Ilmuwan Mobil Listrik Indonesia Direkrut Malaysia

Sampai sekarang masih dikembangkan, dua anggota kami pergi ke Malaysia untuk mengembangkan mobil listrik nasional negeri itu. Mereka dibayar," ucap Sukotjo
0
Ilmuwan Mobil Listrik Indonesia Direkrut Malaysia
0 (0%) 0 votes
25022016 Mobil Listrik

Untuk kesekian kalinya bangsa ini tidak ramah terhadap putra bangsa yang mempunyai otak jenius. Betapa tidak, sudah hal yang lazim jika orang-orang berotak encer selalu terbuang di negeri ini. Kabar mengejutkan datang dari dunia otomotif Tanah Air. Malaysia dikabarkan telah “membajak” dua Insinyur Indonesia untuk mengembangkan mobil listrik di negeri Jiran tersebut.

 

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Kendaraan Listik Bermerek Nasional (Apklibernas) Sukotjo Herupramono, memilih bungkam dan enggan menyebutkan siapa nama kedua insinyur itu. Sukotjo mengaku jika dua insinyur itu adalah anggota Apkilbernas yang dibayar Malaysia guna mengembangkan mobil listrik nasional disana.

 

 

 

Mobil Listrik di comot Malaysia

 

 

 

mobil listrikSource: Pustakadigitalindonesia

 

 

“Sampai sekarang masih dikembangkan, dua anggota kami pergi ke Malaysia untuk mengembangkan mobil listrik nasional negeri itu. Mereka dibayar,” ucap Sukotjo Herupramono, Ketua Umum Asosiasi Pengembang Kendaraan Listik Bermerek Nasional (Apklibernas) di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2016).

 

Satu hal yang ingin ditekankan Sukotjo adalah, kemampuan Indonesia dalam mengembangkan teknologi sebenarnya besar dan potensial. Namun, karena kurang diperhatikan sehingga kesempatan melayang.

 

“Maksud kami, teknologi mobil listrik ini kan masih baru. Untuk itu Indonesia punya kesempatan yang sama dengan negara lain,” kata Sukotjo lagi.

 

Saat ditanya soal “pengalaman buruk” proyek mobil listrik nasional besutan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang bermasalah dan menjebloskan beberapa pengusaha ke bui, Sukotjo mengaku angkat topi.

 

 

 

Ricky Elson

 

 

 

SELO-mobil-listrik-4Source: Brotherhoodcourse

 

 

“Intinya kami menghargai semua upaya yang sudah dilakukan teman-teman sebelumnya. Tetapi, potensi ini memang benar ada dan wajib dimaksimalkan,” ucap Sukotjo.

 

Teka-teki tentang siapa Insinyur Indonesia yang ‘dibajak” Malaysia terus berkembang hingga merujuk kepada nama Ricky Elson. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya September 2015 lalu Ricky Elson, pencipta mobil listrik nasional Selo, menyatakan adanya tawaran yang datang padanya untuk mengembangkan prototipe untuk Malaysia.

 

“Kalau ada yang bisa lebih bagus untuk kami berkarya kenapa tidak. Kesempatan terbuka di sana,” ujar Ricky saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (3/9/2015).

 

Ricky lebih lanjut mengatakan, status yang ia buat tidak berarti sindiran kepada siapa pun dan bukan wujud rasa kecewa.

 

“Itu serius, bukan pekerjaan saya sindir-sindiran. Saya serius. Saya gak kecewa karena dari awal saya sudah tahu bagaimana proses pengembangan di Indonesia. Saya dari awal tahu bahwa masih jauhlah dari harapan, maksudnya itu ya negeri kita ini perlu banyak belajar. Itu saja,” kata Ricky.

 

 

Fenomena dimana orang-orang pintar selalu tersingkir di negeri ini membuat saya sempat berpikir negatif apakah ada konspirasi terstruktur dan sistematis yang bertujuan menyingkirkan orang-orang pintar di Indonesia. Entahlah…

 

Benarkah Indonesia adalah Negeri yang tidak ramah untuk orang pintar? Bagaimana menurutmu?

 

Sialakan bagikan dan jangan lupa berikan komentarmu.

 

 

Source : Kompas

Hello Comment 4Sort by


user Anonim
2016/03/24 22:36

semestinya pemerintah dapat memberi ruang dan waktu bagi putra bangsa untuk  berkarya demi  kemajuan negerinya  buakan hanya  sebagai penikmat  produk  bangsa lain

wahai indonesiaku

user Anonim
2016/03/01 13:53

bener karna negara tidak menghargai karya anak bangsa nya sendiri

user Anonim
2016/02/29 18:46

Sudah banyak kok orang2 jenius sukses di luar negeri... Karena pemerintah negara sendiri sibuk ngurusin jabatan dll... Jadi cuek aja sama WNI yg berpotensi....

user Anonim
2016/02/26 17:14

oaaaaalaaaah kelakuane indonesia, hahaha

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori