Ibadah Ke-100 GKI Yasmin di Depan Istana Negara Menuntut Keadilan

0
Ibadah Ke-100 GKI Yasmin di Depan Istana Negara Menuntut Keadilan
0 (0%) 0 votes
gki yasmin ibadah

GKI Yasmin kembali menggelar ibadahnya yang ke-100 di depan Istana Negara pada hari Minggu (27/9) kemarin. Ibadah tersebut dilakukan oleh jemaat GKI Yasmin sebagai bentuk tuntutan mereka atas keadilan. Mereka meminta pemerintah untuk membuka penyegelan atas gereja mereka.

 

Bona Sigalingging sebagai juru bicara GKI Yasmin mengungkapkan bahwa dirinya dan jemaat lainnya mengharapkan tindakan Presiden Joko Widodo dalam mengatasi persoalan gereja mereka. Mereka meminta Presiden Jokowi agar memerintahkan Wali Kota Bogor Bima Arya untuk membuka segel gereja mereka sehingga mereka dapat kembali beribadah seperti biasa.

 

Bona Sigalingging mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah berjanji untuk mempelajari permasalahan GKI Yasmin sebelum akhirnya memutuskan pembukaan segel gereja tersebut. Bona Sigalingging meminta Jokowi tidak perlu takut seperti presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Jokowi harus berani mengatakan bahwa Wali Kota Bogor melakukan kesalahan karena tidak mengikuti keputusan pengadilan.

 

 

GKI Yasmin sendiri pertama kali disegel pada 10 April 2010. Gereja ini telah memperoleh Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tetapi dibatalkan oleh mantan Wali Kota Bogor Diani Budiarto. Kasus ini kemudian dilaporkan oleh pihak GKI Yasmin hingga ke tingkat Mahkamah Agung (MA). Pihak MA memenangkan GKI Yasmin tetapi pemerintah Kota Bogor masih saja menolak membuka segel gereja tersebut.

 

Pihak GKI Yasmin pun terus menuntut keadilan. Mereka telah menghadap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Meski mendapatkan respon yang baik tetapi Menteri Agama masih belum mampu meminta Wali Kota Bogor untuk membuka segel. Dukungan terhadap GKI Yasmin pun datang dari banyak kalangan termasuk umat Muslim. Jaringan Islam Anti Diskriminasi, Lily Wahid yang merupakan adik Gus Dur, hingga Ketua Dewan Pembina Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Nursyahbani Katjasungkana. Bahkan, Lily Wahid mengatakan bahwa perjuangannya tidak akan berhenti hingga segel GKI Yasmin dibuka.

 

Source: cnnindonesia.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori