4 + 1 Cara Membuat Donat Kentang Lucu Tanpa Ragi

Tanpa ragi, inilah cara membuat donat kentang lucu nan unik. Kentang pun bisa lho menjadi bahan utama dalam resep pembuatan donat yang enak dan empuk.
0
4 + 1 Cara Membuat Donat Kentang Lucu Tanpa Ragi
0 (0%) 0 votes
Donat Kentang

Salah satu kudapan yang dapat menjadi teman ketika minum tehmu adalah donat kentang. Makanan kecil ini sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan umur. Donat terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega, sangat sederhana, dan tentu saja sangat enak! Teksturnya yang lembut dan empuk membuat banyak penggemarnya. Donat kentang juga memiliki banyak rasa, karena bisa diberi taburan yang beraneka ragam di atas donat-donat ini.

 

Selain topping aneka rasa menjadi pelengkap kudapan manis ini seperti selai, jeli, krim, custard, berbagai taburan apa saja bisa kamu taruh di atas kue yang berbentuk bulat ini! Bahkan saat ini sudah ada inovasi baru dengan memberi isian / filling di dalamnya, berisikan selai, jeli, atau pun krim. Tentu saja makin menggiurkan saja si bulat empuk satu ini. Sangat mudah untuk dibuat dan lezat untuk dimakan. Ingin tahu kan bagaimana cara membuat donat dari kentang? Hello-Pet akan kasih kamu resep enak beserta tip dan triknya nih.

 

Donat Kentang Si Varian Baru

 

 

Donat kentang adalah salah satu varian baru dari donat yang biasanya menggunakan bahan dasar tepung terigu. Kentang rupanya tidak hanya dapat digunakan untuk membuat makanan ringan atau pun berat, tetapi juga cocok untuk bahan dasar kudapan manis! Donat jenis ini menggunakan kentang sebagai campuran bahan dasarnya sehingga ia pun memiliki tekstur yang lebih lembut. Inovasi ini tentunya menarik peminat para pembuat donat dan ukuran dari donat sendiri pun dapat disesuaikan agar lebih mudah untuk dimakan. Kentang sendiri merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, sehingga mengonsumsi donat kentang tentu dapat memberimu energi lebih untuk menjalankan kegiatan sehari-harimu.

 

Donat kentang adalah salah satu varian donat yang sudah mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia karena kelembutan dan keempukannya yang membuat banyak orang berminat untuk mencicipi mereka. Tidak hanya itu,ternyata bisa membuat donat tanpa ragi. Apakah rasa dan bentuknya akan sama? Kalau kamu rajin melihat sudah banyak sekali ritel donat yang berdiri di berbagai macam tempat, misalnya di mall, toko, mau pun gerai-gerai kecil di pinggir jalan. Bentuk donat kentang yang dijual memang lucu dan imut. Tetapi kamu sebenarnya bisa membuat donat kentangmu sendiri lho. Tunggu apa lagi? Ayo, coba buat donat yang berasal dari bahan dasar kentang! Hello-Pet temani kamu ya, jangan lupa nanti kirim ke kantor redaksi.

 

Bahan Pembuatan Donat Kentang

 

 

Nah, inilah bahan pembuatan donat kentang yang perlu kau siapkan terlebih dahulu. Untuk catatan, donat kentang ini tidak perlu menggunakan ragi mau pun oven lho, sehingga kamu tidak perlu khawatir bila tidak memiliki oven untuk membuat donat kentang. Cara membuatnya sangat mudah dan hasilnya pun sangat sebanding kelezatan dan keempukannya.

 

Inilah bahan-bahan yang harus kamu siapkan sebelum mulai memasak.
– 1 kg tepung terigu
– 1/4 kg gula pasir
– 1 kg kentang rebus yang sudah dihaluskan
– 4 butir telur ayam
– 2 bungkus Super GS Donat Spesial
– 1/4 kg mentega
– 1/4 Kg meises seres
– 1 sachet susu kental manis instan
– 500 mL minyak goreng

 

Setelah bahan pembuatan rotinya, kamu cek juga bahan pelengkap untuk donat kentang tanpa ragi ini. Topping di atas donat bisa berbagai macam isinya sehingga hiasan di bagian atas bisa berbagai macam bahannya. Bahkan diberi selai coklat, Nutella, dan parutan keju pun bisa lho.
– 100 gram dark cooking chocolate
– 2 sendok makan margarin
– Meses atau tepung gula secukupnya atau topping lain sesuai selera

 

 

 

Cara Pembuatan Donat Kentang Tanpa Ragi

 

 

Setelah menyiapkan bahan-bahan, saatnya untuk mempelajari cara pembuatan donat kentang tanpa ragi. Tenang saja karena caranya tidak sulit dan praktis! Hanya memperlukan sedikit waktu untuk membuat adonan donat yang lebih empuk dan tentu saja kamu tidak perlu khawatir akan bingung dalam proses pembuatannya nanti.
Pertama-tama masukan semua bahan donat kentang mini yang ada ke dalam wadah misalnya baskom dan setelahnya uleni bahan-bahan tersebut tanpa air. Setelah adonan jadi, campurkan adonan donat kentang tanpa air dan aduk sampai adonan tercampur rata. Pada proses ini, tekan-tekan adonan selama kurang lebih 15 menit sampai adonan tercampur merata, terasa halus, dan kalis. Bila sudah selesai, tutuplah adonan dengan kain basah pada bagian atasnya dan diamkan adonan donat kentang sampai mengembang selama kurang lebih 15 menit. Nah, Setelah adonan didiamkan, bentuk dan ukuran donat dapat disesuaikan dengan keinginan kita.

 

Buatlah bentuk bulatan menggunakan tangan lalu dipipihkan, kemudian lubangi bagian tengah adonan seperti bentuk gelang. Setelah selesai, diamkan adonan yang sudah dibentuk selama kurang lebih 30 menit sebelum nanti siap untuk digoreng. Adonan yang sudah mengembang kemudian dapat digoreng di penggorengan sampai akhirnya nanti warnanya menjadi kuning kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan donat tersebut. Donatmu siap untuk dihidangkan atau dihiasi lebih lanjut!

 

(Baca Juga: 4 Kreasi Sandwich Tanpa Roti yang Bisa Kamu Coba!)

 

 

Sentuhan Akhir Untuk Donat Kentang

 

 

Setelah roti donat matang, kau bisa mulai untuk memberi sentuhan akhir untuk donat kentangmu. Dalam keadaan hangat oleskanlah topping donat yang terbuat dari banyak bahan di permukaannya. Misalnya saja coklat cair, mentega, margarin, butter atau room butter, sesuai selera. Setelah itu, kamu dapat memberikan berbagai macam taburan topping, seperti meses, kacang almond, atau pun taburan parutan keju. Banyak sekali topping yang bisa kamu beri di atas donat tersebut sesuai seleramu. Krim dan buah-buahan pun kini menjadi salah satu pilihan untuk topping donat lho. Setelah selesai, donat kentangmu bisa disajikan.

 

Selain taburan keju mau pun meses, kamu juga bisa melapisi donatmu dengan berbagai macam krim berbeda rasa. Itulah yang membuat donat kentang unik selain cara pembuatannya yang dapat dilakukan tanpa oven. Belakangan ada juga inovasi di mana donat bisa diberi isian jeli mau pun selai di dalamnya lho. Banyak sekali hal yang dapat kamu inovasikan pada donat kentang buatanmu. Rasakanlah keempukan dan kenikmatan rasa kudapan ringan ini.

 

Donat Kentang Tanpa Telur

 

 

Ada satu tip tambahan dari Hello-Pet untuk kamu nih! Siapa yang bilang membuat donat tidak bisa tanpa menggunakan telur? Buktinya donat kentang ini bisa lho dibuat tanpa menggunakan telur. Namun dalam pembuatannya, masih diperlukan ragi yang nantinya akan dicampur dengan air putih dan gula pasir. 11 gram ragi instan dicampur dengan satu sendok teh gula pasir dan 150 mililiter air putih sampai larut dan muncul busa. Setelah itu kamu bisa memasukkan 500 gram tepung terigu, 250 gram kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan, dan 75 gram gula halus. Setelah semua bahan tercampur rata, masukkan 75 gram margarin ke sana dan diaduk hingga adonan terasa elastis dan tidak menempel di tangan. Diamkan selama 30 menit untuk mengembang.

 

Kalau sudah, kamu bisa mulai membuat bentuk bulat donat dari adonan tersebut. Diamkan di atas loyang untuk membiarkannya mengembang lagi. Goreng donat tersebut dalam sebuah wajan sampai berwarna coklat keemasan. Nah, donat kentang tanpa telurmu sudah siap dan bisa mulai dihiasi dengan taburan coklat mau pun gula halus! Mudah sekali kan? Mm, pasti akan ketagihan deh dengan kudapan manis buatanmu ini! Selamat mencoba dan berkreasi!

 

Kamu bisa mencoba donat kentang tanpa ragi ini untuk camilan berbuka puasa atau ketika hari raya tiba sebagai sajian kepada tamu yang berkunjung.

 

Sumber: majalahkuliner

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori