Menurut Presiden Jokowi, Orang Indonesia Punya Banyak Duit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan informasi bahwa uang warga negara Indonesia yang disimpan di luar negeri berjumlah fantastis.
0
Menurut Presiden Jokowi, Orang Indonesia Punya Banyak Duit
0 (0%) 0 votes
jokowi

Saat memberikan sosialisasi UU Tax Amnesty di depan 10.000 pelaku usaha di JI-EXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan informasi bahwa uang warga negara Indonesia yang disimpan di luar negeri berjumlah fantastis. Karena itulah ia meminta warga negara Indonesia (WNI) untuk memanfaatkan Undang-Undang Pengampunan Pajak.

 

“Negara kita, Indonesia, itu duitnya banyak. Ada yang disembunyikan di bawah bantal, di bawah kasur, ada yang disimpan di luar negeri,” ujar Jokowi.

Source: undefined

 

Menurut Jokowi, ada dua versi informasi yang didapatkan yakni yang pertama, uang warga Indonesia yang berada di luar negeri mencapai Rp 11.000 triliun lalu versi kedua, jumlahnya lebih dari itu.

 

Karena itulah pemerintah menerbitkan Undang-Undang Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty. Ada fasilitas bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengembalikan dana tersebut ke dalam negeri.

 

“Undang-undang itu untuk memberikan kepastian hukum, payung hukum, agar yang memiliki uang tadi yakin kalau mendeklarasikan aset, repatriasi, uangnya masuk, tidak ada sanksi,” ujar Jokowi.

Source: nasional.kompas.com

 

Joko Widodo

 

jokowi
Source: kompas.com

 

Dengan Tax Amnesty, uang tersebut akan diinvestasikan ke dalam sejumlah sektor. Jokowi juga yakin peluang keuntungan investasi di Indonesia akan jauh lebih besar ketimbang di luar negeri apabila wajib pajak merepatriasi harta mereka.

 

“Dibawa ke sini enggak akan berkurang serupiah pun kalau diinvestasikan. Bahkan peluang yang ada di Indonesia lebih baik dari sisi return jika dibandingkan luar negeri. Saya yakin itu,” ujar Jokowi.

Source: nasional.kompas.com

 

Banyak sektor yang bisa dimasuki oleh dana hasil repatriasi. Mulai dari Surat Berharga Negara (SBN), Surat Utang Negara (SUN), Obligasi BUMN hingga investasi langsung, seperti pelabuhan, jalur kereta, bandar udara, perumahan rakyat, pengembangan industri kelautan dan sebagainya.

 

Tak hanya itu, ada pula proyek pengembangan tempat wisata di 10 lokasi di Indonesia seperti Wakatobi, Candi Borobudur, Wisata Danau Toba, Pulau Komodo dan Tanjung Lesung.

 

“Jadi, keinginan kita, marilah kita bawa uang itu untuk bisa bermanfaat bagi rakyat, bangsa dan negara kita. Karena kita semua hidup di Indonesia, makan di Indonesia, tinggal di Indonesia mencari rezeki di Indonesia,” ujar dia.

Source: nasional.kompas.com

 

Wah, seharusnya Indonesia bisa tidak memiliki utang ya. Bagaimana menurutmu?

 

Source: kompas.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori