuk menjadi media sosial paling umum digunakan untuk cyber-bullying. Cyber-bulliying adalah perisakan atau perundungan yang memanfaatkan internet. Hasil tersebut didapatkan dari hasil survey yang dilakukan oleh lembaga donasi anti-bullying, Ditch The Label.

 

Cyber-bullying disini mencakup komentar negatif, postingan yang cenderung mengarah kepenghinaan atau olok-olok, postingan maupun komentar sindiran, ataupun pesan langsung yang dinilai yang bisa menyakiti hati.

 

Dalam suvery, lembaga tersebut bekerja sama dengan 10.000 remaja berusia antara 12 hingga 20 tahun yang semuanya berasal dari Britania Raya atau Inggris. Hasilnya 42 persen surveyor mengaku mendapatkan perilaku cyber-bullying dari Instagram.

 

Sementara 37 persen korban mengaku menadapatkan cyber-bullying dari Facebook, sedangkan 31 persen sisanya memilih Snapchat.

 

Dari pengakuan surveyor ditemukan bermacam-macam pengalaman cyber-bullying. Salah satu narasumber mengatakan pernah diancam akan, fotonya akan diedit dan disebarkan Instagram jika tak mau menuruti perkataan dari sang pengancam. Ada pula yang mengaku dihujani komentar pedas tanpa tahu apa kesalahanya.

 

Ini bukanlah survey pertama yang dilakukan oleh lembaga anti kekerasan tersebut. pada tahun-tahun sebelumnya mereka juga melakukan survey semacam ini . Jika hasil disetiap tahun dibandingkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa popularitas sebuah medial berpengaruh dalam hasil survey.

 

Diambil contoh pada 2013 lalu, saat itu Facebook menjadi media sosial paling populer saat itu. Dan benar saja, cyber-bullying via Facebook pada tahun itu mencapai 87 persen.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori