Fakta-Fakta tentang Tragedi Mina yang Menewaskan Ratusan Jamaah

0
Fakta-Fakta tentang Tragedi Mina yang Menewaskan Ratusan Jamaah
0 (0%) 0 votes
korban mina

Tragedi Mina pada ibadah haji 1436 Hijriah menewaskan ratusan jamaah serta ratusan lainnya mengalami luka-luka. Foto mengenai jenazah yang tergeletak sejauh mata memandang pun beredar di internet. Dikutip dari BBC, berikut adalah fakta-fakta seputar tragedi Mina dari para saksi mata yang berada di lokasi kejadian.

 

Tchima Illa Issoufou yang berada di lokasi saat tragedi Mina terjadi mengungkapkan bahwa para jamaah haji bergerak ke arah tempat melempar jumroh tetapi banyak jamaah lainnya yang datang dari arah berlawanan. Alhasil, keadaan menjadi kacau dan banyak jamaah mulai berjatuhan. Para jamaah saling memanjat tubuh jamaah lain untuk mencapai posisi aman akibatnya banyak yang terinjak dan tewas.

 

Dalam keadaan kacau tersebut, terdengar suara jamaah yang menangis serta ada juga yang meneriakkan nama Allah. Di sana ada anak-anak dan bayi menangis. Mereka semua jatuh ke tanah tetapi tidak ada orang yang mau menolong. Semua orang menyelamatkan diri mereka masing-masing. Banyak orang kehilangan kelompoknya. Tchima Illa Issoufou mengungkapkan bahwa dirinya juga kehilangan anggota dari rombongan hajinya, yakni bibinya serta dua perempuan lain.

 

Di sisi lain, Bashir Sa’ad Abdullahi mengungkapkan bahwa sejauh matanya memandang yang ada hanyalah jenazah. Ia menceritakan bahwa setelah tragedi Mina, dirinya berdiri di pusat Kota Mina. Ia mampu melihat jenazah yang telah ditutup kain putih tetapi ia tidak dapat mendekat karena pihak keamanan Saudi Arabia telah menutup lokasi. Ia tidak dapat menghitungnya tetapi yang terlihat di sana hanyalah mayat yang tergeletak. Dari tragedi Mina tersebut dikabarkan 717 korban meninggal dunia serta 863 orang mengalami luka-luka.

 

Source: bbc.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori