Data BMKG Tunjukkan Gempa Jogja Berkekuatan 4,6 SR

0
Data BMKG Tunjukkan Gempa Jogja Berkekuatan 4,6 SR
0 (0%) 0 votes
gempa jogja

Selain Gempa Sorong, Yogyakarta juga merasakan gempa pada hari Jumat (25/9) kemarin sekitar pukul 20.34 WIB. Gempa tersebut dirasakan oleh masyarakat selama 2 hingga 3 detik. Gempa tersebut juga tidak memengaruhi aktivitas Gunung Merapi. Gunung tersebut masih bersatus aktif normal. Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa gempa yang dirasakan oleh warga Yogyakarta tersebut berkekuatan 4,6 SR.

 

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta I Gusti Made Agung Nandaka mengatakan gempa tersebut tidak sampai memengaruhi aktivitas gunung berapi paling aktif itu. Ia menambahkan bahwa kondisi gunung berapi tersebut masih landai dan tidak kelihatan terpengaruh.

 

I Gusti Made Agung Nandaka menyampaikan bahwa setelah gempa terjadi, data kegempaan dan visual tidak menunjukkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Merapi. Ia mengatakan agar masyarakat tidak perlu khawatir karena status gunung tersebut yang masih aktif normal.

 

 

Gempa yang melanda Yogyakarta tersebut membuat masyarakat panik dan keluar dari rumah. Melalui akun media sosialnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan bahwa pusat gempa berada di koordinat 7,95 Lintang Selatan dan 110,52 Bujur Timur. Episentrum gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di 12 KM barat laut Gunungkidul.

 

Gempa Jogja ini terjadi sehari setelah gempa yang mengguncang Sorong dan sekitarnya. Pada gempa Sorong sendiri terdapat beberapa orang yang mengalami luka-luka sedangkan gempa Jogja ini masih belum ada pernyataan mengenai korbannya baik yang meninggal maupun luka-luka.

 

Source: kompas.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori