5 Cara Merawat Ponsel Dengan Cepat Dan Mudah

Merawat ponsel adalah keharusan bagi setiap pemiliknya, jika tidak ingin ponselnya itu bervirus atau cepat rusak. Kali ini Hello-Pet akan memberikan cara-caranya.
0
5 Cara Merawat Ponsel Dengan Cepat Dan Mudah
0 (0%) 0 votes
cara merawat ponsel yang mudah

Ponsel pertama yang ada jauh dari apa yang bisa kita gunakan sekarang ini. Namun tanpa adanya ponsel pertama tentu tidak akan ada teknologi yang sangat berguna bagi manusia untuk berkomunikasi sekarang ini. Martin Cooper merupakan penemu pertama dari sistem telepon genggam. Ia merupakan karyawan dari perusahaan Motorola. Ia menemukan ponsel pada tahun 1973. Ada juga yang mengatakan bahwa penemu telepon genggam bukan hanya Martin Cooper namun juga seluruh anggota tim dari divisi yang ada bersamanya. Tipe pertama dari ponsel adalah Dyna TAC. Ide dari tipe ini dicetuskan oleh Cooper agar alat tersebut bisa dibawa ke mana-mana dengan cara yang fleksibel.
Telepon genggam pertama memiliki berat hingga 2 Kg dan untuk memproduksinya dibutuhkan biaya setara dengan Rp90 juta. Berat dan biaya tersebut tentu sangat jauh berbeda dari sekarang ini. Namun bukan itu saja tantangannya. Justru tantangan terbesarnya adalah mengadaptasi infrastruktur terkait jaringannya. Martin Cooper bukan satu-satunya tokoh yang berperan. Ada juga tokoh lainnya yang berperan dalam mengembangkan teknologi handphone atau telepon genggam. Tokoh yang juga berjasa dalam perkembangan handphone adalah Amos Jpel Jr. Tokoh ini fokus pada sisi switching untuk ponsel menyambung dari tempat satu ke tempat lainnya sehingga pengguna ponsel bisa bergerak dari satu sel ke sel lain tanpa putus pembicaraannya. Selanjutnya ponsel terus berkembang baik dari ukurannya yang semakin kecil dan ringan maupun dari fitur-fiturnya yang semakin lengkap.
Fungsi utama dari ponsel adalah sebagai alat komunikasi melalui suara dan pesan singkat (SMS). Selanjutnya ponsel berfungsi untuk menangkap siaran radio, televisi. Juga dilengkapi dengan fungsi audio, kamera, video, game, serta layanan internet. Kini ponsel bahkan memiliki fungsi yang hampir sama dengan perangkat komputer. Namun pada intinya pengertian ponsel adalah sebagai sebuah alat telekomunikasi sehingga fungsi utamaya adalah untuk berkomunikasi baik melalui suara maupun pesan singkat.

 

 

 

Cara Merawat Ponsel Agar Tidak Cepat Rusak

 

 

 

 

– Jauhkan dari sinar matahari langsung
Ketika kamu menggunakan hp sebaiknya jangan dibuka secara langsung terkena sinar matahari hal ini akan mengakibatkan elemen-elemen dalam LCD akan cepat rusak, sebaiknya carilah tempat yang sejuh dan teduh ketika hendak membuka gawai anda.
– Jangan dimasukkan pada kantong celana
Memang sih menyimpan gadget pada kantong celana sangat simple dan praktis ketika kita bepergian. Namun jika smartphone anda dimasukkan ke celana lama-kelamaan akan ada gesesakan antara layar hp dengan kain pada celana anda dan ini akan membuat tuochscreen mudah rusak. Jika memang terpaksa sebaiknya gunakan pelindung layar sentuh yang banyak dijual dipasaran dengan harga yang relatif sesuai ukuran dan jenis hp yang digunakan.
– Potong kuku
Teknologi layar sentuh memang memiliki akurasi yang bisa berubah jika perawatan dan penggunaannya tidak sesuai seperti mengoperasikan dengan menggunakan kuku hal ini akan membuat layar cepat rusak, sebaiknya gunakan saja kulit jari tangan anda yang lembut ketika menggunakanya.
– Tekanannya jangan keras
Seperti halnya kita menggunakan hp biasa, ketika menggunakan layar sentuh sebaiknya jangan menekan terlalu keras karena akan merusak permukaan dan elemen kristal mudah pecah cukup tekan lembut saja niscaya aplikasi yang diinginkan akan dieksekusi dengan baik.
– Hindari dari magnet
Hal ini dilakukan agar layar sentuh pada gawai anda tetap awet dan aman. Jika dibiasakan mendekatkan dengan barang-barang yang mengadung magnet seperti radio dan televisi akan membuat layar sentuh gawai cepat rusak karena hal ini diakibatkan oleh paparan radiasi dari magnet tersebut.
– Bersihkan
Jika kamu telah mengetahui poin-poin dasar diatas dalam merawat ponsel layar sentuh, hal yang paling harus kamu lakukan secara teratur dan skala yang banyak adalah dengan menjaga kebersihan layar ponsel anda. Jika kotoran debu dibiasakan akan merusak sensor layar ponsel karena terhalang oleh kotoran yang menempel atau bahkan layar sentuhnya tidak akan sensitif lagi.

 

 

 

Cara Merawat Ponsel Agar Tidak Lemot

 

 

 

 

– Ketika membeli ponsel pastikan anda hanya menginstal aplikasi yang kira – kira akan anda butuhkan nantinya, karena percuma banyak aplikasi yang terinstal jika tidak digunakan karena hanya akan menambah beban gawai Android anda.

 

– Jangan membuka banyak aplikasi secara bersamaan hal ini selain akan berakibat buruk bagi system kerja ponsel Android anda, sehingga ponsel akan menjadi panas, bahkan bahayanya lagi kalau sampai terjadi kecelakaan seperti meledak ketika digunakan.

 

– jangan menggunakan atau mengoperasikan hp android anda ketika sedang dalam proses pengisian baterai, biarkan baterai terisi penuh baru digunakan. Bahayanya kalau ponsel digunakan sambil main game atau nelpon dikhawatirkan akan meledak juga. Disamping itu, baterai ponsel android anda akan cepat sekali ngedrop.

 

– Cara merawat ponsel android agar tidak lemot tidak memasang memory eksternal melebihi kapasitas yang diperbolehkan. Meskipun kelihatannya mampu menampung memory yang melebihi kapasitas yang telah ditentukan dari developer ponsel android anda akan sangat terbebani oleh system operasinya. pastikan memori sesuai dengan kemampuan ponsel android anda, jika hanya mampu 4 GB masukan memori 4 GB begitu seterusnya.

 

– Masukkan media yang support dengan ponsel android anda. Jika hanya bisa memutar video 3gp maka jangan dipaksa untuk memasukan video berformat lain semisal FLY dan lainnya. Karena meskipun bisa akan menjadikan ponsel android anda menjadi lemot.

 

-Jika ponsel android anda dibeli dalam keadaan bekas, pastikan anda melakukan instalasi ke pengaturan awal terlebih dahulu, agar semua aplikasi dan cara kerjanya kembali tampilan awal dari pengembang.

 

– Hati – hati jika ingin menghubungkan ponsel android anda dengan perangkat lain seperti laptop atau desktop. Pastikan laptop atau pc tidak terdapat virus, karena virus akan cepat merambat ke hp android anda dari laptop atau komputer. Jika ingin mengambil atau memindahkan data dari hp ke laptop sebaiknya menggunakan card reader dan jangan menggunakan kabel data, cara ini akan lebih aman. Kalaupun terkena virus hanya sebatas di memory card anda, dan pastikan setelah memasang memori ke laptop di-scan terlebih dahulu atau dibersihkan virusnya baru dimasukkan ke ponsel kembali.

 

 

 

Cara Merawat Ponsel Agar Lebih Tahan Lama

 

 

 

 

– Selalu gunakan charger dan kabel usb original bawaan ponsel Android tersebut. Yups, sebaiknya hindari menggunakan charger ataupun kabel usb non original yang kualitasnya tidak terjamin, Selalu gunakan charger dan kabel usb resmi sehingga kinerja hp Android kamu akan senantiasa terjaga. Karena seperti kita ketahui, meski sama-sama menggunakan micro usb, tidak semuanya memiliki memiliki output daya yang sama. Coba cek charger hp Android bawaan, pasti di sana tertera outputnya misalkan 5.2V = 1.2 A.

 

– Hindari mengisi handphone kamu semalaman. Sudah menjadi kebiasaan banyak orang selalu mencgisi baterai handphone saat akan tidur agar besok pagi sudah siap dipakai untuk aktivitas seharian dan tanpa disadari kita sudah mencas hp tersebut semalaman. Ini tentunya akan membuat baterai menjadi cepat rusak dan jangan heran bila baru beberapa bulan saja, kamu akan merasakan performa baterai yang cepat ngedrop alias cepat habis.

 

– Powerbank itu bagus, tapi terlalu sering menggunakan powerbank justru akan membuat handphone Android kamu menurun performanya terutama baterai. Sebaiknya hanya gunakan powerbank ketika dalam posisi darurat semisal saat dalam perjalanan, ketika mati lampu. Dalam kondisi normal sehari-hari di rumah, sebaiknya hindari menggunakan powerbank secara terus menerus.

 

– Lindungi ponsel Android kamu dengan softcase atau hardcase agar ketika mengalami benturan atau terjatuh akan sedikit terlindungi. Menggunakan hardcase memang akan membuat hp Android kamu menjadi lebih tebal dan besar digenggam, tapi demi keamanan tidak salahnya kamu sedikit mengorbankan kenyamanan dalam menggenggam ponsel.

 

– Dari sisi software atau perangkat ringan, selalu cek dan recheck aplikasi dan game yang berjalan di hp Android kamu, sebaiknya hindari menjalankan aplikasi Android secara bersamaan dalam waktu yang singkat, dan ada baiknya hapus aplikasi Android yang tidak pernah kamu pakai selain untuk menghemat ruang penyimpanan internal juga menjaga kinerja android tetap optimal.

 

 

 

Cara merawat Ponsel Agar Tetap Bersih

 

 

 

 

– Menggunakan Alkohol
Sebelum dibersihkan dengan alkohol, alangkah baik dan aman kalau ponsel dimatikan terlebih dahulu. Belilah alkohol di apotik bila tidak punya, selain itu siapkan tissue/kain halus. Tuangkan alkohol  pada tissue/kain secukupnya sampai tissue/kain itu basah. Kain yang sudah diberi alkohol usapkan pada seluruh bagian body. Saat menggunakan alkohol Anda harus hati-hati jangan sampai terkena layar, karena ada sebagian layar HP yang tidak peka dengan cairan alkohol.
Selain layar, pastikan tombol-tombol yang ada di HP Anda tidak masalah terkena alkohol
Tunggu sampai ponsel benar-benar kering baru Anda bisa menyalakan.

 

 

– Menggunakan Handwash
Cara ini juga sangat mudah, karena hanya siapkan sabun handwash atau sabun cuci tangan yang mengandung antiseptik. Tuangkan handwash pada tangan dan bilas dengan air. Tunggu hingga tangan dalam kondisi peralihan atau sedikit kering dan tidak terlalu basah. Setelah itu usapkan pada seluruh bagian body tapi tetap hati-hati jangan sampai cairan masuk pada HP dan terkena komponen HP, untuk menghindari korslet.

 

 

– Menggunakan minyak kayu putih
Ini adalah cara yang paling aman dari kedua cara di atas. Siapkan minyak kayu putih, kain halus, tissue atau kapas. Tuangkan minyak kayu putih pada kain secukupnya. Usapkan pada seluruh bagian ponsel. Lakukan cara ini secara rutin agar ponsel selalu terlihat bersih dan kinclong

 

 

 

Cara Merawat Ponsel Dengan Cepat

 

 

 

 

– Saat beli baru, pasti memiliki kardus, buku panduan serta kartu garansi dan lainnya. simpan dengan baik ini semua, pastinya suatu saat akan dibutuhkan.
– Jangan melakukan apapun yang dapat menyebabkan hilangnya garansi seperti, membuka mesin sendiri, segel rusak atau dengan sengaja dirusak dan lain sebagainya.
– Catat nomor IMEI dan nomor PIN Code atau PUK. Untuk berjaga-jaga bila suatu saat dibutuhkan.
– Hindari goncangan yang terlalu keras atau terlalu sering apalagi terbentur benda dengan keras atau jatuh.
– Bersihkan pin konektor yang ada di dalam HP misal membersikan konektor baterai, slot SIM card dan juga SIM card secara berkala, 3 bulan atau 6 bulan sekali. Bersihkan konektor dengan cotton-bud atau tisu. Jangan menggunakan cairan bila anda tidak berpengalaman.
– Hemat baterai dengan cara membuka aplikasi saat dibutuhkan saja dan tutup kembali bila sudah menggunakan aplikasi tersebut.
– Hindarkan LCD ponsel dari suhu panas dan dingin yang ekstrim serta LCD jangan sampai terkena tekanan berlebih.
– Jauhkan dari air, jangan sampai ponsel anda kemasukan air.
– Jangan melakukan bongkar pasang SIM terlalu sering, karena itu akan merusak slot SIM.

 

 

 

Tips-tips Merawat Ponsel

 

 

 

– Kunci selalu smartphone Anda dengan menggunakan kode sandi (password) untuk mengakses perangkat komunikasi Anda
– Tidak menyimpan data INFORMASI pribadi Anda d smartphone Anda
– Matikan layanan geo – location
– Aktifkan sistem proteksi password Anda
– Hapus foto – foto pribadi yang tidak ingin Anda sebarkan
– Hindari menginstal Aplikasi dari Pengembang yang tidak dikenal
– Cermati Aplikasi yang ingin Anda unduh dan instal
– Hindari masukkan data pribadi Anda saat mengklik sebuah link di E-mail
– Instal Aplikasi keamanan dan aktifkan program Ativirus di smartphone android Anda
– Matikan Aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi
– Kurangi Kecerahan layar smartphone Anda
– Matikan live Wallpaper di smartpjone Anda
– Gunakan Mobile Network seperlunya
– Gunakan baterai Smartphone Anda dalam keadaan full
– Chas 12 – 16 jam pada awal Anda membeli Smartphone Anda
– Matikan saat Anda ingin mengecas Smartphone Anda dan tunggu hingga penuh lalu lepas charger.

 

Sumber : http://www.cara82.com/  http://warungberita.com/

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori