Ide Kontroversial Soeharto Ditetapkan Sebagai Pahlawan

0
Ide Kontroversial Soeharto Ditetapkan Sebagai Pahlawan
0 (0%) 0 votes
12112015 Pahlawan Pak Harto

Bertepatan dengan hari pahlawan pada 10 November lalu, sudah beberapa hari ini media gencar memberitakan usulan mengenai mantan presiden soeharto menjadi pahlawan nasional. Sosok Soeharto selalu meninggalkan pro dan kontra walaupun dia sudah tidak ada. Tetapi rakyat Indonesia masih selalu saja untuk membicarakan dia, tak terkecuali usulan pemerintah agar dia menjadi pahlawan nasional Indonesia,

 

Tentunya hal ini menimbulkan dua kubu yang berbeda, yakni kubu yang setuju dan kubu yang menolak pemberian gelar pahlawan kepada Soeharto.

 

Bagi kubu yang setuju, mereka menganggap Soeharto adalah sosok yang berjasa dalam hal pembangunan. Mereka masih merekam jejak Soeharto mewariskan sederet prestasi yang sepertinya belum bisa dilampaui oleh para penerusnya. Soeharto menciptakan sebuah masa yang penuh keteraturan dan juga kemakmuran, yang juga dinikmati oleh orang-orang yang hari ini paling lantang mencelanya.

 

Sedangkan bagi pihak yang menolak, mereka menganggap Soeharto adalah sosok pemimpin yang penuh dengan kejelekan, misalnya saja Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) atau kejelekan-kejelekan lainnya.

 

soehartoKontroversi Soeharto via Republika

 

Pihak yang tidak setuju juga menyebut pemberian gelar Pahlawan Nasional untuk Soeharto tidaklah pantas menjadi lantaran ia dinilai bertanggung jawab pada sejumlah kejahatan HAM dan kejahatan ekonomi atau korupsi selama berkuasa. Jika tidak, bagaimana mungkin ia diterjang gelombang demonstrasi dan akhirnya harus mengundurkan diri.

 

Soeharto dianggap sebagai pihak yang paling bertanggung jawab di balik peristiwa pembantaian massal yang terjadi terhadap simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan orang-orang yang dituduh memiliki hubungan dengan partai itu antara tahun 1965 hingga 1966.

 

Tidak ada angka resmi mengenai berapa jumlah korban tewas dalam pembantaian massal tersebut. Namun, angka yang biasa disebutkan ada di kisaran 500 ribu sampai 1,5 juta jiwa.

 

Baca Juga : Masih Relevankah Slogan ‘Masih Enak Jamanku, Tho?’ Saat Ini?

 

Tak hanya itu, pihak yang menolak bahkan membantah jika Soeharto dijuluki sebagai Bapak Pembangunan. Mereka menilai bahwa Soeharto dianggap tidak mempunyai konsep yang baik dalam hal pembangunan Indonesia. Hal ini terbukti dengan tidak meratanya pembangunan yang terjadi selama Soeharto memimpin.

 

Pembangunan hanya berpusat di Jakarta saja, jangan kan wilayah lain diluar pulau jawa, kota-kota di sekitaran jakarta saja luput dari perhatiannya, Alhasil kini Jakarta menjadi sangat padat bahkan tak nyaman lagi untuk di huni.

 

Seperti kita ketahui, Soeharto adalah sosok yang paling kejam di negeri ini, banyak kasus disaat dia masih menjabat sebagai presiden, entah itu pelanggaran HAK ASASI MANUSIA,KORUPSI,KOLUSI,NEPOTISME luput dari sanki hukum.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu setuju atau kamu justru menolak pemberian gelar pahlawan kepada koruptor nomor wahid ini?

 

 

Source : Republika

Hello Comment 2Sort by


user Anonim
2016/01/22 16:47

Soeharto Hebatt , itulah kata yg pantas utk beliau..Suharto mempin negeri ini dimulai dari 1001 masalah, menjadikan Indonesia bukan komunis pancasilais, NKRI tegar NKRI Hebat dan NKRI wibawa ,sebab ada Suharto...Pemimpin berikutnya tinggal melanjutkan dan membangun Indonesia jadi Super Power, jangan hujat Suharto!Sukarno bilang! Pemimpin yg berhasil adalah yg dapat memilih penggantinya,Suharto berhasil menadikan Indonesia tidak dipandang rendah oleh negara2 di Dunia.

user Anonim
2016/01/19 12:52

orang sih lebih banyak mencari kejelekan dri pada kebaikan orang,, itulah sifat masarakat indonesia..
emang nya orang yang menjelekkan almarhum suharto bisa lebih baik gaq loq diberikan kesempatan memimpin, saya rasa TIDAK..

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori