Gawat! Indonesia di Ambang Gelombang PHK!!!

0
Gawat! Indonesia di Ambang Gelombang PHK!!!
0 (0%) 0 votes
phk

Indonesia kini sedang menghadapi masalah yang cukup pelik. Gelombang PHK sudah menanti di depan mata, seperti gelombang tsunami yang asalnya kecil lama kelamaan makin membesar. Ironisnya, PHK kerap disebut sebagai program efisiensi perusahaan.

 

Lalu apa penyebabnya? Ada dua penyebab utama, pertama pertumbuhan ekonomi Amerika yang sedang bagus sehingga mendesak mata uang lainnya di dunia termasuk Rupiah. Dan yang kedua naiknya BBM di tengah turunnya harga minyak dunia. Kebijakan ini diambil karena Indonesia bukan lagi negara pengekspor minyak. Terobosan ini sebenarnya bagus, tapi untuk jangka waktu yang panjang 20 hingga 30 tahun ke depan.

 

Job Fair 2014 di JIEXPO Kemayoran
Source: http://nasional.kontan.co.id

 

Ditambah lagi Indonesia ketergantungan dengan China membuat sektor UKM Indonesia menjadi terganggu, bahkan menurut penelitian, sekitar 6.300 karyawan tekstil sudah dirumahkan alias di PHK. Di sektor pertambangan dari 30 perusahaan batubara kini tinggal dua perusahaan saja yang bertahan. Sisanya? Terkena imbas gelombang PHK.

 

Pemberhentian kerja juga terjadi di sektor jasa, bahkan di industri perbankan. Misalnya, PT Bank CIMB Niaga Tbk yang sudah menyilakan karyawannya sukarela mengundurkan diri. Sementara jasa tenaga alih daya (outsourching) juga cukup terpukul. Banyak perusahaan pemakai jasa memutus kontrak kerjasama.

 

Sebenarnya ada solusi untuk permasalahan ini, hanya saja dibutuhkan campur tangan pemerintah. Diantaranya mewajibkan BUMN untuk menggunakan produk lokal dan anggaran desa yang jumlahnya Rp. 1 – 1,5 milliar harus mengucur supaya UKM dalam negeri mampu bersaing.

 

Tapi pertanyaaanya, apakah pemerintah benar benar mau untuk melakukan gerak cepat atau tidak, mengingat siklus krisis moneter per 10 tahun sekali sudah dekat. Bagaimana menurut anda?

Hello Comment 1Sort by


user Anonim
2015/06/25 17:14

Ditambah lagi uMR yg terus naik....hmmmm masuk akal g ya

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori