Ini Asal Muasal Istilah Mayday Penanda Keadaan Darurat!

0
Ini Asal Muasal Istilah Mayday Penanda Keadaan Darurat!
0 (0%) 0 votes
mayday

Seringkali kita mendengar kata “mayday” saat berada dalam keadaan darurat. Misalnya saat pilot mengalami keadaan darurat di udara, atau ketika seseorang berteriak di tengah-tengah kerusuhan yang menimbulkan kepanikan. Nah, penasaran kan darimana asal muasal kata “mayday” tersebut muncul? Ini dia nih cerita selengkapnya!

Awalnya petugas radio senior bernama Frederick Stanley Mockford yang bekerja di Bandara Croydon (London) tahun 1932, mendapat perintah untuk mencari kata yang tepat dan mudah digunakan pilot saat keadaan darurat, namun juga dapat dimengerti oleh petugas di darat. Berhubung radio sudah sering digunakan untuk berkomunikasi pada masa itu, maka harus memiliki suatu kata yang mampu menggambarkan keadaan darurat sebagai pengganti sandi morse SOS. Tantangannya haruslah kata yang jelas, bukan seperti kata help yang sudah sering digunakan dalam sehari-hari.

mayday, source: kdmuir

mayday, source: kdmuir

Kemudian tiba-tiba muncullah ide kata m’aider yang berasal dari bahasa Perancis saat Frederick sedang mengatur lalu lintas penerbangan antara Croydon dengan bandara Le Bourget di Paris. Namun dikarenakan kata darurat itu harus dalam bahasa inggris, maka ia mengambil bahasa tengah diantara dua bahasa yang digunakan, yaitu “mayday”. Kata m’aider sendiri dalam bahasa Perancis berarti ‘tolong aku’.

Setelah 4 tahun kata tersebut digunakan, barulah pada 1927 International Radiotelegraph Convention of Washington meresmikan “mayday” sebagai kata yang digunakan dalam keadaan darurat. Pengucapan “mayday” pun diberi aturan, yaitu harus diucapkan 3 kali berturut-turut agar bisa dipahami dengan jelas pada saat diucapkan dalam keadaan berisik. Namun untuk menghindari adanya penyalahgunaan kata “mayday”, Amerika Serikat memberlakukan tuntutan enam tahun penjara serta denda sebesar sekitar 250.000 dollar AS.

Mayday harus diucapkan 3x berturut. Source: wikihow

Mayday harus diucapkan 3x berturut. Source: wikihow

Selain “mayday”, ada juga kata darurat lain yaitu “pan-pan” yang biasa digunakan dalam keadaan yang lebih aman. “Pan-pan” yang juga berasal dari bahasa Perancis yang berarti rusak atau gagal ini dapat digunakan saat pesawat mengalami kerusakan namun tidak harus segera dilakukan perbaikan. Sama seperti “mayday”, pengucapan “pan-pan” juga harus tiga kali. Bedanya, harus diikuti dengan informasi tujuan pengiriman pesan, lokasi terakhir, serta keadaan yang sedang dialami pemberi pesan.

Nah, jadi sekarang sudah tahu kan darimana kata “mayday” itu berasal. Berikan komentarmu, ya!

source: http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/10/mengapa-kata-mayday-digunakan-pada-saat-darurat

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori