Fakta Baru Terungkap! Fluoride Bisa Menyebabkan Kanker!

Kita sering melihat/mendengar tentang fluoride sebagai pencegah kerusakan gigi pada iklan pasta gigi. kebayang gak, kalau fluorida ini ternyata bisa menyebabkan kanker?
0
Fakta Baru Terungkap! Fluoride Bisa Menyebabkan Kanker!
0 (0%) 0 votes
29122015 Fluoride kanker

Para ahli kesehatan telah menyerukan penghentian menambahkan fluoride pada air minum di tengah klaim bahwa fluoride bisa menyebabkan kanker tulang.

 

Bahan kimia ini telah ditambahkan ke persediaan air yang meliputi enam juta orang di Inggris selama lebih dari 40 tahun dan proses ini didukung oleh Kesehatan Masyarakat Inggris yang mengatakan itu adalah ukuran kesehatan ‘aman dan efektif’ untuk memerangi kerusakan gigi.

 

Fluoride mencegah kerusakan gigi

Namun para peneliti sekarang mengatakan:

“Fluoride dapat menyebabkan efek samping serius berbahaya seperti kanker tulang dan kandung kemih dan juga IQ anak lebih rendah.”

 

University of Kent

 

Stephen Peckham, profesor kebijakan kesehatan di pusat studi pelayanan kesehatan di University of Kent  mengatakan proses tersebut diperkenalkan sebelum ada penelitian yang cukup untuk menunjukkan keamanan dan efektivitas.

 

 

Dia mengatakan kepada The Guardian:

“Ini adalah kebijakan kesehatan gigi yang didukung banyak orang dan orang-orang enggan untuk melihatnya dikritik.”

 

‘Anda tidak bisa benar-benar percaya diri mengatakan bahwa fluoridasi air itu aman atau efektif. Ada masalah di mana bukti itu memperlihatkan sebagai baik benar-benar mendukung atau benar-benar negatif dan itu lebih keruh dari hal itu.”

 

Prof Peckham telah memimpin penelitian apakah hipertiroidisme –yang dapat menyebabkan kecemasan, masalah tidur dan kelemahan otot –terkait dengan fluoridasi tetapi mengatakan ada masalah dengan bukti di kedua sisi argumen.

 

Dia menambahkan ia ingin melihat proses fluoridasi tersebut berhenti dan studi mengatur untuk melihat dampaknya pada anak-anak di daerah fluoride dan non-fluoride.

 

Muncul setelah Kolaborasi Cochrane, sebuah organisasi 14.000 akademisi, mengulas bukti fluoridasi awal tahun ini –tetapi mereka juga gagal untuk sampai pada suatu kesimpulan.

 

Baca juga: WAJIB BACA! Inilah 116 Faktor Penyebab Kanker Yang Dilansir Dari WHO!

 

Para peneliti menemukan data menunjukkan ada beberapa efektivitas dalam mengurangi kerusakan gigi tapi itu satu-satunya studi yang dianggap dapat diterima berasal dari sebelum tahun 1975 dan risiko bias tinggi.

 

Inggris adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang memungkinkan skema fluoridasi, di mana ia bertujuan untuk memberikan 1mg bahan kimia fluoride pada per liter air minum.

 

Sebaliknya, AS tahun ini mengurangi tingkat fluoride dalam air untuk 0.7mg per liter.

 

Tapi Kesehatan Masyarakat Inggris terus mendukung skema dan mengatakan itu adalah ‘ukuran yang aman dan efektif’.

 

Menyikat gigi yang diawasi

 

Badan pemerintah mengatakan fluoridasi adalah salah satu dari berbagai tindakan itu dipromosikan untuk pertempuran kerusakan gigi, dengan tindakan lain termasuk menyikat gigi yang di awasi.

 

Menurut penelitian,  45 persen lebih sedikit anak-anak berusia 1 hingga 4 tahun dirawat di rumah sakit di daerah yang fluoride tahun lalu dibandingkan pada mereka yang tidak.

 

Berikut video para lobbyist anti fluoride dalam menentang penggunaannya pada air minum di Inggris

 

FYI aja nih, sebenarnya banyak beredar berita simpang siur seputar kelayakan penggunaan fluoride pada pasokan air minum. Tetapi, mau gimana lagi, fluoride ini sudah terlanjur digunakan di seluruh dunia, apapun alasannya. Yang bisa kita lakukan, ya berusaha menyaring air minum sebelum di masak, dengan semacam alat pemurni air, dikenal dengan “water purifier”.

Semoga artikel ini bisa membangkitkan kesadaran akan pentingnya air minum yang sehat, tak tercemar.
Jangan lupa bagikan info ini ya…

 

source: Daily Mail

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori