Gunung Agung Masih Berstatus Awas, Ribuan Ternak Ikut Dievakuasi

Gunung Agung yang saat ini masih berada dalam status awas rupanya tidak membuat pihak dinas terkait segera melakukan evakuasi terhadap ribuan hewan ternak yang
0
Gunung Agung Masih Berstatus Awas, Ribuan Ternak Ikut Dievakuasi
0 (0%) 0 votes
hewan ternak gunung agung

Gunung Agung yang sampai saat ini masih menunjukkan peningkatan aktivitasnya rupanya membuat masyarakat yang berada di lereng gunung tertinggi di Bali tersebut harus mengungsi. Tidak tanggung-tanggung, para pengungsi tersebut merupakan warga desa yang termasuk ke dalam zona berbahaya dengan radius 9 hingga 12 kilometer dari kawah. Tidak tanggung-tanggung, terdapat ribuan pengungsi yang dievakuasi ke sejumlah tempat yang lebih aman. Namun, sejumlah pengungsi rupanya memutuskan untuk kembali ke rumah yang masih berada di dalam zona berbahaya. Hal tersebut disebabkan oleh adanya hewan ternak yang memang ditinggalkan oleh pengungsi.

 

Tak mau hal tersebut membahayakan keselamatan para pengungsi, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan akhirnya membentuk Satgas Peternakan dan Kesehatan Hewan yang memang dibuat untuk mengevakuasi para hewan ternak tersebut. I Ketut Diarmita menjelaskan jika pelayanan yang dibuat di Posko Siaga PKH sudah siap menampung hewan ternak yang ditinggalkan oleh para pengungsi.

 

Siapa yang menyangka ternyata Satgas PKH ini sudah mulai terjun ke sejumlah desa sejak hari Sabtu 23 September 2017. I Ketut Diarmita pun juga menyebutkan jika tim tersebut diketuai langsung oleh Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner yang beranggotakan Kepala Balai besar Veteriner Denpasar. Diarmita juga menambahkan jika tim pengevakuasi hewan ternak tersebut juga terdiri dari staf beserta dokter hewan yang berasal dari pusat.

 

Sejauh ini, Satgas PKH sudah berhasil mengevakuasi ribuan ternak yang terdiri dari 1.001 ekor sapi, 20 ekor kabing, 3 ekor babi dan juga 3.000 ayam petelur. Disinggung mengenai lokasi penampungan, Diarmita pun menjelaskan jika pihaknya memiliki tempat penampungan yang tersebar di 24 desa.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori