Ini Penjelasan Koordinator Manusia Silver di Bandung

Tak ingin dituduh sebagai penipu, koordinator Komunitas Silver Peduli M Sulaeman pun angkat bicara. Pria yang akrab disapa Sule itu menuturkan bahwa
0
Ini Penjelasan Koordinator Manusia Silver di Bandung
0 (0%) 0 votes
23012016 silverman

Belakangan ini warga kota Bandung sering melihat manusia berwarna perak atau silverman yang mencari sumbangan di perempatan jalan. Seluruh tubuh mereka, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, dicat dengan warna silver. Cuma mata dan jeroan saja yang  luput dari semprotan cat.

 

Ketika beraksi, umumnya mereka hanya menggunakan celana pendek saja, sehingga tubuh krempeng mereka tampak terlihat dengan jelas.

 

Dalam melakukan aksinya, manusia silver ini wara-wiri bergrilya di jalanan sambil membawa sebuah kotak sumbangan dari kardus bekas yang bertuliskan “Peduli Yatim Piatu”. Tak jarang aksi “penodongan” sumbangan yang dilakukan silverman ini pun membuat resah warga Kota Bandung.

 

 

 

Peduli yatim piatu

 

 

 

manusia silverSource: Flickr

 

 

Banyak warga Bandung yang meragukan aksi para manusia silver yang mengatasnamakan sumbangan untuk yatim piatu. Bahkan warga Bandung menduga bahwa aksi mereka hanya tipu-tipu.

 

Menanggapi keluhan warga Bandung, Sekretaris Dinas Sosial Kota Bandung Medi Mahendra mengatakan manusia silver menjadi salah satu target penjangkauan dinas sosial selain gepeng dan anjal. Menurut Medi keberadaan mereka dianggap meresahkan masyarakat.

 

 

“Kami banyak mendapat keluhan dari masyarakat yang merasa terganggu dengan keberadaan manusia silver,” ujar Medi.

 

 

 

Menurut Medi, manusia silver kerap meminta-minta kepada setiap pengendara dengan dalih untuk disumbangKan kepada panti. Namun pada kenyataanya aktivitas mereka tidak dapat dipertanggung jawabkan.

 

 

“Jadi mereka mencari donasi untuk memberikan kontribusi buat panti. Tapi faktanya tidak ada korelasinya. Itu hanya jadi pendapatan buat mereka saja,” katanya.

 

 

Terlebih lagi lanjut Medi, siapapun yang mengumpulkan uang atau barang dari masyarakat harus memiliki izin dari pemerintah yang dikoordinasikan melalui Dinsos. Namun aktivitas manusia silver tidak mengantongi izin dari dinsos.

 

 

 

Bergrilya disudut-sudut kota

 

 

 

manusia silver - 1Source: Kaisaindonesia

 

 

 

“Harusnya kan ada. Kalau pemungutan uang dan barang itu harus izin ke pemkot melalui dinas sosial. Faktanya mereka tidak berizin,” ucapnya.

 

 

Medi meminta masyarakat untuk tidak memberikan donasi apapun kepada manusia silver.

 

 

“Saya minta bantuan dari masyarakat untuk tidak memberikan donasi kepada mereka. Karena masyarakat saat ini masih sangat permisif untuk ngasih donasi di jalan. Kalau masyarakat tidak ngasih donasi, Insya Allah masalah PMKS akan selesai,” pungkasnya.

 

 

Tak ingin dituduh sebagai penipu, koordinator Komunitas Silver Peduli M Sulaeman pun angkat bicara. Pria yang akrab disapa Sule itu menuturkan bahwa aksi yang dilakukan kelompoknya tak hanya sekedar meminta-minta. Namun ada aksi sosialnya juga, sebagian penghasilannya disumbangkan bagi yang tidak mampu.

 

 

 

Hhmmmm… sebagian penghasilan disumbangkan?

 

 

 

manusia silver - 1Source: Sosiolog

 

 

 

“Kami mengemis, tetapi peduli pada sesama. Makanya setiap penghasilan sehari-hari kita selalu disisihkan sebagian disimpan di uang kas. Pemakaiannya, kepedulian kita pada sesama,” tandasnya.

 

 

 

Sule menuturkan, sedikitnya ada 40 orang anak-anak putus sekolah yang bergabung dengan komunitasnya. Mereka dibina untuk mendapatkan uang dengan halal sambil mendermakan sedikit penghasilannya bagi sesama.

 

 

“Kami ada karena memang butuh hidup. Jujur kami memang ngemis, cari uang dengan meminta-minta. Lalu kita berkumpul. Semua kita bekali teknik dasar pantomim,” ujar koordinator Komunitas Silver Peduli M Sulaeman yang akrab disapa Sule.

Source: www.facebook.com

 

 

Jika memang benar sebagian penghasilan mereka disisihkan untuk tujuan mulia, saya ucapkan salut dan rasa hormat saya kepada komunitas silver perduli ini. Tapi apa iya mereka rela berpanas-panas dengan tubuh dilumuri cat hanya untuk membantu yatim piatu?

 

Bagaimana menurutmu? Komen aja di bawah deh, jangan lupa share ya!

 

 

Source : Perlutau

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori