Ini Resep Masakan Sunda Nasi Tutug Oncom Ala Bondan Winarno

0
Ini Resep Masakan Sunda Nasi Tutug Oncom Ala Bondan Winarno
0 (0%) 0 votes
Nasi Tutug Oncom

Ada banyak sekali makanan tradisional di Sunda. Daerah ini sendiri memiliki cita rasa yang khas pada setiap makanan tradisionalnya. Berbeda dengan masakan tradisional Minangkabau yang terkenal akan kaya rasa dan pedas bercampur kandungan bumbu kari dan santan yang kental, maka masakan tradisional Sunda menampilkan citarasa yang lebih ringan, sederhana, dan jelas.

 

Tetapi, ada pula satu makanan tradisional Sunda yang berkisar antara gurih asin, asam segar, manis ringan, dan pedas. Nah, dengan cita rasa yang satu ini, masyarakat Sunda memiliki salah satu nasi yang sangat khas, yakni nasi tutug oncom. Tak heran jika selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa nasi tutug oncom merupakan salah satu jenis kuliner khas yang sangat unik. Hal itu karena cara pembuatan masakan tradisional dari Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ini.

 

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba memasak nasi tutug oncom ini, salah seorang ahli kuliner terkenal di Tanah Air, yakni Bondan Winarno memberikan resep mudah pembuatannya dalam acara Festival Nasi Indonesia di Senayan City, Jakarta, belum lama ini. Menurutnya, pembuatan nasi tutug oncom sama sekali tidak membutuhkan keahlian khusus. Selain itu, masakan ini juga dijamin sangat sehat, karena dia menambahkan sayuran dalam pembuatan nasi tutug oncomnya.

 

Berikut ini resep mudah dan sehat nasi tutug oncom ala ahli kuliner Bondan Winarno:
1. Siapkan nasi putih yang sudah dimasak sebanyak satu piring.
2. Campurkan oncom yang dibuat dari kacang-kacangan, ragi, dan bawang putih ke dalam nasi.
3. Campurkan sayur-sayuran, seperti buncis atau wortel yang sudah diparut ke dalam nasi.
4. Lalu, aduk semua menjadi satu.
5. Nah, nasi tutug oncom sudah siap untuk dinikmati. Selamat mencoba!

 

Sumber: Republika

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori