Fakta: Kafein Biji Kopi Kalah Banyak Sama Daun Teh!

Teh dan Kopi sama-sama mengadung kafein, daun teh malah memiliki kadar kafein lebih banyak daripada kopi yang biasa diminum buat mengusir ngantuk. Kenapa ya?
0
Fakta: Kafein Biji Kopi Kalah Banyak Sama Daun Teh!
0 (0%) 0 votes
kopi dan teh

Tahukah kamu bila dilihat dari bahan mentah sebelum melalui proses, sebenarnya kandungan kafein dalam kopi lebih rendah daripada teh?
Kafein memang secara alami dimiliki teh, biji kopi, buah guarana dan kacang kakao sebagai racun untuk melindungi diri dari hewan herbivora. Di antara tumbuhan-tumbuhan itu, daun teh  menyimpan kafein paling banyak yaitu sekitar lima persen dibanding dengan biji kopi mentah yang cuma mengandung 1-2 persen kafein.

 

daun teh
Source: koboswholesale

 

Teh pada akhirnya mengandung sedikit kafein karena proses produksinya. Biji kopi diproses lebih lama dengan suhu yang tinggi sehingga kafein yang terekstrak lebih banyak daripada daun teh.
Sedangkan teh memang memiliki proses yang berbeda dari pengolahan biji kopi. Proses fermentasi teh  paling lama untuk pembuatan teh hitam, lalu sedang untuk pembuatan teh hijau, dan yang singkat untuk pembuatan teh putih.

 

Dilansir oleh National Drug and Alcohol Research Centre, University New South Wales,  bila sudah melalui proses pengolahan, kafein pada teh berkisar antara 30-100 miligram sedangkan kafein pada kopi sekitar 40-150 meski tergantung pada jenis biji kopinya.

 

Karena itu saat telah tersaji, teh memang lebih tak efektif untuk mencegah kantuk daripada secangkir kopi. Namun teh punya keunggulan sendiri dengan kandungan  banyak antioksidan flavonoid yang yang memiliki efek pelindung terhadap kanker mematikan.

 

Jadi, kamu tim kopi atau tim teh nih?

 

sumber: detik

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori