Dirgahayu RI Disambut Oleh Spanduk Berbentuk Unik Ini

Usia senja memang bukanlah penghalang bagi mereka yang ingin terus berkarya. Salah satu lansia asal Sukabumi pun berhasil menganyam spanduk untuk Dirgahayu RI.
0
Dirgahayu RI Disambut Oleh Spanduk Berbentuk Unik Ini
0 (0%) 0 votes
1514548BUD-3779-KompasCom-Spanduk-Anyaman-Kopi780x390

Harsudi Hartono, pria berusia 50 tahun, salah seorang warga Sukabumi, Jawa Barat, telah berhasil membuat sebuah kreasi unik dan menakjubkan. Sebuah spanduk yang terbuat dari anyaman bekas bungkus kopi instan telah sukses ia buat untuk menyambuh Dirgahayu RI ke-71.

 

Spanduk unik dan menarik ini memiliki ukuran panjang mencapai 9 meter dan lebar 1,5 meter, serta bertuliskan “Dirgahayu. RI. Ke. 71.”

 

Spanduk yang bertajuk peduli terhadap lingkungan ini rencananya akan dihadiahkan kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo.

 

Spanduk berbahan limbah kopi instan ini dibuat atas inisiatif Harsudi sendiri karena dirinya ingin ikut andil dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan bermodalkan keterampilan yang ia miliki.

 

Pria paruh baya yang sehari-harinya berprofesi sebagai tukang pijat refleksi ini mengatakan, “Alhamdulillah, saya terbiasa membuat beberapa produk dari anyaman bekas bungkus kopi dan akhirnya terpikirlah untuk membuat spanduk.”

 

Setiap malam Harsudi mengisi waktu luangnya sepulang dari memijat dengan menganyam kemasan bekas bungkus kopi agar keinginannya itu bisa terwujud. Kemasan plastik kopi tersebut ia dapatkan dari beberapa kenalannya serta beberapa warung kopi yang ia singgahi. Sebelum melakukan proses penganyaman, Harsudi pun memastikan setiap bungkus kopi bekas itu harus melewati proses pencucian hingga bersih. Wah, selain kreatif, Harsudi ternyata juga peduli dengan kebersihan ya?!

 

Seni keterampilan menganyam bungkus kopi bekas ini didapatkan secara otodidak sejak 30 tahun yang lalu. Pada awalnya Mas Dipo, nama sapaan akrab dari Harsudi, pernah menyulap kemasan rokok bekas menjadi sebuah asbak dan kerajinan tangan lainnya. Dan bahkan sebuah ucapan selamat datang saat pernikahannya pun ia buat dari bungkus kopi bekas.

 

Pada tahun 2015 yang lalu, Harsudi pernah membuat spanduk anyaman yang bertemakan ucapan HUT ke 100 kota Sukabumi. Kemudian spanduk tersebut diserahkan kepada Walikota Sukabumi yang bernama Mohamad Muraz.

 

“Kalau setiap harinya, saya juga sering membuat tas, dompet, tikar, gorden, dan kantong-kantong yang semuanya terbuat dari bekas kantong kopi,” kata dia.

 

Benar-benar kreatif Mas Dipo ini. Karya apa lagi ya yang bakal dibuat Mas Dipo?

 

sumber: kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori