Hindari Kesalahan Umum Yang Sering Menimpa Ayah Baru (Bag. 1)

0
Hindari Kesalahan Umum Yang Sering Menimpa Ayah Baru (Bag. 1)
0 (0%) 0 votes
dont-panic-i-have-it-under-control

Serial ayah baru kali ini akan membahas tentang kesalahan yang sering kali dilakukan tetapi bisa dihindari.

Pertanyaan umum ketika ada orang dengan aneka intonasi bertanya, “Apakah menjadi ayah baru itu menakutkan?” Untuk beberapa alasan, pria tanpa anak menyamakan pengalamannya dengan sebuah fobia. Menjadi ayah tidak menakutkan tetapi nggak bisa dibilang kalau nggak ada yang membuatmu stres.

Dalam sebuah buku The New Dad Dictionary — Everything He Really Needs To Know From A To Z, dijelaskan istilah paling mendasar yang akan diketahui oleh seorang ayah baru dalam menjalani tantangan tentu saja membesarkan anak. Di dalam buku itu juga, penulis berusaha merangkul para ayah baru dengan kata-kata umum, istilah dan frasa yang berkaitan dengan tugas baru mereka.

Meski sudah dibantu dengan setiap informasi yang cukup lengkap, seorang ayah baru tetap saja membuat banyak kesalahan. Kebanyakan tak bisa dihindari tetapi ada beberapa ayah bisa melompat kegirangan jika dia dapat mengatasi masalahnya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

dont panic
source: pinterest

Kesalahan: Panik Saat Tak Ada yang Harus Dicemaskan

Alamiah banget untuk seorang ayah baru mendapatkan kesenangan di sebuah situasi baru, khususnya ketika berkaitan dengan bayi, tetapi tentunya nggak harus membuat si ayah kehilangan wibawanya. Banyak situasi jungkir balik yang membuat si ayah dan si bayi sama senewennya.

Bagaimana Menghindarinya:

Carilah beberapa orangtua baru yang bisa kamu temukan di berbagai komunitas sebagai bantuan saat kamu menghadapi kepanikan. Mereka akan memberikan opini yang biasanya berdasarkan pengalaman dan memberri nasihat bagaimana mengatasi krisisnya.

dont-panic-i-have-it-under-control
source:supplementreviews.com

Kesalahan: Tidak Panik di Saat Ada Sesuatu yang Membuat Panik

Kebalikan dari ayah yang terlalu berlebihan di setiap situasi adalah ayah yang tak bereaksi sama sekali. Hal ini biasanya terjadi untuk dua hal: entah si ayah tidak menyadari situasinya membutuhkan tanggapan cepat atau si ayah terlalu terkejut sehingga justru sama sekali tak tahu harus berbuat apa. Jika yang terjadi adalah yang kedua, suatu saat kamu akan mengalaminya. Kalau si ayah tidak merasa situasinya gawat, selalu ada saat tepat untuk membaca isyarat dari si anak. Jika si anak panik dan rewel tidak seperti biasanya, kamu harus segera menyadari ada hal yang harus segera ditangani.

Bagaimana menghindarinya:

Jangan biarkan masa lalu mendikte masa depan. Hanya karena suhunya bukan masalah untuk sehari tetapi bukan berarti juga bukan masalah untuk tiga hari ke depan. Sekali lagi, konsultasikan dengan orangtua lain.

Ada tips lain yang bisa kamu bagikan kepada pembaca? Apa pengalamanmu sebagai ayah baru? Temukan kesalahan lainnya di Kesalahan Ayah Baru yang Bisa Dihindari(2)

Sumber artikel asli dari http://www.askmen.com/dating/single_fathers/new-dad-mistakes.html

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori