Begini Penilaian Wapres Terhadap Guru Jaman Sekarang

Sayangnya, menurut Kalla, tak semua tenaga pengajar dapat melihat pendidikan sebagai bentuk idealisme dalam upaya membentuk karakter manusia.
0
Begini Penilaian Wapres Terhadap Guru Jaman Sekarang
0 (0%) 0 votes
wapres jusuf kalla

Tenaga pendidik di Indonesia memanglah sangat memiliki peran penting dalam membentuk karakter seseorang. Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun, adanya karakter yang akan dibentuk oleh para pengajar bukanlah hasil yang bisa dinikmati dalam waktu cepat.

 

Wapres Kalla mengungkapkan hal itu saat Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan Negeri Indonesia (ALPTKNI) di Istana Wapres pada hari Rabu, 7 September 2016.

 

“Karena apabila kita bicara pendidikan apa yang dibicarakan hari ini, baru manfaatnya akan kita lihat 10 tahun lagi. Kalau Anda guru SD, SMP ya sampai umur 20 baru dia bermanfaat,” kata Kalla.

Source: nasional.kompas.com

 

Sayangnya, menurut Kalla, tak semua tenaga pengajar dapat melihat pendidikan sebagai bentuk idealisme dalam upaya membentuk karakter manusia. Setidaknya, hal itulah yang ia lihat dalam beberapa waktu saat mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan perwakilan guru.

 

Saat itu, Kalla melihat para tenaga pendidik tersebut malah terlihat kurang antusias ketika diajak berbicara mengenai kualitas pendidikan dalam negeri. Malah, mereka jauh lebih semangat saat akan membahas mengenai permasalahan kesejahteraan guru.

 

“Begitu saya bicara tingkat akademis pendidikan tidak ada (respons), tapi ketika saya bicara kesejahteraan semua tepuk tangan berteriak,” kata dia.

Source: nasional.kompas.com

 

Jusuf Kalla

 

wapres jusuf kalla

 

Dalam hati, Kalla mengaku miris hatinya saat melihat kondisi para tenaga pendidik yang kurang peduli mengenai kualitas pendidikan. Menurut Kalla, kesejahteraan pengajaran merupakan hal yang penting maka dari itulah pemerintah memberikan gaji dan juga tunjangan kepada guru dengan jumlah dan nominal yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

 

Karena itulah, Kalla melihat setelah perhatian yang sudah diberikan, seharusnya para guru bisa meningkatkan kinerja serta kepedulian mereka terhadap dunia pendidikan yang mereka geluti. Demi pendidikan Indonesia yang lebih baik.

 

“Hampir kalau saya bicara, jarang bicara pendidikan tapi bicara kesejahteraan, sertifikasi berapa bayarnya. Jadi saya prihatin juga di situ. Perhatian kepada guru sudah mulai berbeda. Guru lebih pragmatis,” tegas dia.

Source: nasional.kompas.com

 

Seorang tenaga pendidik sudah seharusnya mengajar dengan hati. Agar ilmu yang dibeirkan mudah tersalurkan. Lantas, bagaimana menurutmu?

 

Source: kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori