Cowok Ini Memecahkan Misteri Ilusi Optik Yang Lagi Ngehits Banget

Video Ilusi Optik Ambiguos Cylinders ini benar-benar membengkokkan logika, kotak kok jadi silinder dalam cermin? Kokichi Sugihara tau jawabannya
0
Cowok Ini Memecahkan Misteri Ilusi Optik Yang Lagi Ngehits Banget
0 (0%) 0 votes
kokichi sugihara optical ilusion

Sebuah video ilusi-optik menghebohkan internet. Ilusi optik yang diciptakan menggunakan ‘ambiguous cylinders’ (=silinder dwimakna) oleh Kokichi Sugihara menjadi juara 2 dalam kontes tahunan “Illusion of The Year”. Ilusi ini simple sekali, di mana satu set kotak plastik segiempat yang diletakkan di depan cermin, terlihat menjadi satu set silinder (bulat) pada cermin. Loh, kok bisa?

 

Video ini diposting di Reddit dan menjadi viral dengan cepat. Saksikan videonya berikut ini:

 

 

 

Bisa kita lihat bahwa kotak plastik segiempat terlihat sebagai kotak plastik silinder (bulat) dalam cermin. Tetapi bagaimana mungkin benda dan pantulan citra benda dalam cermin terlihat berbeda? Apakah video ini diedit atau trik kamera, atau cerminnya tak normal. Ternyata cerminnya normal, ini bisa kamu lihat dari tangan yang memegang kotak plastik di dalam cermin, tampak normal.

 

 

Ilusi Optik ‘ambiguous cylinders’ karya Kokichi Sugihara

 

 

 

Illusion of The Year  menjelaskannya seperti ini:

 


‘Pandangan langsung dari objek dan gambar cermin mereka menghasilkan penafsiran yang sangat berbeda dari bentuk 3D.
“Mereka terlihat seperti silinder vertikal, tetapi bagian mereka tampil berbeda, dalam satu tampilan mereka tampak seperti persegi panjang, sementara dalam pandangan lain mereka tampak seperti lingkaran.
“Kita tidak bisa memperbaiki penafsiran kita meskipun kita secara logis tahu bahwa mereka(benda dan pantulan dalam cermin) datang dari objek yang sama.
“Bahkan jika objek diputar di depan viewer, sulit untuk memahami bentuk asli dari objek, dan dengan demikian ilusinya tidak hilang.” 

 

Btw,  cek juga ilusi optik keren lainnya:

Seni Body Painting Yang Satu Ini Benar-benar Menakjubkan!

 

 

 

Kokichi Sugihara pencipta ilusi optik ‘ambiguous cylinders’

 

 

Saksikan video lainnya berikut ini:

 

 

Jika kita perhatikan dengan seksama, maka rahasia dari ilusi optik ‘ambiguous cylinders’ ini terletak pada pinggiran kotak plastik yang bergelombang. Saat kita memandang langsung kotak plastik, otak kita mampu membedakan bentuk 3 dimensi dengan sangat baik, bahwa itu hanya kotak plastik dengan pinggiran bergelombang. Tetapi dalam pantulan cermin, entah bagaimana justru pinggiran bergelombang yang lebih mendominasi. Hasilnya, kotak segiempat pun terlihat seakan bulat/silinder.  Kokichi Sugihara memang jenius, terpikirkan untuk membuat efek ilusi optik yang demikian nyata dan menghebohkan.

 

sumber: Daily Mail

 

 

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori