Cara Mencuci Dan Tips Merawat Gorden Agar Seperti Baru Kembali

Mencuci gorden memang harus kita lakukan agar gorden bersih dan tampak lebih cantik. Untuk itu anda harus tahu cara-cara yang benar, bukan? Yuk simak di sini!
0
Cara Mencuci Dan Tips Merawat Gorden Agar Seperti Baru Kembali
0 (0%) 0 votes
http://jualgordentangerang.blogspot.co.id/2016/05/jual-gorden-murah-tangerang-cara.html

Gorden mempunyai suatu peran yang sangat penting bagi rumah kita. Selain melindungi rumah dari panas dan juga debu, ternyata gorden juga dapat menambah kecantikan tampilan rumah anda. Tetapi, dalam hal kebersihan gorden kerap kali dilupakan sampai berbulan-bulan, bahkan hingga bertahun-tahun lamanya. Dapat anda bayangkan bagaimana kotornya gorden apabila anda tidak rajin untuk mencucinya.

 

 
Agar rumah anda semakin nyaman, bersih, wangi, dan juga higenis, cucilah gorden anda paling tidak dalam sebulan sekali. Anda tidak perlu khawatir untuk cara membersihkannya karena berikut ini Hello-Pet akan membagikan cara-cara yang sangat ampuh untuk mencuci gorden anda, agar dapat bersih bersinar seperti baru kembali.

 

 

 

 

Cara Mencuci Gorden Jaring

 

– Pertama turunkanlah batang gorden yang terdapat di dinding dan juga lepaskan gorden jaring pada salah satu sisi di batang gorden.

– Kemudian tuangkan air hangat ke dalam ember yang sudah anda sediakan untuk dapat dipakai pada saat merendam. Anda sangat membutuhkan air yang relatif banyak supaya gorden jaring tersebut dapat terendam semuanya.

– Jangan lupa untuk menambahkan 250 ml cuka di dalam ember tadi. Hal ini berguna untuk menciptakan rendaman cuka pada gorden jaring. Apabila bau pada cuka mengganggu anda, maka anda dapat menambahkan satu ataupun dua sendok makan perasan lemon untuk dapat menyegarkan bau cuka. Selain itu perasan lemon juga dapat membantu membersihkan gorden.

– Rendamlah gorden jaring tersebut selama kurang lebih satu jam atau bisa juga selama semalaman supaya terendam semuanya. Hal ini dapat menghilangkan debu serta kotoran dan juga dapat menghilangkan bau yang terdapat pada gorden.

– Sebelum itu, buatlah pasta dengan memakai 4 sendok makan baking soda serta 62 ml air. Ambillah pasta ini dan letakkan pada gorden lalu gosokkan pada noda. Jika anda sudah membubuhkan soda kue di noda, campurkan sedikit saja cuka tetapi jangan dilarutkan pada noda.

– Apabila gordennya sudah bersih dari kotoran, debu, dan juga noda pada langkah-langkah yang tadi, sekarang waktunya anda dapat mencuci gordennya. Untuk sebagian besar gorden dapat anda cuci dengan menggunakan mesin cuci biasa dengan memakai siklus pencucian yang halus khususnya apabila gorden terbuat dari bahan katun maupun poliester. Tapi sebagian besar gorden jaring tersebut dapat terbuat dari bahan poliester.

– Lalu masukkan sabun cuci, untuk sabun cucinya anda dapat menggunakan apa saja tetapi yang harus anda perhatikan yakni sabun cuci yang anda pakai harus khusus untuk bahan gorden jaring agar dapat bekerja dengan lebih baik. Contohnya anda dapat memakai sabun cuci yang telah di desain untuk bahan-bahan yang kain halus ataupun yang merupakan bahan kain putih.

– Lalu masukkan gorden tersebut ke dalam mesin cuci. Apabila gorden yang anda punya sangat halus, Anda harus mencucinya dengan tangan serta gorden juga perlu anda masukkan ke dalam baskom yang sudah berisi dengan air dingin.

– Kemudian nyalakanlah mesin cuci dengan memakai air hangat ataupun dingin dengan menggunakan siklus pencucian yang halus. Masukkan juga sabun cuci dengan jumlah yang relatif normal ke dalam mesin cuci tersebut.

– Jangan lupa untuk memasukkan pelembut pakaian pada saat pembilasan. Dan masukkan juga 2 sendok makan cuka pada saat pembilasan karena akan membuat gorden anda menjadi sangat lembut.

– Yang harus sangat anda perhatikan yakni jangan pernah keringkan gorden pada saat proses tumble-dry, sebab dapat menyebabkan gorden menjadi menyusut. Jemurlah gorden anda di luar supaya kering sebelum anda pasang kembali pada jendela.

 

 

 

 

Cara Mencuci Gorden Dengan Benar

 

– Perawatan Berkala
Supaya warna pada gorden tidak cepat memudar serta kain juga tidak cepat rusak, alangkah baiknya pencucian gorden tidak anda lakukan terlalu sering. Lakukanlah pencucian 3 sampai 6 bulan sekali. tergantung kepada jenis kain serta ruangan yang anda tempati. Bagi perawatan yang berkala, anda bisa membersihkan gorden tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner. Dan penyedotan debu itu bisa anda lakukan 1 minggu sekali untuk dapat menghindari kotoran-kotoran yang menumpuk.

 

 

– Cek Jenis Kain Gorden
Terdapat 2 jenis kain gorden yang sering sekali digunakan, yakni beludru dan juga chenille. Pada saat anda mencuci gorden yang jenis beludru, anda perlu berhati-hati, karena jangan sampai bulu-bulu beludru tersebut menjadi mudah rontok. Dan hindarilah memeras dengan memelintir kainnya.
Tetapi untuk gorden jenis chenille, gunakanlah sistem dry cleaning supaya kain tersebut tidak mudah menciut. Karena kain dengan jenis ini pada saat terkena air maka akan mengalami penyusutan.

 

 

– Mencuci Vitrase
Pada warna putih vitrase dapat membuatnya cepat kotor, maka dari itu pencucian harus secara rutin anda lakukan. Ini bertujuan agar warna putih tidak mudah menjadi kusam serta berwarna kecokelatan.
Apabila vitrase memakai renda serta juga pola bordir, alangkah baiknya anda cuci dengan menggunakan tangan. Dan anda harus menghindari mencuci memakai sikat dan juga mesin cuci supaya serabut renda tidak cepat rusak.

 

 

– Cara Jemur
Dalam beberapa jenis kain gorden ada yang terdapat rentan pudarnya warna apabila terkena cahaya matahari secara langsung. Untuk itu sebaiknya kain tersebut anda letakan di area jemur yang beratap. Supaya cahaya matahari dapat difilter.
Dan jangan lupa untuk menghindari melipat kain gorden pada saat menjemur supaya tidak muncul lipatan pada saat gorden tersebut dipasang. Gantunglah gorden yang basah seperti pada posisi pemasangan gorden di jendela.
Pada saat mencuci, anda tidak boleh lupa untuk melepas ring besi pada kain gorden. Karena dengan anda melepas metal pada gorden maka akan dapat mengurangi potensi besi yang berkarat setelah dicuci.

 

 

 

 

Cara Mencuci Gorden Dengan Mesin Cuci

 

– Pengaturan Fungsi Mesin Cuci
Untuk mencuci gorden yang sangat kotor, anda dapat mengaktifkan fungsi pra-cuci atau juga pre-wash di mesin cuci anda. Pre-wash adalah proses perendaman dengan tanpa adanya deterjen. Fungsi ini dapat membantu proses pengangkatan debu serta juga kotoran di gorden sebelum anda melakukan pencucian. Selain itu, fungsi ini dapat memastikan hasil cucian menjadi jauh lebih bersih serta dapat meringankan proses pada pencucian itu sendiri. Dengan begitu, pada saat pencucian anda hanya perlu memilih pengaturan putaran delicate yang pastinya jauh lebih baik pada serat-serat kain serta bisa membantu untuk menjaga keawetan gorden anda.

 

 

– Memilih Deterjen
Anda juga harus memastikan jika deterjen yang sedang anda pakai tersebut cocok untuk mesin cuci yang di rumah. Untuk mesin cuci pada bukaan yang atas, gunakanlah deterjen dengan tingkat deterjensi yang tinggi untuk dapat menghasilkan busa yang lebih banyak. Kemudian untuk mesin cuci bukaan yang depan, gunakanlah deterjen dengan tingkat deterjensi yang rendah sehingga dapat menghasilkan busa yang lebih sedikit. Karena dengan menggunakan deterjen yang sesuai pada mesin cuci yang anda punya itu sangat penting agar dapat memperoleh hasil cucian yang maksimal serta sekaligus bisa memelihara tabung mesin cuci yang anda punya.

 

 

 

 

Cara Mencuci Gorden Dengan Cepat

 

Membersihkan gorden yang berdebu

– Gantung gorden pada kawat jemuran di luar rumah anda.
– Pukul-pukullah gorden anda dengan memakai alat pemukul kasur atau bisa juga dengan sapu lidi.
– Pukulan yang anda lakukan harus secara merata tetapi jangan terlalu keras.
– Lakukanlah hingga debu benar-benar sudah hilang.

 

 

Membersihkan gorden yang berjamur

– Larutkanlah 1 kg garam dapur dengan tanpa iodium di dalam satu ember air, lalu aduk hingga benar-benar larut.
– Kemudian tambahkan juga ½ sdt minyak cengkeh ke dalam larutan yang tadi.
– Setelah itu rendamlah gorden selama kurang lebih dua jam ke dalam larutan tadi.
– Jika sudah 2 jam, peraslah gorden menggunakan tangan dengan kuat.
– Jangan dibilas, langsung saja anda jemur pada tempat yang hangat.
– Apabila gorden sudah kering, maka akan muncul kristal-kristal garam di permukaan gorden.
– Bersihkanlah kristal garam itu dengan memakai sikat baju sampai bersih.

 

 

Membersihkan gorden kamar mandi yang berjamur

– Pertama larutkan terlebih dahulu ½ cangkir sabun cuci dengan tanpa deterjen ke dalam air yang hangat.
– Rendamlah gorden tersebut ke dalam larutan tadi selama kurang lebih satu sampai dua jam.
– Kemudian, bilaslah sampai benar-benar bersih.
– Lalu jemur hingga kering.

 

 

 

 

Tips Memilih Gorden Rumah

 

– Memilih Model Gorden
Anda dapat memilih model gorden pada jendela kamar atau juga jendela rumah anda yang sangat sesuai dengan warna yang terdapat pada dinding serta furniture-furniture di dalam rumah anda.

 

 

– Memilih Warna Gorden
Apabila anda mencari gorden untuk tema rumah minimalis yang klasik maka pilihlah warna-warna misalnya seperti gold, maupun coklat. Atau mungkin contohnya anda mempunyai dinding-dinding rumah yang berwarna biru maka alangkah baiknya jika memilih gorden yang terdapat unsur-unsur berwarna biru atau mungkin yang terdapat warna biru di dalamnya.

 

 

– Memilih Tema Gorden
Pada rumah yang menggunakan desain minimalis maka anda dapat memakai gorden yang sangat minimalis atau mungkin dengan model-model semi Spanyol. Karena untuk model gorden yang semi Spanyol itu mempunyai banyak sekali corak apabila dibandingkan dengan gorden minimalis yang biasa saja. Nah, kedua pilihan itu dapat anda pakai untuk sebagai bahan pertimbangan untuk anda yang sedang mencari gorden jendela depan rumah yang minimalis. Tetapi, alangkah baiknya untuk jangan memilih gorden yang mempunyai corak berlebihan serta terliat sangat ramai sebab tidak akan dapat bersatu dengan rumah yang minimalis serta terlihat tidak bagus untuk rumah anda.

 

 

– Memilih Motif Gorden
Apabila di dalam rumah minimalis anda terdapat banyak sekali wallpaper-wallpaper dinding dengan berbagai macam motif, maka akan lebih baik jika anda memilih gorden yang tidak mempunyai motif. Sebab apabila anda tetap akan memilih gorden yang mempunyai motif maka akan memberikan kesan yang monoton di dalam rumah anda serta akan terkesan begitu norak. Oleh sebab itu, sesuaikanlah motif-motif gorden dengan warna yang terdapat di dinding, warna furniture, serta juga warna kusen jendela. Jika anda tetap ingin memakai gorden dengan model-model yang terlalu banyak corak, maka gunakanlah vintrage atau dalaman gorden yang polos serta berwarna putih untuk dapat sedikit menetralkan warnanya.

 

 

– Memilih Bahan Gorden
Apabila rumah anda sering terkena sinar matahari maka pilihlah gorden yang berbahan blackout, sebab bahan-bahan seperti ini sangat mudah untuk menangkal cahaya matahari. Jika kaca pada rumah anda memakai bahan riben, anda dapat memilih gorden dengan bahan-bahan yang lebih tipis, dan apabila anda ingin memberikan kesan yang lebih mewah maka gunakanlah model gorden import.

 

 

Sumber : http://id.wikihow.com/ http://peralatanlaundry.com/

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori