4 Cara Menyetrika Kemeja Agar Kelihatan Seperti Baru Kembali

Siapa yang tidak ingin berpenampilan rapi dengan menggunakan kemeja? Pasti semua orang juga ingin berpenampilan rapi. Bagaimana caranya? Simak di sini.
0
4 Cara Menyetrika Kemeja Agar Kelihatan Seperti Baru Kembali
0 (0%) 0 votes
https://www.tokopedia.com/tokoonlinejempol/made-in-vietnam-alas-tatakan-sewaktu-setrika-baju-sifon-celana-monte

Bagi setiap orang pasti menginginkan bisa tampil keren dengan pakaian yang dipakainya. Siapa sih yang tidak mau berpenampilan keren. Tetapi terkadang apa yang kita inginkan tidak selalu sesuai dengan kenyataan.
Harus juga diperhatikan, pada saat kita ingin berpenampilan keren dapat juga diperhatikan dari bagaimana caranya kita dalam menyetrika pakaian tersebut. Oleh sebab itu, untuk kesempatan kali ini kami ingin membagikan cara-cara menyetrika pakaian yaitu kemeja . Karena jika kita salah menyetrikanya dapat membuat kemeja tersebut nampak jelek, kusut serta tidak menarik jika ada orang yang melihat. Untuk itu perlu anda ketahui cara menyetrika kemeja supaya kemeja yang anda punya tetap akan kelihatan seperti baru.
Untuk menyetrika kemeja tidak begitu sulit. Berikut ini Hello-PET akan memberikan cara-cara praktis yang bisa anda lakukan untuk menyetrika kemeja.

 

 

 

 

Cara Menyetrika Kemeja Flanel

 

 

– Pada saat kemeja flanel anda sudah kering, langkah selanjutnya yakni menyetrika kemeja tersebut.
– Jika kita ingin menyetrikanya cara yang paling baik adalah menyetrika kemeja flanel dengan posisi yang terbalik atau bisa dibilang upside down, yaitu sisi di dalam yang akan disetrika.
– Saat menyetrika anda dapat mengikuti jalur-jalur serat kain, yang terdapat pada kemeja dari atas hingga bawah, lalu lakukan juga pada sebaliknya. Jika anda menyetrika kemeja flanel seperti ini akan membuat kemeja flanel anda lebih rapi dari sebelumnya.

 

 

 

 

Cara Menyetrika Kemeja Lengan Panjang

 

 

 

 

– Langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan menyemprotkan kemejanya, lalu diamkan hingga beberapa menit supaya cairan tersebut dapat meresap ke serat-serat kemeja.
– Setrikalah dengan suhu yang relatif panas, pertama setrika pada bagian ujung tangan, yang biasanya terdapat kancing, anda dapat menggulung tangannya jika kemeja tangan panjangnya mau anda buat lebih pendek. Setrikalah pada bagian dalamnya sehingga bagian kancingnya tidak terkena panas setrikaan.

Keuntungan menggunakan papan setrikaan yang dilapisi handuk sebelum ditutup dengan kain pelapisnya yakni pada saat kita ingin menyetrika di bagian baliknya yang berkancing maka akan tetap menjadi rapi sebab benjolan pada kancing masuk ke bagian dalam handuk sehingga kita akan membuat permukaan kemeja yang rata.
– Kemudian setrikalah bagian lengannya.
– Lalu letakkan kemeja tersebut di papan setrikaan, setelah itu setrikalah bagian yang di bawah kerah.
– Setrikalah bagian depan kemeja dari arah dalam agar kancing kemeja tidak panas serta kantung kemeja dapat tersetrika dengan rapi.
– Setelah itu setrikalah sisi depannya, kemudian ke bagian punggung, jahitan yang terdapat disamping, serta juga bagian-bagian lainnya.
– Semprotlah bagian kerah dengan menggunakan semprotan baju, tarik lalu rapikan, kemudian disetrika. Lipatlah kerah, setrika lagi untuk bagian lipatannya.
– Gantung kemeja yang sudah rapi pada gantungan baju dan jangan lupa juga untuk mengancingkan kancing kemeja tersebut yang paling atas supaya tetap pada posisinya.

 

 

 

 

Cara Menyetrika Kemeja Dengan Cepat

 

 

– Keluarkan Pakaian
Pada saat pakaian-pakaian anda dikeluarkan dari pengering, kebaskan secara perlahan serta gantunglah pada gantungan baju. Jangan lupa untuk mengancingkan kemeja dimulai dari kancing pertama.

 

– Atur Suhu Setrika
Untuk cara ini anda harus memperhatikan label yang terdapat pada kemeja, karena dengan begitu, anda dapat mengetahui suhu setrikaan yang pas untuk kemeja anda tersebut. Apabila anda mempunyai kemeja dengan anti kusut, aturlah dengan suhu yang hangat. Anda juga perlu melihat pengaturan suhu yang terdapat pada setrikaan supaya anda dapat menggunakannya dengan aman.

 

 

– Siapkan Semprotan Pelicin Baju
Lalu anda juga dapat menyemprotkan pelicin pakaian secara perlahan pada kemeja yang masih tergantung kemudian lepaskanlah kemeja tersebut dari gantungan.

 

 

– Setrika Kerah
Setrikalah kerah pada kemeja terlebih dahulu serta tekan secara perlahan. Setrikalah dimulai dari bagian depan hingga ke belakang, lakukan juga hal yang sama di bagian belakang kerahnya.

 

 

– Tekan di Bagian Bahu
Setelah anda menyetrikanya pada bagian kerah, langkah selanjutnya adalah dengan memposisikan kemeja di bagian pundak pada ujung meja setrikaan. Setrikalah dari sisi kerah hingga ke pundak, lakukan juga pada sebaliknya.

 

 

– Tekan di Bagian Manset
Pada kemeja yang berlengan panjang, tekanlah pada bagian manset yang keras, sama dengan cara anda menekan pada bagian kerah. kemudian setrikalah sisinya.

 

 

– Perhatikan Garis Jahitan
Setrikalah pada bagian lengan di mulai dari jahitan yang paling bawah, lalu tekan dengan perlahan serta lakukan hal yang sama juga pada lengan yang lainnya. Tetapi anda harus memperhatikan garis-garis jahitan supaya lengannya tampak licin pada saat dipakai.

 

 

– Letak Kemeja
Posisikanlah sisi kemeja dengan cara membiarkannya terjuntai ke bawah, setrika juga secara perlahan di mulai dari bawah hingga ke bagian atas kerah. Tetapi tidak boleh terlalu ditekan, kemudian lakukan juga hal yang sama pada bagian sisi dalam kemeja.

 

 

– Posisi Belakang
Pada menyetrika bagian belakang merupakan suatu hal yang cukup mudah untuk anda lakukan, lalu setrikalah dimulai dari bagian bawah hingga ke arah atas kemeja.

 

 

– Tepian Belakang
Setrikalah pada baian tepian belakang kemeja kemudian tekan.

 

 

– Tepian kancing
Langkah selanjutnya yaitu dengan memposisikan kemeja ke arah horizontal, serta janganlah menyetrikanya searah dengan jahitan tepian kancing.

 

 

– Kancingkan
Kancinglah di mulai dari yang paling bawah dan juga tengah. Kemudian gantungkan di gantungan.

 

 

 

 

Cara Menyetrika Kemeja Dengan Benar

 

 

 

 

– Mulailah dengan menyetrika di bagian kerah dulu. Lalu tekan setrikaan secara perlahan. Lakukan juga cara yang sama di bagian belakang kerah. Lakukan seperti itu seterusnya hingga kerah terlihat rapi. Dan jangan lupa juga untuk menyemprotkan sebuah cairan pelicin seperlunya saja sebelum memulai menyetrika pada bagian kemeja tertentu.

 

 

– Selanjutnya, setrikalah bagian manset yakni bagian keras yang terdapat pada ujung lengan kemeja panjang. Tapi sebelum itu, yang perlu anda ingat yaitu melepas kancingnya.

 

 

– Hindarilah untuk menyetrika pada bagian kancing kemeja karena dapat membuat kemeja anda bernoda. Dalam melakukan langkah ini sama halnya pada saat menyetrika di bagian kerah.

 

 

– Kemudian, letakkanlah bagian depan kemeja serta setrikalah secara perlahan. Lalu mulailah menyetrika dimulai dari sela-sela kancing kemeja. Dimulai dari atas yaitu pada bagian bahu lalu turun hingga ke bawah. Lakukanlah gerakan itu secara terus menerus hingga permukaan kemeja terlihat halus.

 

 

– Langkah selanjutnya yaitu menyetrika di bagian punggung. Anda dapat menekan permukaan kain dengan sedikit kuat serta lakukan gerakan menurun di mulai dari bahu hingga ke bawah. Lakukan beberapa kali hingga kemeja licin.

 

 

– Untuk langkah selanjutnya ini juga sangat menentukan kerapian anda dalam menyetrika. Tempatkanlah lengan kemeja dengan papan setrikaan secara pas. Dan pastikan juga lipatan lengannya tepat di jahitannya untuk dapat menghindari lipatan ganda setelah kita setrika.

 

 

– Mulailah untuk menyetrika dari ujung atas lengan lalu menurun hingga ke manset. Dan jangan lupa untuk menyetrika ke bagian baliknya. Begitulah seterusnya hingga kemeja licin.

 

 

– Kemudian setelah semua bagian yang disetrika telah selesai dengan sempurna, gantunglah kemeja anda tersebut di hanger dan di tempatkan pada tempat yang aman dan tepat.

 

 

 

 

Tips-tips Merawat Kemeja

 

 

 

Kemeja anda menjadi cepat rusak sebab kebanyakan dari kita tidak mengerti cara untuk merawat kemeja tersebut agar lebih awet serta selalu tampak baru. Hal yang paling mendasar untuk merawat kemeja yaitu dengan mengetahui jenis kainnya. Pada setiap jenis kain pasti membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Lalu perhatikan juga label cara mencuci serta menyetrika yang umumnya terdapat pada bagian dalam baju.
Tahap-tahap perawatan kemeja ini sebaiknya anda selalu diperhatikan agar kemeja yang anda punya tetap awet serta selalu kelihatan seperti baru.

 

 

– Tahap mencuci
Mencuci merupakan suatu proses yang paling awal untuk merawat kemeja anda. Dengan berbeda jenis kain, maka berbeda juga cara mencucinya. Umumnya pada label pakaian sudah terdapat bagaimana seharusnya kemeja tersebut dicuci, lalu apakah airnya memakai air yang biasa, air hangat atau mungkin tidak boleh untuk memakai air sama sekali, yang berarti anda harus membawanya ke jasa cuci dry cleaning.

 

 

Langkah selanjutnya yaitu dengan memisahkan kemeja putih dengan yang berwarna, tingkat kekotorannya, serta juga jenis bahannya sebab ada banyak jenis kemeja yang tidak boleh untuk dicuci dengan memakai mesin cuci. Kemudian anda juga harus memperhatikan dalam menggunakan deterjen maupun sabun cuci. Makanya, pilihlah deterjen yang aman untuk kulit anda. Lalu pada akhir pencucian, gunakanlah pelembut pakaian supaya kemeja-kemaja anda harum serta lembut.

 

 

– Tahap menjemur
Pada saat menjemur kemeja sebaiknya anda memakai hanger, ini agar bentuk kemejanya tetap bagus. Kecuali pada pakaian yang terbuat dari bahan kaus, karena jika menggunakan hanger dapat membuat melar pada bagian leher. Kemudian jemurlah kemeja dalam keadaan yang terbalik, lalu bagian dalamnya yang di luar. Hal tersebut untuk dapat mencegah warna kemejanya menjadi cepat pudar karena terkena sinar matahari.

 

 

– Tahap menyetrika
Kemeja yang mau disetrika itu harus benar-benar dalam kondisi yang kering, agar tidak menyebabkan bau apek. Lalu cairan pelicin pakaiannya juga dapat dipakai asal tidak dapat merusak bahan pakaian. Atur juga suhu setrikaan sehingga tidak akan membuat kemeja anda menjadi rusak.

 

 

– Tahap penyimpanan
Simpanlah kemeja yang sudah rapi serta wangi tersebut ke dalam lemari pakaian yang tertutup agar tidak terkena debu serta kotoran. Gunakan juga pewangi pakaian yang dapat digantung pada dalam lemari atau bisa juga menggunakan kamper.

 

 

– Cara pemakaian
Pakaian yang khusus serta mahal sebaiknya jangan terlalu sering dipakai. Dan juga pakaian yang sering anda pakai pada saat beraktivitas untuk di luar rumah juga sebaiknya jangan digunakan terlalu sering apalagi kalau sampai dibawa untuk tidur. Lalu sesuaikan juga pemakaiannya dengan kebutuhan serta tempatnya.

 

 

 

 

Perbedaan Kemeja Pria Dan Wanita

 

Pernahkah anda memperhatikan perbedaan antara kemeja pria dan juga wanita?
Perbedaannya terdapat pada kancingnya.

 

Kancing pada wanita umumnya terdapat pada sisi kiri baju, sedangkan untuk kancing pria pada sisi kanan dari baju. Ada beberapa teori yang menjelaskan kenapa perbedaan ini terjadi. Teori yang pertama menyatakan jika perbedaan ini terjadi di saat masa-masa Renaissance dan victorian di daerah eropa. Karena pada masa itu, semua wanita-wanita bangsawan lebih sering dibantu pada saat memakai baju oleh pembantunya. Oleh karena itu, penempatan posisi ini bertujuan supaya mereka bisa dengan lebih mudah membantu para majikan mereka untuk dapat mengancingkan bajunya. Sedangkan untuk pria lebih sering memakai bajunya sendiri makanya posisi kancing mereka berada di posisi sebaliknya.

 

 

Teori kedua menyatakan jika seorang wanita menyusui bayi merupakan alasannya. Karena wanita lebih sering untuk menggendong bayi pada sebelah kiri. Makanya, dengan posisi kancing yang seperti digunakan wanita akan dapat memudahkan mereka untuk dapat menyusui serta tetap bisa membuat tangan mereka aktif untuk bergerak.

 

 

Sebenarnya masih banyak lagi teori yang lainnya dan berkembang tentang perbedaan ini, tetapi sepertinya dua teori inilah yang mungkin masuk akal untuk kita percayai.

 

 

Sumber : http://tipscowok.blogspot.co.id/ http://id.wikihow.com/

Hello Comment 1Sort by


user jasa pe...
2018/01/09 20:58

Thanks.|

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori