4 Cara Mudah Menyetrika Baju Cepat Dan Rapi

Anda kesulitan pada saat menyetrika baju? Mungkin salah satu cara ini bisa anda praktikkan di rumah agar anda dapat menyetrika baju dengan mudah & lebih rapi.
0
4 Cara Mudah Menyetrika Baju Cepat Dan Rapi
2 (40%) 1 votes
Cara-cara menyetrika baju dengan benar

Untuk mencuci, menjemur, serta menyetrika memang suatu aktivitas yang sangat memakan waktu. Tetapi aktivitas ini tetap harus dilakukan, bukan? Hal menjengkelkan yaitu saat waktu kita sudah banyak terbuang untuk melakukan pekerjaan itu, tetapi hasil yang didapat terkadang tidak seperti yang kita harapkan dan pakaian itu tetap saja kusut.

 

 

Menyetrika merupakan suatu proses yang bisa dibilang cukup mudah, walaupun akan nampak sedikit sulit bila anda tidak pernah melakukannya. Pada saat ingin menyetrika, yang harus anda lakukan pertama kali adalah menyortir pakaian. Lakukanlah kegiatan menyetrika tersebut dengan aman dan anda juga harus berhati-hati ketika memakai setrika. Untuk itu Hello-PET akan membagikan cara-cara yang bisa anda lakukan pada saat ingin menyetrika baju agar nampak rapi seperti baru.

 

 

 

 

Cara Menyetrika Baju Kusut

 

 

– Baca label

 

Yang paling utama yang harus anda lakukan adalah membaca label yang terdapat pada setiap pakaian. Lalu lihat juga jenis kain serta suhu yang diperbolehkan untuk dapat menyetrika bahan tersebut. Biasanya pada kain sintetis itu memerlukan suhu panas yang relatif rendah. Sedangkan untuk kain wol serta kain sutra biasanya memerlukan suhu panas yang relatif sedang, beda lagi dengan bahan katun dan juga linen yang memerlukan suhu panas yang relatif tinggi.

 

 

– Arah setrika

 

Pada saat anda ingin menyetrika pakaian, gerakan-gerakan yang harus anda lakukan ialah ke atas dan juga ke bawah. Dan jangan menyetrika pakaian dengan gerakan melingkar maupun zigzag karena bisa membuat baju tersebut menjadi melar serta rusak.

 

 

– Menyetrika bagian jahitan

Pada waktu menyetrika pada bagian yang jahitan atau garis pakaian taruhlah setrika di atasnya. Lalu ikutilah garisnya agar dapat menghindari jahitan menjadi terbuka.

 

 

– Menggunakan setrika uap

Apabila anda memakai setrika uap, perhatikanlah hal-hal berikut ini. Yaitu bahan-bahan yang memerlukan suhu relatif rendah, aturlah suhu tersebut di temperatur yang rendah lalu angkat setrikanya lima bahkan hingga tujuh cm dari kain. Dan untuk bahan-bahan yang memerlukan suhu relatif tinggi, aturlah uap pada temperatur yang tinggi serta tahan gosokannya sekitar kurang lebih 15 -20 cm dari kain tersebut.

 

 

– Diamkan pakaian
Apabila pakaian telah selesai disetrika, biarkanlah pakaian tersebut hingga dingin di papan setrika maupun digantungkan selama kurang lebih 5 menit. Dan jangan langsung digunakan pada saat pakaian masih panas supaya pakaian tersebut tidak mudah kusut.

 

 

– Baju dengan detail rumit

Dan untuk menyetrika pakaian wanita yang biasanya terbuat dari bahan-bahan yang rumit misalnya kebaya ataupun gaun, Anda dapat memakai setrika uap. Tetapi apabila anda ingin melihat pakaian tersebut lebih awet serta aman, Anda bisa memakai jasa laundry daripada nantinya hasil yang anda dapatkan mengecewakan.

 

 

 

 

Cara Menyetrika Baju Bahan Katun

 

 

Agar hasil dari menyetrika celana ataupun baju dari bahan katun ini lebih baik walaupun dengan menggunakan setrika listrik dan bukan menggunakan setrika uap, anda dapat melakukan beberapa hal yang sederhana ini.

 

– Yang pertama siapkanlah kain lap yang tipis serta bersih dan air di dalam wadah. Kemudian jangan lupa juga untuk menyiapkan alat setrika serta pakaian-pakaian yang akan disetrika.
– Cara untuk menyetrikanya yaitu dengan menghindari setrikanya langsung menempal pada pakaian dengan bahan katun tersebut. Yakni dengan cara lap yang telah ada tadi dicelupkan pada air kemudian peras.
– Kemudian hamparkan kain yang masih basah tadi dengan kain yang akan anda setrika. Setelah itu setrikakan kain itu dengan kain yang ingin kita setrika tersebut. Dengan cara ini walaupun setrikaan masih dalam suhu yang sangat panas, maka akan terlebih dulu tertahan oleh kain basahnya.
– Dan hasilnya, pakaian yang anda setrika akan lebih terlihat rapi. Lalu pada ujung celana maupun lengan juga akan tampak terlihat lebih lancip.

 

 

 

 

 

Cara Menyetrika Baju Dengan Benar

 

– Gunakan pelembut pakaian

 

Pada saat anda menyetrika pakaian dengan memakai pelembut pakaian, mungkin akan membuat pakaian terlihat semakin mudah disetrika serta lebih halus dibandingkan dengan menyetrika pakaian tanpa menggunakan pelembut. Oleh karena itu dengan menggunakan pelembut pakaian saat menyetrika, pekerjaan kita akan lebih cepat selesai sehingga mendapatkan waktu yang relatif singkat.

 

 

– Setrika pakaian yang tipis dan ringan terlebih dahulu

Waktu kita hendak menyetrika pakaian yang lebih tipis maupun lebih ringan sebenarnya itu lebih mudah daripada kita menyetrika pakaian yang lebih tebal maupun yang berbahan permak atau jeans. Jika kita mengutamakan pakaian-pakaian yang lebih ringan terlebih dahulu maka pekerjaan kita dalam menyetrika akan terasa semakin cepat selesai dan kita juga tidak akan memakan waktu yang lebih lama pada saat menyetrika pakaian.

 

 

– Pakaian tebal disetrika terakhir

Untuk pakaian yang lebih tebal umumnya harus punya kemampuan sendiri serta harus mempunyai tenaga untuk dapat menyetrikanya agar nampak lebih bagus serta rapi. Apabila pakaian-pakaian yang lebih tebal disetrika pada waktu yang lebih awal maupun pada pertengahan pasti akan memakan banyak waktu serta juga tenaga kita, sehingga hasil pekerjaan kita pun menjadi kurang maksimal.

 

 

Selain itu, pakaian-pakaian yang umumnya berbahan kain tebal akan membutuhkan tingkat suhu panas yang lebih tinggi untuk dapat menghasilkan pekerjaan menyetrika yang rapi, apabila kita menyetrikanya tidak dibagian akhir maka akan membuat repot untuk mengatur suhu panas setrika tiap saat yang pada akhirnya akan berujung pada kelalaian karena bisa saja kita menggunakan suhu yang tinggi pada pakaian yang tipis.

 

 

– Gunakan panas setrika  standar

Selain dapat menghemat pemakaian biaya listrik, dengan memakai panas setrika standar akan membuat kita jauh lebih aman daripada kita harus memakai panas dalam suhu yang tinggi. Walaupun menyetrika akan cepat rapi tetapi banyak hal yang mungkin dapat terjadi contohnya pada saat menyetrika kaos yang lebih tipis dengan suhu panas yang relatif tinggi yang pasti dapat merusak pakaian anda.

 

 

Oleh karena itu memakai setrika dengan suhu panas yang berlebihan akan berdampak yang tidak baik nantinya. Makanya lebih baik jika kita menggunakan suhu panas yang standar saja sebab panasnya akan tetap stabil.

 

 

– Setrika sesuai lipatan pakaian

Ini merupakan teknik yang harus diperhatikan pada saat anda akan menyetrika pakaian. Pada suatu cara menyetrika akan dapat membuat lekukan-lekukan tersendiri yang sebenarnya tidak pernah kita harapkan pada pakaian kita. Ini dapat membuat pakaian yang kita setrika menjadi tidak rapi. Sebaiknya anda lebih memperhatikan lekukan pakaian anda sebelum menyetrikanya agar hasil setrikaan lebih terlihat rapi dan juga bagus.

 

 

– Lipat pakaian dengan rapi

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu melipat pakaian anda dengan rapi. Kemudian menyetrika keseluruhan bagian pakaian, dan usahakan juga untuk dapat melipat pakaian sesuai dengan lekukan-lekukan yang tepat agar lebih terkesan rapi sehingga pada saat dikemas akan terlihat lebih rapi serta tentunya anda tidak akan memakan banyak tempat untuk mengemas hasil pekerjaan anda tersebut.

 

 

– Setrika ulang lipatan atas dan bawah

Kemudian setelah semua pakaian selesai maka pada saat sebelum mengemas semua hasil cucian anda, alangkah baiknya jika anda menyetrika ulang lipatan-lipatan atas serta bawah agar nampak lebih rapi, ringkas serta tidak mudah pudar lipatan setrikaannya. Karena pada saat menyetrika ulang maka hasil cucian akan lebih mudah dalam membantu mengemas pakaian yang dapat digolongkan ke dalam pakaian ringan maupun pakaian yang tebal. Selain itu, anda juga dapat menghemat tempat untuk mengemas semua pakaian sehingga anda tidak terlalu repot jika harus menggunakan banyak tempat yang biasanya anda gunakan.

 

 

 

 

Cara Menyetrika Baju Dengan Cepat

 

 

– Sebelum anda mulai menyetrika sebaiknya kenali dulu jenis kain yang akan anda setrika. Hal ini untuk mempermudah anda dalam menentukan tingkat suhu panas setrika yang akan anda gunakan. Untuk itu bacalah terlebih dahulu petunjuk penggunaan pada setrika. Untuk dapat mengetahui jenis kain dan juga menentukan jenis setrikaan apa yang bisa digunakan, apakah itu harus menggunkan setrika uap atau setrika biasa.
– Aturlah tingkat kepanasan serta kenali jenis setrika anda. Umumnya ada 3 level di setrikaan tersebut yakni low, medium dan high.
– Agar kita dapat menyetrika baju dengan lebih cepat, letakkan terlebih dahulu baju di atas meja setrikaan, hingga terlihat rapi. Lalu anda dapat menyetrikanya dengan hati-hati apalagi pada bagian yang diharuskan lancip seperti pada bagian lengan dan juga kerah.
– Perhatikan juga untuk kain tertentu, hanya boleh disetrika pada bagian dalamnya saja dengan cara dibalik. Misalnya kain jeans dan juga kain sejenisnya.
– Gunakan juga pelicin secukupnya, jangan sampai menggunakannya terlalu banyak karena itu akan membuat warna kain cepat memudar.
– Kemudian lipatlah pakaian yang telah selesai disetrika. Atau bisa juga anda gantung sesuai selera anda.

 

 

 

 

Tips-tips Menyetrika Dan Melipat Pakaian

 

 

– Kemeja
Pada saat menyetrika kemeja memang bisa dibilang gampang tapi sedikit susah. Pertama anda harus menyemprotkannya dengan cairan pelicin pakaian, kemudian setrikalah dimulai dari bagian ujung tangan lalu dengan menyetrika lengannya. menyetrika kemeja untuk bagian depan dimulai dari arah dalam sehingga tidak membuat kancingnya panas. Lalu lipatlah kerah serta setrikalah lagi pada bagian lipatannya. Langkah terakhir gantunglah baju yang sudah rapi tersebut dengan mengancingkan kancing atas agar tetap pada posisinya.

 

 

 

– Lengan panjang
Untuk pakaian dengan lengan yang panjang, setrikalah terlebih dahulu bagian depan serta belakang lengannya. Lalu setrika juga bagian belakang pakaiannya. Ketika hendak melipatnya, lipatlah terlebih dahulu lengannya lalu setelah itu lipat secara horizontal maupun mendatar, kemudian rapikan. Setelah itu yang harus anda lakukan yaitu baliklah pakaian, serta lipat lagi hingga menjadi lipatan-lipatan yang lebih kecil.

 

 

 

– Kaus
Pada saat menyetrika kaus, harus dimulai dari bagian belakang yang paling utama pada kaus yang terdapat sablonannya. Karena ini bertujuan agar sablonan tersebut tetap awet, tidak rusak maupun luntur karena terkena suhu yang panas. Kemudian jika pada bagian belakang sudah rapi, mulailah untuk melipat pakaiannya. Untuk bagian kaus yang berlengan pendek, cara melipatnya cukup mudah. Yaitu dengan cara melipat dua bagian lengannya. Kemudian lakukan juga pada sisi yang lain. Lalu lipat bagian badannya. Setrika lagi kemudian balik serta setrika bagian yang belum terlihat rapi.

 

 

 

– Sweater bertudung (hoodie)
Untuk sweater berbahan dasar wol anda dapat menyetrikanya dengan menggunakan setrika uap atau bisa juga menggunakan setrika biasa dengan suhu yang rendah. Sweater tidak boleh digantung, cukup anda lipat saja.

 

 

Untuk yang utama lipatlah bagian topinya ke arah belakang lalu kemudian lengannya. Setelah itu lipat bagian pinggir kanan serta kirinya sedikit. Lipatlah menjadi dua bagian. Sementara itu, untuk sweater tebal dengan bahan rajutan dapat kamu lipat biasa tanpa takut membuatnya kusut.

 

 

 

– Celana
Untuk dapat menyetrika celana, lipatlah terlebih dahulu lubang kaki pada bagian yang ada jahitannya. Kemudian satukan bagian yang mempunyai jahitan. Lalu rapikan untuk bagian bawahnya, setelah itu mulailah untuk menyetrikanya. Kemudian setelah semua bagian telah disetrika, lipatlah celananya dari bagian bawah, menjadi 3 lipatan.

 

 

 

– Kaus kaki
Jika untuk kaus kaki anda hanya perlu melipatnya dan tidak perlu disetrika. Serta jangan pernah anda menggulung-gulung kaus kaki berbentuk seperti bola karena bisa membuat bahan mengendur. Maka dari itu letakkanlah kedua kaus kaki secara bersamaan kemudian lipat setengahnya.

 

 

Sumber : http://www.tribunnews.com/ http://lipat.co.id/

Hello Comment 2Sort by


user akibat ...
2017/06/19 21:23

terima kasih telah berbagi berita Pak, betah sekali membaca tulisan-tulisan disini, jadi tambah wawasan.. semoga yang mengeleloa blog ini selalu di berikan kesehatan..

user Gwenda ...
2017/04/11 17:03

Just want to say your article is as astonishing.The clarity in your post is simply great and i can assume you’re an expert on this subject.

Fine with your permission allow me to grab your RSS feed to keep updated with forthcoming post.Thanks a million and please carry on the enjoyable work.

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori