Inilah Negara Pertama Tempat Virus Zika Terdeteksi!

virus Zika pertama kali ditemukan di Hutan Uganda, tepatnya di dekat jalan menuju Bandara Entebbe serta ibukota Uganda, yatu Kampala.
0
Inilah Negara Pertama Tempat Virus Zika Terdeteksi!
0 (0%) 0 votes
03012016 Virus Zika

Virus Zika akhir-akhir ini memang sangat marak dibicarakan. Apalagi, virus ini memang sangat membahayakan bagi bayi dan janin, serta bisa memperkecil ukuran otak bayi. Bahkan, sebanyak 2,000 bayi di Brazil telah terjangkit virus Zika tersebut. Tentu saja virus ini menjadi kekhawatiran bagi setiap negara di dunia, bahkan sudah ada yang membatasi perjalanan atau travelling agar virus tak terus menyebar.

 

Namun, yang sampai sekarang belum dibahas adalah darimana asal muasal virus tersebut, dan dimana pertama kali ditemukan. Seperti yang dilansir dari CNN, ternyata virus Zika pertama kali ditemukan di Hutan Uganda, tepatnya di dekat jalan menuju Bandara Entebbe serta ibukota Uganda, yatu Kampala.

 

Virus Zika : Bahaya untuk Bayi

 

bayi-virus-zika

 

http://thehindu.com

 

Anehnya, ternyata tempat asal muasal dari virus Zika ini memang telah diketahui sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan, banyak para peneliti yang pergi ke tempat tersebut untuk mempelajari virus Zika serta nyamuk yang membawa virus tersebut. Pemilik hutan, Julius Lutwama, yang sekaligus kepala peneliti dari Penelitian Virus Uganda, mengungkapkan tiap tahun dirinya pasti menemukan satu virus baru.

 

Tempat Lahirnya Virus Zika

 

 

zika-forest

 

http://ndtv.com

 

Ilmuwan yang pertama kali menemukan virus Zika adalah Alexander Haddow, pada tahun 1947. Haddow sendiri merupakan warga Swedia yang memang meneliti seputar nyamuk dan penyakit kuning. Louis Mukwaya, sebuah entomologis disana, mengungkapkan bahwa Haddow bekerja sangat keras disaat dia bekerja dulu.

 

Nyamuk Zika

 

 

nyamuk-zika

 

http://supremepundit.com

 

Virus ini bisa ditemukan ketika bulan April, Haddow dan teman kuliahnya George Dick meneukan seekor monyet yang mengalami demam tinggi. Ketika dites darahnya, ditemukan sebuah virus baru dan dinamai Zika. Dahulu, diduga virus hanya menyerang monyet, namun kenyataannya telah menyebar dan bisa menginfeksi manusia.

 

Saat ini, terdapat sebuah perangkap nyamuk besar berbahan kayu yang digunakan sebagai perangkap para nyamuk.

 

Nah bagaimana? Sudah mengerti lebih lanjut tentang asal muasal dari Virus Zika, kan? Yuk, kita terapkan hidup sehat dan lebih berhati-hati lagi dalam beraktivitas, ya.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori