Inilah Gula Aren Terbesar Yang Memecahkan Rekor MURI

Gula aren memang menjadi hal biasa bagi masyarakat Indonesia. Namun apa jadinya jika ada gula aren berukuran raksasa seberat 135 kilogram? Penasaran? Ayo simak!
0
Inilah Gula Aren Terbesar Yang Memecahkan Rekor MURI
0 (0%) 0 votes
gula-aren-terbesar-asal-cibaliung-ini-masuk-muri-snI

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, gula arena menjadi pengganti gula pasir serta menjadi kebutuhan pokok yang lumrah dijumpai di dapur. Namun, apa jadinya jika gula aren ini dibuat dalam ukuran raksasa?

 

Hal inilah yang dilakukan para pengrajin gula aren asal Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Banten ini. Para pengrajin gula aren ini pun bekerja bersama-sama untuk menghasilkan gula aren berukuran raksasa. Bahkan atas kerja sama ini, gula aren ini berhasil mencatatkan diri sebagai gula aren terbesar di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

 

Gula aren raksasa ini pun berhasil mencapat bobot seberat 135 kilogram dengan diameter sekitar 100 sentimeter dan ketebalan 20 sentimeter. Untuk membuat gula aren raksasa ini, para pengrajin ini pun harus mengumpulkan 1.400 liter air nira.

 

Bahkan untuk membuat gula aren ini cukup memakan waktu. Salah satu perajin gula aren, Abah Sudin, mengatakan bahwa untuk membuat gula aren terbesar di Indonesia bahkan dunia ini membutuhkan waktu selama delapan hari.

 

“Alhamdulillah, dengan kerja sama kita berhasil membuat gula aren terbesar ini. Bagi kami sebagai perajin juga dapat mengangkat nama Cibaliung sebagai sentral perajin gula aren dengan kualitas terbaik,” kata Abah Sudin, Kamis (18/8).

 

Abah Sudin yang telah menjadi perajin gula aren selama tiga tahun ini pun mengaku bangga karena turut serta dalam pembuatan gula aren raksasa yang berhasil menorehkan rekor ini.

 

Abah Sudin juga menambahkan bahwa gula aren yang dipamerkan kepada ribuan masyarakat Pandeglang ini juga dapat dijadikan bahan pembuatan dodol gula aren, jejorong, es cendol gula aren, dan serabi gula aren.

 

“Prosesnya memang panjang dan membutuhkan tenaga untuk mendapatkan kualitas super,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pesta Rakyat Cibaliung Sujana mengatakan, tahun ini dirinya bersama kawan-kawan perajin dan petani punya ide membuat gula aren terbesar.

 

“Sekitar 70 petani dan perajin Aren ikut dalam pemecahan rekor ini,” katanya.

 

Ia menambahkan bahwa dengan pencapaian tersebut, tentunya akan memperkenalkan daerah Cibaliung ke sebagai sentral pembuatan gula aren kualitas terbaik ke seluruh penjuru Indonesia.

 

“Keunggulan gula aren sini (Cibaliung) dibandingkan dari daerah lainnya lebih enak, dengan rasa manis yang tidak terlalu, gurih, dan tahan lama,” pungkasnya.

 

Wah butuh berapa lama ya menghabiskan gula aren raksasa ini?

 

sumber: sindo

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori