Ini Sebabnya Nyamuk Suka Mengelilingi Tubuh Kita

Ternyata ada beberapa alasan mengapa nyamuk suka terbang berputar-putar sambil mengeluarkan suara bising di sekitar kepala atau di area telinga kita.
0
Ini Sebabnya Nyamuk Suka Mengelilingi Tubuh Kita
0 (0%) 0 votes
nyamuk

Kamu pasti pernah merasakan jengkelnya di serang serangga kecil bernama nyamuk. Sang penghisap darah ini dikenal suka sekali menganggu manusia, terutama pada saat manusia sedang tidur.

 

Seringkali mereka bernyanyi-nyanyi di dekat telinga hingga bikin telinga menjadi gatal. Biasanya jika dikejar dengan tepukan tangan, mereka cukup lincah bermanuver menghindar dari serangan.
Namun, tahukah kamu alasan mengapa nyamuk suka sekali terbang di sekitar kepala atau telinga kita?

 

 

 

Nyamuk suka terbang di sekitar kepala

 

 

 

nyamuk terbang di telingaSource: Izinshare

 

 

Dilansir Memobee, ternyata ada beberapa alasan mengapa nyamuk suka terbang berputar-putar sambil mengeluarkan suara bising di sekitar kepala atau di area telinga kita. Simak ulasannya!

 

Alasan Pertama : Nyamuk menyukai aroma yang keluar dari kelenjar keringat disekitar kepala. Jadi intinya bukan telinga, tapi kepala. Di bagian kepala, ada kelenjar keringat yang jika mengeluarkan keringat, akan tertahan oleh rambut. Nah, aroma dari keringat yang tertahan rambut itu yang disukai oleh nyamuk.

 

Salah satu contoh paling mudah yang bisa di praktekkan adalah sebagai berikut:

 

Coba jangan cuci rambutmu selama beberapa hari, lalu carilah sekumpulan nyamuk, pasti sekumpulan nyamuk tersebut akan berseliweran di sekitar kepalamu. Nyamuk akan mendekat karena aroma khas dari keringat di sekitar kepalamu.

 

Hal ini jarang kita jumpai jika kamu baru saja mencuci rambut alias keramas, wangi shampoo akan membuat nyamuk menjauh. Atau kalo masih perlu bukti, coba tanyakan pada temanmu yang botak atau gundul. Pasti mereka jarang sekali mengeluh nyamuk terbang mendekati telinganya, karena mereka gak punya rambut sehingga aroma keringat dari kulit kepalanya tidak tercium oleh nyamuk.

 

 

 

Nyamuk suka terbang disekitar kepala

 

 

 

dikerubuti nyamukSource: Fakta-baru

 

 

Alasan kedua : Pada bagian tubuh manusia, telinga adalah bagian yang memiliki suhu yang mendekati suhu inti tubuh. Artinya suhu di telinga adalah yang paling konstan, dan lebih tinggi dari bagian tubuh manapun. Alasannya adalah Membran tympani hanya berjarak 3,8 cm dari hipotalamus dan darah pada arteri karotis internadan eksterna, adalah pembuluh darah yang menyuplai hipotalamus dan membran tympani.

 

Nyamuk mendeteksi panas. Dan ketika mendekati daerah sekitar kepala, dia sangat tertarik pada panas di daerah telinga. Itulah mengapa mereka suka ngider-ngider di sekitar telinga.

 

Alasan ketiga : Sebenarnya, nyamuk tidak hanya mendekati bagian telinga. Namun juga bagian-bagian lain seperti lengan dan kaki. Pokoknya bagian tubuh yang terbuka (tidak tertutup pakaian). Namun pada kenyataannya, kita tidak peduli ketika mereka mendekati kaki atau lengan, kita baru terganggu kalo mereka udah berada di sekitar kuping karena suaranya yang sangat mengganggu.

 

Jadi menurut kita, nyamuk memang suka ngider di kuping aja. Padahal dia juga suka ngider di lengan dan kaki. apa karna kaki kita ngak bisa dengerin suara nyamuk ya hehehe,,, so pastilah..

 

Alasan Keempat : Yang ini rada nyeleneh hehehe,,, Jadi seperti hal nya manusia, nyamuk juga membutuhkan ketenangan. Terutama ketenangan ketika sedang menyantap makanan. Bayangkan kalo kita lagi makan, kita pasti tidak ingin terganggu.

 

Nah, yang dilakukan nyamuk pun hampir sama. Mereka berputar-putar di sekitar telinga untuk memastikan bahwa kita memang sudah tidur pulas. Hal ini agar mereka bisa dengan mudah menyantap darah kita. Selain itu, biasanya nyamuk akan menyerbu daerah yang panas. Sangat jarang nyamuk emyerbu di daerah yang dingin.

 

Logikanya, manusia kalo di tempat dingin pasti pake jaket dan celana panjang untuk menutupi tubuh dari udara dingin. Hal ini pastinya bakal merepotkan nyamuk untuk menghisap darah manusia, jadi mereka lebih memilih mencari nafkah (darah) di daerah dengan suhu panas. Dalam kondisi ini orang cenderung memakai pakaia yang pendek seperti hot pants atau kaos singlet.

 

Mari bagikan artikel ini ke semua teman-temanmu, semoga dapat menambah pengetahuan ya.

 

 

Source : Memobee

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori