3 Cara Mudah Reset iPhone Sendiri

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk me-reset iPhone sendiri tanpa harus pergi ke konter ponsel. Perhatikan caranya di bawah ini.
0
3 Cara Mudah Reset iPhone Sendiri
0 (0%) 0 votes
iphone

Di zaman modern seperti sekarang ini, alat komunikasi sepertinya sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan oleh semua umat manusia yang ada di bumi ini. Salah satu alat komunikasi yang saat ini sedang ngetren di kalangan anak muda adalah telepon pintar jenis iPhone. Yap, telepon pintar yang satu ini memang memiliki banyak kelebihan jika dibanding dengan jenis telepon pintar lainnya.

 

Salah satu kelebihan dari iPhone sendiri bisa dilihat dari stabilitas software yang dimilikinya. iOS merupakan sistem operasi dari iPhone dan memiliki kelebihan yang menjadi ciri khas dibanding dengan Android. Bahkan menjalankan iOS juga nyaris tidak ada istilah yang namanya lambat apalagi ngelag seperti yang banyak ditemui di telepon pintar jenis Android.

 

Selain itu, iPhone juga memiliki desain yang lebih baik dibanding dengan telepon pintar lainnya. iPhone hanya diproduksi dan selalu menjadi milik Apple saja. Beda dengan telepon pintar jenis Android yang produksinya dicampurtangankan oleh banyak vendor, sehingga tidak memiliki ciri khas tertentu yang membuatnya menjadi ikonik. Bisa kamu lihat desain iPhone itu dari generasi ke generasi tidak terlalu berubah secara radikal. Hanya saja dimensinya yang mulai mengikuti tren. Intinya secara konsisten, desain iPhone mampu menjadi lebih baik dari jajaran telepon pintar Android. Makanya, tak heran kalau saat ini iPhone menjadi idolanya para pengguna ponsel di seluruh dunia.

 

Tapi jangan salah, telepon pintar sekelas iPhone kadang juga bisa mengalami hang atau error lho. Nah, kalau kamu pernah mengalami hal seperti ini, jangan panik. Cara paling mudah untuk memperbaikinya adalah dengan me-reset iPhone kamu atau dikenal dengan Factory Reset. Fungsi dari reset iPhone ini sendiri untuk bisa mengembalikan seluruh pengaturan iPhone kembali ke saat kamu pertama kali membeli iPhone di Apple Store. Buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya reset iPhone, Hello-Pet akan memberitahukan bagaimana caranya. Tapi sebelum melangkah ke caranya, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa ada dua metode untuk me-reset iPhone kamu, pertama dengan hard reset dan yang kedua untuk soft reset. Simak baik-baik ulasannya berikut ini.

 

Baca juga: Bisakah Kamu Menebak Logo Apple Yang Paling Benar?

 

Hard Reset iPhone

 

iphone1
via cs.wikihow.com

 

Yang dimaksud dengan hard reset adalah mengembalikan seluruh pengaturan setting iPhone kamu ke bawaan pabrik. Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan, yang pertama kamu siapkan iPhone kamu untuk proses restorasi, yang kedua mengembalikan iPhone kamu, dan yang terakhir adalah memastikan untuk memulihkan iPhone kamu. Untuk ketiga tahapan tersebut akan kita bahas nanti ya. Dengan melakukan hard reset, maka iPhone kamu akan kembali ke bawaan pabrik seperti semula saat kamu membeli di Apple Store.

 

Baca juga: Duh, Payah! Komputer Apple 1 Seharga 2,6 M Terbuang!

 

Soft Reset iPhone

 

iphone2
via www.coolmuster.com

 

Nah, sementara untuk soft reset sendiri adalah melakukan reboot pada iPhone. Fungsinya untuk memperbaiki masalah seperti hang atau aplikasi yang tidak bisa ditutup dari iPhone kamu. Kamu tenang aja, karena soft reset tidak akan menghapus semua data yang ada di iPhone kamu kok. Lantas bagaimana caranya? Pertama-tama, kamu tekan tombol Home + Sleep secara bersamaan dan ditahan selama kurang lebih 10 detikan. Setelah itu, iPhone kamu secara otomatis akan restart ulang dan kembali muncul logo Apple. Selesai deh, kini iPhone kamu sudah bisa digunakan lagi.

 

Nah, sekarang balik lagi ke mode Hard Reset. Tadi sudah Hello-PET sebutkan bahwa ada 3 cara yang bisa kamu lakukan agar proses Hard Reset pada iPhone kamu bisa berjalan dengan lancar. Pertama, kamu harus siapkan iPhone kamu untuk proses restorasi alias back up semua data yang ada di iPhone kamu, kedua mengembalikan iPhone kamu atau mulai reset ke pengaturan pabrik dan terakhir memastikan untuk memulihkan iPhone kamu alias restore. Oke langsung aja kita bahas satu persatu yuk.

 

Baca juga: Bisakah Kamu Menebak Logo Apple Yang Paling Benar?

 

Back Up Data iPhone

 

iphone3
via www.iosdevicerecovery.info

 

Oke, kita bahas mulai dari back up data ya. Jadi sebelum kamu benar-benar reset iPhone kamu ke bawaan pabrik, sangat disarankan agar kamu terlebih dahulu mem-back up data-data yang ada di iPhone kamu. Tapi masih banyak pengguna iPhone yang belum tau cara back up data pada iPhone-nya. Makanya, Hello-PET akan memberitahukan bagaimana caranya untuk back up data pada iPhone.

 

Pertama-tama kamu klik menu iTunes yang terletak pada sisi kiri dari iTunes toolbar utama. Kemudian pilih periksa pembaruan dari menu drop-down yang dihasilkan. Pastikan juga kamu sudah memiliki versi terbaru dari iTunes ya. Tapi kalaupun kamu belum ada, kamu bisa mengunduh dan menginstal versi terbaru tersebut. Nah, kalau sudah kamu instal, langkah selanjutnya kamu harus menghubungkan iPhone kamu ke komputer lewat USB. Setelah itu klik tombol back up now yang warnanya abu-abu dan tunggu sampai proses back up data selesai. Perlu menjadi perhatian, pastikan perangkat kamu dalam kondisi sedang mengisi ulang dan terhubung ke Wi-Fi.

 

Baca juga: 4 Aplikasi Android Permainan Perempuan Gratis Untuk Anak dan Remaja

 

Reset iPhone ke Pengaturan Pabrik

 

iphone4
via carisinyal.com

 

Nah, kalau proses back up sudah selesai, kamu klik tombol restore deh. Sekarang kamu bisa melakukan reset ke factory setting alias kembali ke pengaturan pabrik. Tapi perlu kamu tau bahwa semua data kamu akan hilang, mulai dari foto, video, dan kontak. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk reset iPhone kamu ke pengaturan pabrik adalah yang pertama kamu buka menu setting, kemudian pilih general, lalu pilih reset, kemudian pilih erase all content and setting, dan yang terakhir klik erase iPhone. Oiya, di tahap ini, kamu juga akan diminta untuk melakukan konfirmasi penghapusan data seperti VPN, keyboard, dan pengaturan privasi. Saran Hello-PET, hapus saja semuanya termasuk saat diminta untuk melakukan konfirmasi penghapusan semua konten dan pengaturan.

 

Baca juga: Rilis Pokemon Go, Saham Nintendo Malah Turun

 

Restore iPhone

 

iphone5
via www.poderpda.com

 

Nah, kalau tahap satu dan dua sudah kamu jalankan, kini saatnya kamu mulai restore iPhone kamu. Ya anggap aja sekarang kamu punya iPhone baru ya. Jadi pada saat pertama kali kamu mulai mengaktifkan iPhone kamu, maka di situ akan ada opsi  kamu bisa melakukan restore. Nah, kamu bisa gunakan detail akun iCloud dan Apple ID kamu untuk mendukung proses restore tersebut. Tenang aja gak usah bingung, karena perangkat iPhone kamu akan memandu sampai tuntas kok.

 

Bagaimana, cukup mudah kan untuk melakukan reset iPhone sendiri? Jadi kamu tak perlu repot-repot untuk pergi ke konter untuk memperbaikinya. Selain tersita waktu, kamu juga akan mengeluarkan biaya yang tak sedikit lho kalau kamu bawa ke konter. Jadi, apa kamu mau coba?

 

Silahkan komentari artikel ini pada kolom di bawah. Jangan lupa juga untuk like and share artikel ini ya. Siapa tahu teman atau keluarga kamu sedang membutuhkan informasi seperti ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori