Inilah Mitos-mitos Salah Yang Beredar Tentang Planet Pluto

0
Inilah Mitos-mitos Salah Yang Beredar Tentang Planet Pluto
0 (0%) 0 votes
pluto-5

Pluto adalah planet terakhir sekaligus terjauh dalam susunan tata surya. Planet ini sangat misterius, karena letaknya yang cukup jauh membuat tim peneliti kesulitan untu menelitinya, Walaupun begitu, planet pluto yang memiliki julukan planet es mempunyai banyak mitos yang salah.

 

Cukup wajar sih, karena selama ini tim ilmuwan hanya mengira ngira dari informasi yang di dapatkan. Tapi sebentar lagi tanggal 14 juli, sebuah pesawat ruang angkasa NASA New Horizon akan berjarak hanya 12,500 km dari pluto dan akan membuka sebuah cerita baru mengenai planet ini.

 

Sembari menunggu tanggal 14 Juli, sekarang kita simak mitos yang salah mengenai planet pluto!

 

Mitos 1 : Pluto Dinamakan Dari Karakter Disney.

 

pluto (1)
Source: http://www.kaskus.co.id

 

Awalnya planet Pluto diambil berdasarkan ama karakter film Disney, seekor anjing milik Mickey yang sangat setia. Tapi sebenarnya semua itu salah.

 

Pluto ini awalnya bernama Rover saat memulai debutnya pada 1930, namun setelah berita penemuan planet Pluto, akhirnya pada 1931 nama Rover berganti menjadi Pluto.

 

Mitos 2 : Pluto Itu Kecil

 

pluto (2)
Source: http://www.kaskus.co.id

 

Karena letaknya yang sangat jauh dan informasi yang beredar mengatakan ini adalah planet terkecil, orang orang kebanyakan mengira kalau planet ini hanyalah seukuran asteroid kecil.

 

Faktanya planet kerdil ini memiliki diameter 1.466 mil (2.360 km) – sekitar dua pertiga lebar bulan Bumi. Masih bilang kalau planet ini kecil?

 

Mitos 3 : Tak Ada Siang Hari Di Pluto

 

 

pluto (3)
Source: http://www.kaskus.co.id

 

Karena letaknya yang sangat jauh, kebanyakan orang mengira kalau planet ini akan gelap gulita. Padahal kenyataannya tidak.

 

“Pencahayaan di Pluto pada siang hari tidak seburuk yang orang pikir, siang hari disana seperti hari berawan yang sangat kelabu di Bumi, atau seperti senja setelah matahari terbenam,”

 

Mitos 4 : Pluto Pernah Menjadi Bulan Neptunus

 

pluto (4)
Source: http://www.kaskus.co.id

 

Ini adalah teori lama yang menjadi populer setelah penemuan Pluto. Itu terbukti benar pada tahun 1965, ketika para peneliti menemukan resonansi orbital – gravitasi sweet spot di mana orbit dua objek terkait dengan rasio dua bilangan bulat – antara Pluto dan Neptunus. Resonansi ini mencegah dua objek tersebut pernah berdekatan sagat erat satu sama lain.

 

Mitos 5 : Pluto Adalah Dunia Es

 

pluto (5)
Source: http://www.kaskus.co.id

 

Planet ini terkenal sangat dingin karena tertutupi oleh nitrogen beku dan metana beku. Tapi kepadatan Pluto secara keseluruhan adalah dua kali lipat dari air es, yang menunjukkan bahwa massa planet kerdil ini terdiri dari dua pertiga batu dan hanya es sepertiga. Oleh karena itu, lebih akurat untuk mengatakan bahwa Pluto adalah sebuah objek berbatu dengan cangkang es.

 

Mitos 6 : Pluto Hampa Udara

 

pluto (6)
Source: http://www.kaskus.co.id

 

Para peneliti menemukan pada tahun 1980 bahwa Pluto memiliki atmosfer, yang terutama terdiri dari nitrogen, seperti atmosfer bumi. Tapi udara di Pluto , yang juga mengandung karbon monoksida dan metana, jauh lebih tipis dari Bumi, dan itu membentang secara signifikan lebih jauh ke angkasa.

 

Mitos 7 : Hanya Pluto Yang mempunyai Orbit Aneh

 

pluto (7)
Source: http://www.kaskus.co.id

 

Orbit Pluto sangat berbeda dari dari delapan planet “resmi” yang cenderung trletak disekitar bidang yang sama dan bergerak di sekitar matahari dalam waktu kurang lebih dalam jalur melingkar.

 

Tetapi beberapa penghuni Kuiper Belt lainnya, seperti planet kerdil Eris dan Haumea, bahkan memiliki orbit yang lebih elips atau miring, seperti yang dilakukan sejumlah planet alien.

 

Sekarang kamu sudah mengeti bukan beberapa mitos mengenai Planet Pluto ini? Bagaimana menurut anda? Berikan komentarmu!

 

Source: http://www.kaskus.co.id

Hello Comment 6Sort by


Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori