Resep Es Krim Goreng Tempura dengan Saus Stroberi

Es krim goreng tempura merupakan salah satu varian dari es krim goreng yang tentunya tidak kalah menarik dan eksotis! Yuk baca resep dan cara masaknya di sini!
0
Resep Es Krim Goreng Tempura dengan Saus Stroberi
5 (100%) 1 votes
Es Krim Goreng Tempura

Es krim goreng, perpaduan panas dan dingin yang sangat menarik. Siapa yang tidak suka dengan snack manis-dingin es krim? Kemudian diolah dengan cara unik yang berlawanan dengan kondisi makanan itu sendiri: digoreng! Pastinya jadi panganan yang sangat populer, bukan?

 

Nah, cara membuat es krim goreng sederhana itu tidak sulit kok dan bisa kalian coba sendiri di rumah. Sekarang Hello-Pet mau memberikan resep supaya kamu bisa membuat es krim goreng tempura-mu sendiri nih!

 

Latar Belakang Es Krim Goreng

 

 

Es krim goreng merupakan jenis makanan penutup yang semakin ngetren belakangan ini. Berupa es krim yang dilapisi pastry dan kemudian digoreng, jajanan satu ini memiliki perpaduan yang sangat menarik: luarnya panas, tapi dalamnya dingin. Diperkirakan es krim goreng melejit popularitasnya pada abad ke-20 di Amerika Utara dan Asia.

 

Makanan manis yang cara pembuatannya sebenarnya terbilang sederhana ini dulu biasa dibuat dengan mengambil satu sendok es krim yang sangat dingin dan terjaga suhunya. Kemudian diolesi dengan telur mentah agar menjadi lengket, dan setelah itu digulingkan ke dalam cornflakes atau remah-remah biskuit. Dan tentunya tidak lupa untuk digoreng dalam minyak panas dalam waktu sebentar.

 

Karena suhu es krim yang masih sangat dingin dan digoreng sebentar saja, maka es di dalamnya tidak akan meleleh. Setelah selesai digoreng, es krim goreng sederhana ditambahkan topping berupa kayu manis, gula atau sedikit sentuhan daun mint. Tapi topping yang paling umum adalah krim kocok, madu, atau coklat cair.

 

 

Baca Juga: Ketahui Lebih Lanjut Mengenai Mitos Es Krim!

 

 

Bahan-Bahan Es Krim Goreng Tempura Sederhana

 

 

 

Sekarang, kita mulai siapkan bahannya! Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapin untuk membuat es krim goreng tempura sederhana buatanmu sendiri:

 

– Es krim. Bisa apa saja sesuai seleramu, Diisi dengan es krim coklat, oreo, vanilla ataupun yang lebih otentik dan mengikuti tren khas Jepang seperti matcha. Kecuali kamu benar-benar suka stroberi, sebaiknya gunakan es krim selain stroberi untuk resep yang satu ini,

 

– 6 potong sponge cake,

 

Sementara untuk adonan, kamu sendiri akan memerlukan:

 

– 3 sendok makan air dingin,

 

– 30 gram tepung kue,

 

– Minyak untuk menggoreng,

 

– Buah stroberi dan saus stroberi, atau selai stroberi yang sudah sedikit diencerkan.

 

 

Tahap Membuat Es Krim Goreng Tempura Sendiri

 

 

 

Letakkan potongan-potongan sponge cake di atas plastic wrap. Kemudian letakkan 1 sendok es krim ke bagian atas kue. Gulunglah kue hingga menyelimuti es krim pilihanmua, entah itu oreo, coklat, atau rasa lainnya.

 

Setelah es krim sudah terbungkus rapat oleh kue, ikat yang erat ke dalam plastic wrap. Pastikan gulungan kue telah membungkus es krim dengan rapat di dalam plastik dan masukkan ke dalam freezer selama setidaknya 1 jam.

 

Jika sudah siap menggoreng, campurkan bahan-bahan untuk adonan. Cukup campurkan air dan tepung kue. Campur rata hingga tidak ada gumpalan. Panaskan minyak hingga 190 derajat Celcius atau 374 derajat Fahrenheit.

 

Celupkan dan lapisi gulungan es krim tadi dengan adonan. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. Biarkan gorengan mendinginkan diri selama beberapa detik. Belah dua, tuangkan sedikit saus stroberi yang kamu punya beserta potongan stroberi, dan sajikan es krim goreng ini segera selagi belum lumer!

 

 

Manfaat Stroberi pada Es Krim Goreng

 

 

 

Buah sehat mungil berwarna merah ini memiliki manfaat yang cukup penting untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu diantaranya yaitu banyak mengandung vitamin dan bisa berfungsi juga untuk masker perawatan kecantikan. Nah, yuk kita ulik sekilas mengenai manfaat stroberi!

 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi buah stroberi dapat mencegah terjadinya resiko penyakit yang menyerang bagian otak manusia, contohnya seperti alzheimer, demensia, dan Parkinson. Oleh karena itu, boleh saja memberikan buah ini secara teratur ketika anak masih dalam tahap pertumbuhan.

 

Stroberi disebutkan bisa mencegah anemia. Kandungan zat besi yang ada dalam stroberi dapat meningkatkan jumlah sel-sel darah merah dalam tubuh. Tentunya buah ini sangat cocok bagi kita yang selalu menjalankan aktivitas dengan jadwal padat.

 

Buah ini juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena stroberi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu stroberi juga bisa mencegah tekanan darah tinggi berkat kandungan potasium dan zat besinya, yang sangat berguna dalam menyeimbangkan serta menurunkan kadar tekanan darah tinggi.

 

Tidak cuma sehat bagi tubuh, tapi juga bagi kejiwaan seseorang! Menurut penelitian, buah satu ini bisa menjaga ketenangan hati. Jadi, kalau kita memakan stroberi, mood menjadi lebih tenang dan rileks. Semua karena stroberi dapat membantu melepaskan serotonin yang berperan dalam mengatur suasana hati seseorang. Tingkatkan suasana hati yang nyaman dengan seporsi es krim goreng tempura saus stroberi ini yuk!

 

 

Sumber: Youtube

Hello Comment 2Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori