Ha Long Bay, Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Vietnam

Pencinta alam yang berwisata ke Vietnam nggak boleh ketinggalan ngunjungin objek wisata alam di Teluk Ha Long atau Ha Long Bay! Dijamin nggak bakal kedip loh!
0
Ha Long Bay, Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Vietnam
0 (0%) 0 votes
Kissing Rocks

Tempat wisata  Vietnam nggak hanya Ho Chi Minh City dan Hanoi loh! Di Vietnam ada lagi satu tempat wisata yang sangat  mendunia dan selalu menyedot banyak wisatawan mancanegara terlebih mereka yang demen banget sama wisata alam. Tempat wisata alam Vietnam paling populer di Vietnam ialah Teluk Halong atau Ha Long Bay.

 

 

Halong Bay atau Teluk Halong yang punya Vinh Ha Long dalam bahasa Vietnam ini ialah salah satu destinasi wisata alam di Vietnam yang terkenal dan bisa didatangi di provinsi Quang Ninh, Vietnam. Teluk tersebut terletak kurang lebih 170 km dari ibukota Vietnam,  Hanoi. Kawasan Ha Long Bay membentang dari Distrik Yen Hung lantas melewati Ha Long City, Cam Pha Town sampai Distrik Van Don. Di selatannya pun teluk yang termahsyur ini berbatasan langsung dengan  satu dari sekian banyak teluk paling besar di Asia, Teluk Tonkin.

 

 

Dengan bahasa setempat, Ha Long memiliki arti ‘tempat naga turun’. Asal usul nama itu muncul dari legenda yang tersebar luas di masyarakat lokal. Disebutkan bila bahwa di awal berdirinya negara Vietnam, rakyat Vietnam terpaksa berjuang susah payah melawan penjajah. Perjuangan itu membuat para dewa mengutus sekelompok naga untuk membantu rakyat Vietnam. Naga-naga yang muncul karena diutus oleh para dewa lantas memuntahkan batu-batu permata dan giok yang lantas berubah ke pulau-pulau kecil dan kemudian menyebar di sepanjang garis Ha Long.

 

 

 

Pulau-pulau tersebutlah yang dijadikan penghalang saat menghadapi serangan penjajah. Setelah rakyat Vietnam berhasil menang dari para penjajah, naga-naga itu kemudian  terpikat dengan indahnya pemandangan di bumi dan akhirnya memilih untuk menetap di sana. Adapun tempat sewaktu induk naga mendarat disebut Ha Long, sedangkan Bai Tu Long ialah nama tempat sewaktu anak-anak naga berjumpa induknya. Lalu, tempat dimana mereka mengentakkan ekor biasa disebut dengan Bach Long Vi.

 

 

 

Ha Long Bay sendiri punya luas sekitar 1.533 km persegi dan kawasan legendaris itu ialah kesatuan dari nyari 2.000 islet (pulau-pulau kecil). Pulau-pulau tersebut kebanyakan merupakan pulau karst atau pulau batuan kapur. Ha Long Bay pun menjadi rumah untuk 14 spesies flora endemik serta 60 spesies fauna endemik. Tidak heran jika UNESCO kemudian mengategorikan kawasan teluk ini ke salah satu tempat World Heritage Site yang kerap dibandingkan dengan Guilin di China dan Krabi yang terletak di daerah selatan Negara Thailand. Kawasan wisata alam satu ini ikut juga dinobatkan ke salah satu dari 7 Keajaiban Alam, seperti halnya Pulau Jeju yang terletak di semenanjung Korea, atau tepatnya Korea Selatan.

 

 

Karena Ha Long Bay ialah wilayah teluk yang luas, di sekitar teluk tersebut terdapat beragam daya tarik wisata lainnya seperti pulau, pantai maupun teluk kecil. Berikut ini rangkuman tujuan wisata Ha Long Bay dari Hello-PET.

 

 

 

 

Wisata Tur Ha Long Bay

 

 

Ha Long Bay

via: http://www.eurasialegal.info/index.php?option=com_content&view=article&id=4988:2016-03-17-06-14-56&catid=141:2012-07-02-12-20-07&Itemid=42

 

 

Di salah satu tur yang tersedia di sana, semua peserta paket wisata akan mendapatkan tiket yang digunakan untuk memasuki Ha Long Bay. Setelah masing-masing mendapatkan tiket Halong Bay, satu per satu peserta tur pun bisa memasuki kapal wisata yang ada Ha Long Bay. Di teluk wisata ini, kapal wisata berjejeran di sepanjang teluk.

 

 

Buat kalian yang belum tahu, bentuk kapal wisata Vietnam yang nantinya akan membawa kamu punya bentuk yang unik, kapal-kapal itu didesain dengan corak kapal tradisional dan biasanya dicat dengan warna coklat. Kesan kayu di kapal ini pun jadi sangat kentara. Dan meski bentuknya tradisional  tapi fasilitas yang terdapat di dalam kapal wisata bisa dibilang lumayan mewah.

 

 

Kapal-kapal wisata itu akan membawa semua peserta tur  menikmati panorama bentang alam Ha Long Bay yang eksotis. Dari kejauhan terlihat jelas jejeran perbukitan kapur Halong Bay yang tampak seolah saling menyambung dari bukit satu ke bukit lainnya. Pemandangan itu tak pelak membuat para turis berbondong-bondong mengeluarkan kamera untuk mengabadikannya. Ha Long Bay sendiri memiliki  pulau dan bukit karst hingga mencapai lebih dari 1.000 pulau. Namun di antara ribuan pulau itu baru sekitar 900 yang sudah dinamai.

 

 

Semakin kapal mendekati perbukitan batu kapur di teluk yang disebut dengan Ha Long Bay ini, maka para pengunjung bisa makin menemukaan kesamaan dengan deretan perbukitan di Pulau Phi-phi yang terdapat di Thailand. Namun meskipun dibilang punya persamaan, pulau-pulau maupun deretan perbukitan di Ha Long Bay berjumlah lebih banyak dan bentuknya pun lebih bervariasi.

 

 

Nggak cuma pulau atau bukit saja yang jadi magnet wisata alam di sini,  di dalam salah satu bukit karst di Ha Long Bay ada sebuah gua stalaktit dan stalagmit yang cukup besar dan dihiasi semarak lampu warna-warni nan cantik.

 

 

 

Kapal kemudian akan berlabuh di pelabuhan terapung berukuran kurang lebih 15 x 15 meter dan memiliki sebuah pondok kayu di atasnya. Jika berminat kamu bisa turun ke pelabuhan ini untuk melakukan kayaking dengan tarif  US$ 5 atau jika dinominalkan ke rupiah sebanyak Rp65.000,-.

 

 

Di sana juga biasa dijadikan tempat mangkal para penjual buah dan penjual makanan dan minuman ringan yang berdagang dengan mendayung sampan kecil. Tak pelak kamu pun bakal teringat dengan pasar terapung yang ada di Banjarmasin saking miripnya. Di pasar terapung tak lama pun para pembeli memadatinya, dan uniknya di sini juga dijual buah rambutan yang lebih dikenal dengan sebutan buah Zambutan.

 

 

Puas setelah menikmati olahraga kayaking serta bersantai di kapal wisata yang tengah berlabuh sembari menikmati parnorama bukit karst, kapal akan menuju ke tujuan selanjutnya. Melihat indahnya stalaktit dan stalagmit yang cuma ada di salah satu gua Halong Bay. Kapal akan berlabuh di pelabuhan yang khusus dibangun untuk bersandarnya kapal wisata yang bertujuan ke gua stalaktit dan stalagmit. Membuat akhir tur Teluk Halong ini semakin lengkap dan tak akan terlupakan.

 

 

Baca juga: 8 Langkah Membuat Paspor Online Sendiri

 

 

 

 

Pulau Cat Ba Vietnam

 

Pulau Cat Ba tak lain dan tak bukan ialah pulau terbesar dari keseluruhan pulau yang tersebar di teluk Halong. Masyarakat Vietnam menyebut pulau ini dengan sebutan Quan Dao Cat Ba, Pulau Cat Ba sendiri berada di sebelah selatan  teluk Halong dan memiliki luas kawasan hingga sekitar 260 km persegi. Pulau ini nyaris separuh areanya termasuk ke kawasan taman nasional Cat Ba National Park. Di taman nasional tersebut sejauh ini terdapat kurang lebih sebanyak 1.561 spesies flora, 279 spesies fauna, serta hewan endemik asli Vietnam yang nyaris punah yaitu langur Cat Ba (Trachypithecus Poliocephalus). Selain national park, objek wisata lain di pulau ini ialah pantai pasir putih Cat Co Beach serta Monkey Island yang dihuni ribuan kera.

 

 

 

 

Teluk Lan Ha Vietnam

 

Teluk Lan Ha (Lan Ha Bay) ialah teluk yang berada di sisi timur dan selatan Pulau Cat Ba. Teluk yang masih satu bagian dari Teluk Ha Long ini punya sekitar 400 islet dan pantai yang elok. Di sini biasanya para wisatawan melakukan banyak kegiatan olahraga seperti berenang, kayaking, rock climbing, atau mengunjungi kampung nelayan yang ada di sekitarnya.

 

 

 

Teluk Bai Tu Long Vietnam

 

Jika merujuk ke legendanya, Teluk Bai Tu Long (Bai Tu Long Bay) ialah tempat para anak-anak naga bertemu sang induk. Teluk tersebut bercokol di sisi utara Ha Long Bay. Jika kamu termasuk salah satu dari wisatawan yang  lebih senang menikmati wilayah yang lebih senyap, teluk ini ialah tempat paling direkomendasikan untuk menghindar dari kepungan turis Ha Long Bay.

 

 

 

 

Desa Terapung Cua Van Vietnam

 

 

Desa ini terletak di antara  Teluk Ha Long Bay dan Teluk  Lan Ha. Di sana, seperti namanya, ialah desa yang semua warganya menempati dan tinggal di perahu-perahu terapung yang  sekaligus menjadi rumah mereka. Tercatat jika keluarga yang tinggal di desa terapung ini mencapai lebih 200 keluarga. Sepeti umumnya  penduduk yang tinggal di perahu apung, sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai nelayan. Karena itulah selain disebut ‘desa nelayan’ desa ini juga dikenal sebagai ‘fishing village’. Para turis yang berkunjung ke desa ini juga dapat melihat langsung aktivitas keseharian penduduk setempat dan bagaimana mereka masih menangkap ikan secara tradisional.

 

 

 

 

Bach Long Vi Island Vietnam

 

Di cerita legenda, Pulau Bach Long Vi (Bach Long Vi Island) ialah pulau tempat anak-anak naga mengentakkan ekor. Pulau Bach Long Vi terletak lumayan jauh dari sisi selatan Ha Long Bay, atau tepatnya di wilayah Teluk Tonkin, antara Hai Phong (Vietnam) dan Pulau Hainan (China). Pulau ini hanya seluas kurang lebih 2,5 km persegi. Hingga saat ini belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sini karena jaraknya yang bisa dibilang jaduh dari Hai Phong (110 km). Tetapi kalau kamu bisa, sempatkan ke pulau ini karena Bach Long Vi punya lingkungan yang masih terjaga resik serta garis pantai nan cantik.

 

 

 

The Kissing Rocks Vietnam

 

Objek wisata yang dikenal dengan nama The Kissing Rocks ialah salah satu destinasi yang unik.  Pasalnya, di antara ribuan pulau yang ada di sana dengan beragam bentuk, ada 2 batuan yang bentuknya menyerupai sepasang ayam. Berdasarkan cerita legenda yang beredar, batu tersebut ialah simbol dari ayam jantan (rooster) dan ayam betina (hen) yang saling berhadapan. Batu itu dianggap menandakan kasih sayang abadi (eternal love). Tetapi terdapat versi berbeda yang menyebutnya dengan ‘The Fighting Chicken Rock’, di versi ini kedua batu yang menyerupai ayam itu adalah 2 ekor ayam yang sedang beradu.

 

 

Baca juga: Menikmati Keindahan Budaya 8 Kuil Cantik Jepang

 

 

 

Akses Menuju Teluk Ha Long Vietnam

 

Ada banyak cara untuk menuju Halong Bay dari Hanoi. Para wisatawan bisa menaiki bis, kereta, atau dengan menggunakan paket tour yang sudah dipilih sebelumnya.

 

 

Misal kamu tertarik menggunakan bus, kamu  bisa menumpang bus Hoang Long express yang berangkat tiap 15 menit sekali dari terminal bus Kim Ma di Nguyen Thai Hoc Street. Dengan membayar 60,000 VND bus itu akan membawamu ke Ha Long Bay dalam 3 – 4 jam.

 

 

Misal memutuskan naik kereta, kereta dari stasiun Yen Vien di Hanoi dengan nomor R157 bertujuan ke Teluk Ha Long, lalu untuk trip kembali kamu bisa menaiki kereta balik yang bernomor R158 dengan tujuan Hanoi. Tarif kereta per tujuan ialah 80,000 VND.

 
Selain bisa dan kereta, pilihan  terakhir ialah dengan jasa bis tur.  Buat kamu yang tertarik memakai jasa ini datang saja ke Old Quarter. Di sana akan tersedia beragam  shuttle bus dari banyak operator tour dengan biara bervarasi tergantung dengan layanan yang dijanjikan. Pilihan ini dianggap sebagai pilihan paling baik untuk digunakan para wisatawan yang kali pertama menjejak tanah Vietnam.

 

 

 

Pilihan Operator Wisata Teluk Ha Long Vietnam

 

Karena termasuk sebagai destinasi wisata populer, tidak susah menemukan operator wisata di Hanoi yang punya jasa tur ke teluk tersebut. Tur itu bisa tur siang maupun untuk malam hari, selain itu ditawarkan juga paket menginap di kapal wisata tradisional untuk dua hari satu malam atau tiga hari dua malam. Sebelum kamu memesan salah satu jasa tur, lebih baik pastikan turnya termasuk transfer balik ke Hanoi serta termasuk aktivitas lain seperti kayaking atau snorkeling.

 

 

Untuk kamu yang nggak punya banyak waktu liburan, kamu bisa memilih tur satu hari. Salah satunya ialah  yang dimiliki V’Spirit Cruises (www.vspiritcruises.com) dengan tarif jasa mulai 1.200.000 Dong per orang dari pukul 08:00 dan hingga 20:00 waktu setempat. Peserta tur akan dijemput di hotel tepat pada pukul 08:00 untuk berkendara 3,5 jam perjalanan ke Halong Bay. Pukul 12.45, kapal akan berlayar untuk membawa para penumpang melihat gugusan pulau batu kapur. Saat siang hari tur ini menyediakan menu masakan khas tradisional Vietnam yang terhidang di kapal sesaat setelah kapal berangkat..

 

 

Peserta tur juga akan bisa menikmati aktivitas seru lainnya  kayaking atau duduk di perahu bambu yang diarahkan oleh penduduk lokal. Seusai melihat pulau Fighting-Cock  (Kissing Rock) dan gua Heavenly Palace (Thien Chung Cave) yang sangat termasyhur dengan dengan stalaktit dan stalagmitnya, kapal wisata ini akan kembali ke pelabuhan untuk bertolak ke Hanoi pada pukul 16.00. Selain S’Spirt, operator lainnya ialah Bien Ngoc Cruises (www.bienngoccruise.com) yang juga menawarkan paket tur dua hari satu malam dengan harga dari 1.700.000 Dong. Itinerary-nya termasuk ke pulau Titop, empat para wisatawan dapat membidik angle-angle terbaik yang dipunyai Ha Long Bay.

 

 

Pilihan Cruise Wisata Lainnya:

 

Best Day Cruise: Emeraude

 

Emeraude Cruise terkenal karena menggunakan kapal yang didekorasi indah dan hidangan kuliner yang lebih baik jika dibandingkan operator wisata lain. Namun untuk agen tur ini harus bersiap dengan rencana transportasi sendiri karena operator tak menyediakan  layanan jemputan. (www.emeraude-cruises.com)

 

 

Best Value for Money: Glory Cruise

 

Dengan harga terjangkau dan pelayanan yang memuaskan, untuk tarif 110 dolar AS per orang untuk dua hari satu malam Glory Cruise menyediakan layanan, jenis akomodasi, serta santapan terbaik selama perjalanan. (www.glorylegendcruises.net)

 

 

Best Activities: Dragon Pearl

 

Bagi wisatawan yang sebelumnya mengunjungi Halong Bay dan membuat review di site wisata TripAdvisor, Dragon Pearl banyak sekali mendapat pujian. Hal tersebut disebabkan beragamnya program yang ditawarkan cruise ini seperti makan malam di gua atau dek berjemur khusus yang membuat tamu dapat menikmati panorama elok Halong Bay. Adapun harga untuk paket 2 hari 1 malam dengan memakai jasa operator ini dimulai dari 150 USD / orang. (www.halongdragonpearljunk.com)

 

 

Best Luxury Cruise: Paradise Peak

 

Buat kamu yang ingin menikmati layanan mewah, Paradise Peak menawarkan layanan dan akomodasi bintang 5 yag sangat memanjakan para tamu. Kapal yang digunakan hanya memiliki delapan kabin, sedangkan tamu akan dilayani bak raja karena setiap kabin memiliki butler untuk memenuhi kebutuhan tamu dan memastikan liburan yang berkesan. (paradisepeakcruises.com)

 

 

Best New Cruise: Pelican

 

Walau banyak sekali paket berlayar barudi Ha Long Bay, Pelican Cruise yang baru didirikan tahun 2012 ini telah menawarkan ruang kabin yang lebih luas untuk memastikan kenyamanan para wisatawan yang menggunakan jasanya. (www.halongpelicancruise.com)

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori