Gempa Berpotensi Tsunami Mengguncang Chile

0
Gempa Berpotensi Tsunami Mengguncang Chile
0 (0%) 0 votes
gempa chile

Gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter mengguncang Chile pada hari Rabu (19/9) kemarin waktu setempat. Gempa tersebut mempunyai potensi tsunami sehingga dikeluarkanlah peringatan yang diberlakukan hingga ke Peru. Seperti yang dilansir Kompas, masih belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi serta korban akibat dari gempa tersebut.

 

Menurut badan geologi Amerika Serikat, gempa tersebut berpusat di 228 KM dari ibukota Chile yakni Santiago. Gempa tersebut terbilang dangkal karena hanya mempunyai kedalaman 8 KM. Gempa yang berpotensi tsunami ini terjadi pada malam hari waktu Chile atau sekitar pukul 05.54 waktu Jakarta. Setelah gempa tersebut, terjadi gempa susulan yang mempunyai kekuatan lebih dari 6,0 SR.

 

gempa chile1

http://media.viva.co.id/thumbs2/2014/03/17/244100_gempa-chili_663_382.jpg

 

Pihak pemerintah dari Chile mengeluarkan pernyataan bahwa gempa tersebut mempunyai kekuatan 8,0 SR. Gempa yang terasa hingga ke Argentina ini membuat peringatan tsunami dikeluarkan sampai Peru hingga pantai pasifiknya. Pasca gempa ini, masyarakat di Santiago keluar dari kediaman mereka dan ramai berada di jalanan.

 

Sebelumnya, beberapa gempa sempat terjadi juga di Chile. Pada April 2014, Chile diguncang oleh gempa yang memiliki kekuatan 8,2 SR. Gempa ini memakan 6 korban jiwa dan sejuta orang lainnya harus meninggalkan tempat tinggal mereka di Iquique. Kemudian, pada Februari 2010, Chile diguncang oleh gempa berkekuatan 8,8 SR di wilayah Maule. Gempa ini merupakan gempa terbesar yang pernah terjadi. Gempa ini memakan 500 korban jiwa.

 

Source: Aplikasi Kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori