Duh! Ternyata Kepala Desa yang Jadi Dalang Pembunuhan Salim Kancil

0
Duh! Ternyata Kepala Desa yang Jadi Dalang Pembunuhan Salim Kancil
0 (0%) 0 votes
Tersangka pembunuhan Salim Kancil

Setelah melakukan penyelidikan secara intensif dalam kasus pembunuhan dan pengeroyokan aktivis petani, Salim Kancil di Lumajang, Jawa Timur, akhirnya kepolisian berhasil mengungkap aktor intelektual dalam kasus tersebut. Siapa dia? Ternyata dalang pembunuhan itu adalah kepala desa setempat, yakni Desa Selok Awar-Awar di Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jatim.

 

Kepala Desa Selok Awar-Awar itu bernama Hariyono. Siapa yang menyangka, sebagai pemimpin dia malah merencanakan pembunuhan warganya sendiri, hanya gara-gara korban telah menolak tambang pasir ilegal yang mengeksploitasi kampungnya. Oleh karena itu, Polres Lumajang pun telah menetapkan Hariyono sebagai salah seorang tersangka. “Siang ini, Pak Hariyono kami tetapkan sebagai tersangka. Jadi sekarang ada 23 tersangka dalam pengungkapan kasus ini,” jelas Kepala Polres Lumajang AKBP Fadli Munzir Ismail, Kamis (01/10/2015), dilansir Detik.com.

 

Menurutnya, dalam penanganan terhadap Hariyono sebagai tersangka, ada dua berkas sekaligus yang diproses. Pertama, dia dijerat Pasal 338, 340, dan 170 KUHP tentang pembunuhan. Lalu, berkas kedua adalah dugaan sebagai aktor intelektual dari aksi kekerasan terhadap korban. Pasalnya, dia diduga memberikan fasilitas dan mempermudah terjadinya tindak kejahatan tersebut. Di hari yang sama pada sore harinya, semua tersangka pun telah dibawa ke Mapolda Jatim.

 

Selain itu, ditambahkan Munzir lagi, saat ini semua tambang pasir ilegal di wilayah Desa Selok Awar-Awar itu sudah ditutup dan diberi garis polisi. Menurutnya, pihaknya tidak akan memberikan toleransi bagi siapa saja yang masih terus menjalankan aktifitas tambang pasir itu secara liar. Sementara itu, dalam kasus ini, tidak hanya Salim Kancil yang menjadi korban. Salah seorang rekannya yang juga aktivis petani, bernama Tosan, juga ikut dikeroyok oleh para tersangka. Namun, untung saja dia tak sampai dibunuh. Hanya saja, saat ini Tosan mengalami luka parah.

 

Sumber: Detik.com

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori