Inilah Kode Yang Dapat Mencegah Pemalsuan Uang

0
Inilah Kode Yang Dapat Mencegah Pemalsuan Uang
0 (0%) 0 votes
uang kertas

Berapa sering kamu memperhatikan uang kertas dalam dompetmu? Perhatikan lebih sek-sama: uang kertas punya teka-teki dengan pola tersembunyi untuk menghalangi pemalsuan. Beginilah  cara Markus Khun, seorang pakar komputer menginvestigasi tentang kode anti pemalsuan pada mata uang di Eropa, uang kertas Euro…

Sebuah Xerox terbaru, mesin fotokopi-warna yang baru saja tiba di salah satu laboratorium industri Cambridge. Itu awal 2000an, dan berita alat model baru dengan cepat tersebar luas –termasuk ke ilmuwan komputer Markus Kuhn yang waktu itu masih seorang mahasiswa PhD. Tidak butuh waktu lama untuk memutuskan cara terbaik untuk menguji kemampuannya. “Kami adalah mahasiswa,” kenangnya sambil tertawa. “Kami langsung ke uang kertas.” (Jangan coba ini di rumah, fotokopi uang kertas, di Inggris dan di negara-negara lain, adalah ilegal).

Uang kertas Inggris, GBP [source: bbc.com]

Uang kertas Inggris, GBP [source: bbc.com]

Kuhn menempatkan uang kertas Inggris £20 pada permukaan kaca untuk memindai. Dia menutup tutupnya, menekan tombol copy dan menunggu. Mesin fotokopi mendesir. Tapi tidak ada hasil fotokopi-warna uang kertas muncul di baki. Sebaliknya, muncul pesan tercetak dalam berbagai bahasa – menjelaskan bahwa menggandakan uang kertas adalah ilegal.

Konstelasi berulang

Kejutan! Bagaimana mesin fotokopi tahu apa akan dicetaknya? “Uang kertas Euro baru saja keluar,” kata Kuhn, “dan aku punya uang kertas 10 euro di dompet saya. Pada uang kertas 10 euro, aku melihat ada pola sangat jelas dari lingkaran kecil. Aku menatap untuk beberapa lama dan aku melihat bahwa konstelasi dalam pola ini berulang. ”

Kuhn melihat lagi pada uang kertas £20. Pola itu ada juga, tapi di depan uang kertas itu, tersembunyi dalam motif musik tercetak: lingkaran dicetak sebagai kepala uang kertas musik.

source: britishnotes.co.uk

source: britishnotes.co.uk

Jadi pola berulang dari lima lingkaran ada di uang kertas sterling dan euro, pada kedua bagian depan dan belakang. Mata uang lain di seluruh dunia, ternyata, dicetak dengan pola yang sama. Tapi karena uang kertas yang berbeda bervariasi warna dan orientasi mereka dari pola, bahkan di nilai uang yang berbeda dari mata uang yang sama, bagaimana mesin fotokopi warna mengenali pola tersebut?

Kuhn mulai menyelidiki. Pada awalnya, ia menggambar pola dalam isolasi di selembar kertas kosong, dicetak dan mencoba untuk fotokopi itu. Ketika pola itu hitam-putih, mesin fotokopi menggandakan tanpa kebawelan. Tapi ketika Kuhn mewarnai lingkaran-lingkaran tersebut, pesan anti-pemalsuan pun muncul, bukan hasil kopian. “Tampaknya ada beberapa rangkaian yang membutuhkan lingkaran tersebut untuk berwarna, bukan hitam-putih,” katanya. Kuhn menamakan pola itu “EURion Constellation” seperti konstelasi Orion astronomi, yang memang serupa.

Meskipun Kuhn berpikir warna adalah salah satu bagian penting dari kode, orang lain berpendapat bahwa mesin fotokopi juga mengenali ukuran diantara lima lingkaran. Kuhn sendiri belum mampu memverifikasi teori ini.

Bagaimana persisnya mesin fotokopi dan scanner mengenali pola tersebut tetap menjadi misteri. Satu petunjuk, meskipun, berasal dari sebuah dokumen yang diterbitkan oleh Bank of Maharashtra India, yang menunjukkan bahwa ada sejenis mekanisme untuk mendeteksi lingkaran-lingkaran dalam warna berbeda dengan yang terlihat oleh mata telanjang. “Bagian yang disorot di uang kertas ketika difotokopi akan menunjukkan warna yang berbeda yang berbeda dari uang kertas asli,” dokumen ini menyatakan.

Tidak ada satupun, dari pejabat bank untuk produsen peralatan, mau memberi informasi tentang pola tersebut.

Mendapatkan konfirmasi bagaimana pola bekerja –atau bahkan apakah ia seperti yang para peneliti pikirkan –sulit. Tidak ada satu, dari pejabat bank untuk produsen peralatan, mau membicarakan tentang hal itu. Bank of England tidak pernah terdengar berkomentar secara terbuka tentang keberadaan yang disebut EURion Constellation. Sebaliknya, dalam sebuah wawancara, direktur uang kertas Victoria Cleland menjelaskan bahwa bank memiliki minat dalam membuat pemalsuan sesulit mungkin. “Jika Anda mendapatkan uang kertas £20 palsu hari ini, itu sama sekali tak berharga,” jelasnya. “Anda akan kehilangan sebesar £20 juga . Jadi pada basis individual dengan individual, itu berita buruk –dan orang-orang bisa kehilangan kepercayaan pada kas yang mereka gunakan “.

Siapa yang punya ide menciptakan “EURion Constellation” pertama kali? Meskipun mereka menolak memberikan komentar untuk artikel ini, sebuah perusahaan Jepang bernama Omron dikaitkan dengan pola ini dalam siaran pers yang diterbitkan 2005 oleh Reserve Bank of India. Pada bulan Januari tahun ini, sebuah posting blog tampaknya ditulis oleh seorang pejabat pemerintah India pensiunan bernama NR Jayaraman menyatakan bahwa desain, yang ia sebut pola Omron, telah digunakan pada uang kertas di seluruh dunia sejak tahun 1996. Posting blognya juga menyatakan: “desain dan ukuran tanda Omron harus sesuai film induk yang disediakan oleh SSG-2, film yang disediakan oleh perusahaan itu sendiri dan tidak boleh diubah dengan cara apapun,jika tidak, fitur anti-menggandakan akan gagal untuk bekerja.”

Pola Omron pada uang kertas Euro [souce: bbci.co.uk]

Pola Omron pada uang kertas Euro [souce: bbci.co.uk]

‘Donat’ keamanan

Tampaknya SSG-2 mengacu pada metode yang pola ditransfer ke kertas kertas selama pencetakan. Dalam sebuah email, tetapi, Jayaraman mengatakan bahwa intrik tertentu dari proses yang tidak diketahuinya.

Serangkaian paten publik memberikan bukti lebih lanjut bahwa Omron memang ada di balik EURion Constellation. Yang satu ini, tercatat pada tahun 1995, menyatakan bahwa “tanda terdeteksi yang diatur dalam hubungan spasial tertentu dalam data gambar tercetak, misalnya, uang kertas atau saham.” Sebuah gambar yang melekat paten menunjukkan pola yang sama persis dengan EURion Constellation, meskipun dengan lingkaran tengah menghilang.

Satu orang yang bisa memberi pencerahan soal pola tersebut adalah Steve Casey, direktur pemasaran untuk Innovia Films, yang memproduksi lembaran bahan dimana uang kertas akan dicetakkan. “Cincin ini disebut ‘donat’ di industri ini”, ia menjelaskan. “Ini salah satu fitur keamanan pertama yang pernah dikembangkan untuk uang kertas di era digital.”

Ketika diminta untuk mengkonfirmasi apakah Xerox mesin fotokopi dan scanner telah dirancang untuk mengenali pola EURion, juru bicara Xerox mengatakan dalam sebuah email bahwa: “Xerox, bersama dengan perusahaan pencitraan lainnya, berkonsultasi dengan penegakan hukum global dan grup Pencegahan pemalsuan “Central Bank”, konsorsium 32 bank dan pihak berwenang mencetak uang kertas, untuk menilai ancaman terhadap mata uang dan untuk mempromosikan dan mendukung penggunaan teknologi anti-pemalsuan. . Untuk memberikan perlindungan terhadap perilaku kriminal tertentu, teknologi untuk mendeteksi pemalsuan sudah distandarkan.” Namun, mereka menambahkan: “Xerox tidak mengomentari lingkup penyebaran”.

Fitur level 3 tidak dibahas. Tidak ada yang tahu tentang hal ini kecuali bank sentral
Bahkan jika mungkin untuk mendapatkan sumber EURion Constellation, masih ada sepotong teka-teki: ada kode tersembunyi lainnya pada uang kertas, juga. Casey dari Innovia Film mengatakan bahwa ada juga ‘fitur Level 3’ dalam uang kertas yang bahkan lebih rahasia daripada EURion Constellation. “Level 3 fitur tidak dibahas. Tidak ada yang tahu tentang mereka kecuali bank sentral, “katanya. “Itu adalah sesuatu yang mesin penyortir uang kertas berkecepatan akan dikalibrasin untuk membacanya dan mereka akan dapat secara pasti mengidentifikasi apakah itu uang kertas palsu atau bukan.”

Memang, Bank of England Cleland mengatakan sumber terbesar dari uang palsu adalah mesin penyortir yang digunakan oleh “grosir pemegang uang tunai” –mereka yang mendistribusikan uang ke dan dari pengecer, bank dan ATM, misalnya.

Kode lain dapat mempengaruhi foto editing software seperti Adobe Photoshop

Kode lain mungkin mempengaruhi software editing foto seperti Adobe Photoshop, mencegah pengguna dari mengedit gambar uang kertas. Ini telah diteliti oleh Steven Murdoch, seorang ilmuwan komputer dan mantan mahasiswa Kuhn. Murdoch percaya program editing gambar mendeteksi sesuatu selain EURion Constellation: watermark digital terlihat oleh manusia. Sebuah metode untuk melakukan hal ini dijelaskan dalam paten oleh Digimarc, perusahaan diyakini telah mengembangkan teknik ini. Digimarc juga telah mengajukan paten menarik lainnya di daerah ini, seperti salah satu yang menjelaskan metode untuk diam-diam merekam apakah pengguna komputer telah bekerja dengan gambar uang kertas dalam program editing foto. Agen penegak hukum kemudian bisa mengambil data tersebut setelah merebut komputer tersangka.

Tidak diketahui apakah, jika ada, program perangkat lunak komersial melampirkan teknologi seperti itu. Digimarc juga menolak memberikan komentar untuk artikel ini. Tapi Pierre Laprise, direktur grup Pencegahan pemalsuan “Central Bank , mengatakan bahwa mereka belum mengembangkan metode untuk merekam penggunaan terlarang. “Kami tidak melacak,” katanya, “karena masalah privasi.”

Laprise, bagaimanapun, mengkonfirmasi bahwa CBCDG(Central Bank of counterfeit detention group=Grup Pencegahan pemalsuan “Central Bank) memang mengembangkan teknologi untuk mencegah fotokopi dan editing gambar –tetapi ia tidak akan membahas rincian. Apapun spesifiknya, Laprise mengatakan upaya kelompoknya di daerah telah sangat sukses. “Ini sangat efektif,” komentarnya. “Apakah kita akan pernah bisa menghentikan pemalsuan? Mungkin tidak, tapi kami sedang bekerja untuk mengurangi itu, dan itu sudah cukup baik selama bertahun-tahun. ”

Kita mungkin tidak pernah tahu rincian lengkap dari teknologi ini
Kita mungkin tidak pernah tahu rincian lengkap tentang bagaimana teknologi ditujukan untuk mencegah usaha pemalsuan, atau di mana mereka digunakan. Tapi seperti Kuhn katakan, mungkin hanya baik. Bahwa orang akan mencoba untuk menggunakan mesin fotokopi warna untuk mencetak ulang uang kertas, tentu saja, tak terelakkan. “Aku pikir itu hal yang cukup jelas untuk dilakukan,” katanya, “dan produsen terbukti berpikir begitu.”

Dan seperti yang Steve Casey katakan, cara terbaik untuk membatasi pemalsuan pada satuan yang lebih mudah dilacak dan terdedikasi, daripada banyak amatiran semua yang beraksi sekaligus. “Apa yang bank sentral tidak inginkan adalah ratusan pemalsu di seluruh negeri. Mereka tidak ingin orang-orang dapat mengatur operasi fotokopi kecil mereka dan terus berlanjut. “Itu,” ia menambahkan, “akan sangat sulit untuk dilacak.”

Informasi tentang adanya kode untuk pencegahan penggandaan pada uang kertas pada mesin fotokopi warna dan software editing foto, membuat kita jadi berpikir, kok masih sering kita dengar tentang beredarnya uang palsu?

Apa pendapatmu?

source: Chris Baraniuk/bbc.om

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori