Ini Dia Keunikan Trophy Kayu Piala Presiden 2015!

0
Ini Dia Keunikan Trophy Kayu Piala Presiden 2015!
0 (0%) 0 votes
piala presiden

Kompetisi sepakbola terbesar tahun ini telah usai. Persib Bandung pun telah berhasil membawa pulang trofi Piala Presiden 2015. Dengan hasil telak 2-0 Persib Bandung berhasil mempermalukan Sriwijaya FC di ajang kometisi paling bergengsi tahun ini.

 

Namun, taukah kamu ada yang berbeda dalam kompetisi kali ini. Jika umumnya sebuah piala terbuat dari logam seperti emas, perak, atau perunggu, akan tetapi kali ini trofi piala terbuat dari kayu jati Bojonegoro.

 

Adalah Ida Bagus Ketut Lasem, seorang seniman asal Bali yang terpilih sebagai pengukir piala unik tersebut, perajin asal Desa Kemenuh, Kabupaten Gianyar, Bali, ini dipercaya membuat tropi untuk juara sepak bola Piala Presiden.

 

 

trofi kayu image source

 

 

Selama sebulan penuh ia mengerjakan trofi tersebut, namun untuk pahatan pertama dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

 

Bahan kayu yang digunakan pun tak sembarangan, hanya kayu yang berusia 80 tahunlah yang digunakan. Ketut Lasem menjelaskan, digunakannya kayu sebagai trofi tak lain untuk menghargai budaya Indonesia.

 

“Seperti kita tahu, latar belakang Presiden Jokowi adalah pengusaha kayu. Barangkali, Jokowi menjadi satu-satunya presiden di Indonesia yang paling mengerti soal kayu”. tuturnya

 

“Pikiran itu diwujudkan menjadi nilai-nilai kebersamaan, semangat, perjuangan, kegotong-royongan, bahkan kemenangan bersama yang ada dalam sepakbola,” tambahnya.

 

 

trofi kayu jati image source

 

 

Ketut Lasem sendiri sempat kesulitan membuat piala dari kayu Jati. Ketut menuturkan bagaimana sulitnya membuat piala dari kayu tersebut. Sebab kayu mempunyai pola dan komposisi yang unik.

 

Selama proses pengerjaan, kendala utama yang dia dihadapi adalah membuat proporsional bentuk piala setinggi 60 sentimeter dengan berat 15 kilogram dan lebar 25 centimeter.

 

 

Waaah,.. Presiden kita yang satu ini memang luar biasa dalam pemaknaan simbol-simbol, wajar jika selama ini beliau selalu menyuarakan kata Revolusi Mental. out of the box!

 

Bagaimana menurutmu? Jangan lupa bagikan dan ajak temanmu utnuk berkomentar!

 

 

Source : detik

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori