Duh, Pencemaran Laut Bisa Merusak Garam Yang Bakal Kita Konsumsi!

Partikel plastik dalam garam ditemukan peneliti China akibat pencemaran laut.
0
Duh, Pencemaran Laut Bisa Merusak Garam Yang Bakal Kita Konsumsi!
0 (0%) 0 votes
09112015 Garam Tercemar

Pencemaran laut sepertinya masih sulit untuk diatasi. Bukannya membaik, kondisi laut semakin mengkhawatirkan dengan banyaknya pencemaran limbah plastik. Tak hanya di Indonesia, hal itu juga terjadi di Tiongkok. Bahkan sampai berdampak pada produk laut seperti garam.

Menurut East China Normal University di Shanghai, telah ditemukan partikel plastik dalam garam sebagai akibat dari polusi mikroplastik di air laut. Peneliti menganalisis 15 jenis merek garam dari beberapa supermarket yang ada di Tiongkok. Ternyata, bahan pembuatan botol plastik seperti polyethylene terephthalate, polyethylene, cellophane dan lainnya ada di sampel garam itu.

garam

Garam terbuat dari laut dan danau asin, sumur atau tambang. Ketika keduanya dibandingkan, ternyata kontaminasi terendah itu ada di garam yang berasal dari danau asin, sumur atau tambang yaitu sekitar 15 hingga 800 partikel per 454 gr garam. Mirisnya, garam dari laut memiliki jumlah tertinggi dengan 1200 partikel plastik per 454 gr garam.

Huahong Shi, pemimpin penelitan dan rekannya mengungungkapkan besarnya kontaminasi itu didapat dari sampah plastik yang banyak mengapung di laut. Tapi tetap tak menutup kemungkinan kalau hal itu bisa dari proses pengeringan atau pengemasan garam.

Peneliti polusi plastik, Sherri Mason mengungkapkan meski penelitian dilakukan di Tiongkok, bisa saja terjadi di Negara manapun karena plastik adalah kontaminan yang ada dimana-mana.

Waduh, ngeri juga ya kalau tertelan! Bagaimana menurutmu?

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori