Guru Besar UI Kritik Jawaban Setya Novanto Perihal Ini

0
Guru Besar UI Kritik Jawaban Setya Novanto Perihal Ini
0 (0%) 0 votes
donald trump

Ada sebuah dialog kecil yang terjadi di depan public antara kandidat capres Amerika Serikat, Donald Trump dan Ketua DPR, Setya Novanto. Dialog kecil itu memang hanyalah sekedar Trump yang bertanya apakah rakyat Indonesia menyukainya? Novanto pun dengan lantang menjawab YA.

Lantas, jawaban Novanto itu pun langsung dikritik seorang Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Prof Hikmahanto Juwana. Dirinya menganggap jawaban Novanto bisa disalahartikan sebagai endorsement dari Indonesia untuk Donald Trump.

Prof. Hikmahanto Juwana pun menyatakan,

“Dalam tayangan, Donald Trump yang baru selesai di panggung kembali ke panggung dan memperkenalkan Setya Novanto. Dalam kesempatan itu ada pertanyaan Trump kepada Setya Novanto, apakah rakyat Indonesia menyukai saya? Novanto menjawab ya. Jawaban dan kehadiran Setya Novanto yang diperkenalkan sebagai Ketua DPR, seolah memberi endorsement atas kampanye Trump,”

Menurut Hikmahanto, saat itu Trump telah memanfaatkan Novanto untuk kampanyenya yang memanfaat Indonesia karena memiliki jumlah umat muslim terbesar di dunia.

donald trump
Novanto dan Donald Trump | Source: http://news.detik.com

“Tanpa disadari Ketua DPR dari sebuah negara besar dengan jumlah muslim terbesar dan demokratis telah dimanfaatkan oleh Donald Trump,”

Akhirnya Hikmahanto menuntut Novanto mengklarifikasikan soal kehadiran dan jawaban dari pertanyaan Donald Trump. Karena, jawaban itu bisa dianggap sebagai intervensi Negara lain terhadap politik salam negeri suatu Negara yang bahkan rakyat Indonesia sendiri belum tentu tau siapa itu Donald Trump.

“Rakyat Indonesia belum tentu tahu siapa itu Donald Trump, terlebih menyukainya. Alat perlengkapan DPR perlu menelisik motif kehadiran dan jawaban Ketua DPR dalam kampanye Donald Trump,”

Adapun cuplikan dialog mereka seperti dikutip dari detikcom, seperti ini:

Donald Trump: “Ketua DPR Indonesia datang untuk bertemu dengan saya. Setya Novanto, salah satu orang paling kuat di Indonesia. Pria hebat! Apakah masyarakat Indonesia menyukai saya,”

Novanto: “Yes, highly,”

Donald Trump: “Terima kasih banyak,”

Sangat menarik, bukan? Bagaimana menurutmu?

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori