Inilah 5 Cara Mencuci Boneka Dengan Tepat Dan Praktis

Mencuci boneka pun harus dilakukan dengan cara yang tepat dan praktis. Ketahuilah cara untuk mencuci boneka yang benar agar bonekamu kembali bersih dan harum.
0
Inilah 5 Cara Mencuci Boneka Dengan Tepat Dan Praktis
0 (0%) 0 votes
mencuci boneka

Tidak sedikit orang yang senang menyimpan boneka kesayangan mereka, baik itu yang didapatnya sejak ia kecil atau pun hadiah dari orang tersayang. Penyimpanan boneka di tempat terbuka dapat membuatnya kotor karena terkena debu atau kotoran lainnya. Boneka mudah sekali untuk menjadi kotor karena memiliki bahan yang memang mudah menyerap air atau kotoran debu. Apalagi bila boneka seringkali dipegang dan untuk mainan anak-anak, membuat boneka mudah menjadi kotor dan kusam.

 

 

Bagaimana kah cara mencuci dan membersihkan boneka yang baik dan benar? Ketahuilah cara mencuci boneka yang tepat dan praktis yang dibagikan Hello-Pet agar bonekamu dapat bersih dan harum kembali.

 

 

 

Beberapa Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Mencuci Boneka

 

 

Boneka merupakan barang yang lucu dan digemari oleh banyak orang, mulai dari bayi, anak kecil, sampai orang dewasa sekali pun, terutama bagi kaum wanita. Mainan ini biasa diperoleh dari hadiah ulang tahun atau pun hadiah hari besar lainnya, misalnya hari wisuda. Jika kamu memiliki beraneka ragam boneka, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, atau yang terbuat dari bulu biasa mau pun bulu yang lebih rentan rontok untuk dicuci, bacalah terlebih dahulu tips-tips mencuci boneka yang benar.

 

 

Sebelum mulai untuk mencuci boneka, kamu perlu memperhatikan boneka-bonekamu agar tidak salah dalam memilih metode mencuci. Harus diingat bahwa tidak semua boneka dapat dicuci langsung menggunakan air atau pun dengan mesin cuci.

 

 

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum memilih cara yang tepat untuk mencuci boneka kesayangan.

 

– Perhatikan label yang terdapat pada boneka jika ada untuk melihat apakah boneka tersebut dapat dicuci menggunakan mesin cuci atau tidak. Jika boneka dapat dicuci dalam mesin cuci, cobalah untuk perhatikan juga bagaimana keadaan boneka, apakah dalam kondisi baik atau sobek. Kamu dapat mencuci boneka bersamaan dengan pakaian, namun pastikan agar tidak ada pakaian yang mudah luntur hingga tidak merusak warna boneka.

 

– Untuk jenis boneka yang memiliki bahan yang mudah menyusut ketika dicuci, sebaiknya boneka nantinya tidak dikeringkan menggunakan mesin pengering. Sebaliknya, untuk boneka yang memiliki bahan yang tidak mudah menyusut, kamu dapat mencoba untuk mengeringkannya di dalam mesin pengering.

 

– Jika boneka memiliki rambut yang terbuat dari bahan benang atau sutra, disarankan untuk membungkusnya terlebih dulu dengan kain bekas untuk melindungi teksturnya. Setelah selesai dicuci, barulah kamu dapat melepas kainnya dan menyikatnya dengan sisir ketika boneka masih dalam keadaan basah untuk mengembalikannya ke bentuk semula.

 

– Selesai dicuci, jemurlah boneka di tempat yang tidak langsung terkena matahari. Cukup diangin-anginkan saja untuk menjaga warna alami boneka.

 

 

Nah, setelah hal-hal tersebut diperhatikan, saatnya untukmu memilih metode pencucian boneka yang paling tepat untuk boneka milikmu. Jangan sampai bulunya rontok karena salah cara mencucinya!

 

 

 

Cara Mencuci Boneka Menggunakan Kain Basah

 

 

Jika bonekamu berdebu dan terbuat dari bahan yang bulunya mudah rontok, maka kamu dapat membersihkannya dengan menyekanya menggunakan kain lap yang telah dibasahi dengan air hangat. Lakukan dengan hati-hati agar tidak terlalu banyak bulu yang rontok. Setelah semua bagian boneka diseka dengan bersih, lakukan steaming dengan hairdryer, namun padang pada ukuran angin yang paling kecil. Setelah boneka benar-benar kering, semprotlah boneka dengan parfum pakaian secukupnya agar wanginya harum dan tidak apek.

 

 

(Baca Juga: 7 Resep Dan Cara Membuat Olahan Bakso Udang Goreng)

 

 

 

 

Cara Mencuci Boneka Menggunakan Air Dan Sarung Bantal

 

Bila bonekamu ada dalam keadaan yang sangat kotor, kamu dapat mencucinya menggunakan mesin cuci atau cara manual, yaitu dikucek dengan tangan. Namun bila kamu mau mencuci boneka dengan air, siapkan sebuah kantong yang berbentuk sarung bantal putih polos. Masukkan semua boneka yang akan dicuci ke dalam sarung bantal putih lalu ikat dengan rapat sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci. Tujuan boneka dimasukkan dalam kantong adalah agar proses pencucian berjalan lancar dan bulu boneka tidak rontok, mengotori mesin cuci.

 

 

 

Masukkanlah kantong yang berisikan boneka ke dalam mesin cuci dan aturlah agar kecepatan mesin cuci teratur pada kecepatan yang paling rendah (biasa tertulis ‘delicate’)lalu kemudian masukkan deterjen secukupnya.

 

 

 

Setelah proses pencucian selesai, bilaslah boneka dengan air bersih. Kamu tidak perlu menggunakan pelembut pakaian untuk membuatnya lembut kembali, apalagi pelembut pakaian dapat membuat warna bonekamu mudah luntur. Setelah dibilas, peraslah boneka dengan cara menekannya dengan tangan. Kamu juga dapat menginjak-injaknya jika boneka yang kau cuci berukuran besar. Hal ini dilakukan agar seluruh air lebih yang diserap boneka dapat dikeluarkan terlebih dahulu sebelum nantinya dikeringkan.

 

 

Berikutnya, keringkan boneka di tempat teduh agar terkena angin sampai kering. Kamu juga dapat mengeringkannya dengan mesin pengering, namun ingat untuk menggunakan ukuran angin yang paling kecil agar tidak terlalu panas dan bulu boneka menjadi keriting nantinya. Setelah boneka kering, kamu dapat menyisir boneka yang berbulu lebat dan panjang dengan sisir yang tidak rapat dan berujung tumpul.

 

 

Sisirlah boneka secara perlahan dan hati-hati agar bulu boneka tidak rusak atau banyak rontok. Langkah terakhir, pastikan boneka benar-benar kering untuk menghindari bau lembab atau jamur. Kamu dapat menyemprotkan parfum untuk membuat boneka lebih segar dan harum. Gunakanlah parfum dengan wangi yang natural.

 

 

 

Cara Mencuci Boneka Menggunakan Steamer

 

 

Ada cara lain mencuci boneka dengan menggunakan alat steamer. Mencuci dengan steamer memang dapat dikatakan lebih aman dan prosesnya pun lebih cepat dibandingkan dengan mencuci boneka menggunakan air, namun cara ini hanya cocok untuk membersihkan boneka yang tidak terlalu kotor, mengingat membersihkan boneka menggunakan metode ini hanya akan membersihkan boneka bagian luar saja.

 

 

Pelajarilah cara mencuci boneka menggunakan steamer berikut ini. Pertama-tama, semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian boneka lalu diamkan selama 3 menit sebelum menggunakan steamer untuk membersihkan seluruh bagian boneka. Steamer berfungsi untuk menghisap debu dan mematikan kuman-kuman yang ada pada boneka agar boneka kembali bersih. Terakhir, bila sudah selesai membersihkan boneka tersebut, berilah semprotan parfum agar boneka menjadi harum dan tidak apek.

 

 

 

Cara Mencuci Boneka Menggunakan Baking Soda

 

 

Salah satu alternatif lain untuk mencuci boneka adalah menggunakan baking soda. Mencuci boneka menggunakan baking soda merupakan cara yang dapat dipilih untuk membersihkan boneka yang bulunya mudah rontok atau pada boneka yang sudah tua. Dengan baking soda, kamu dapat membersihkan bonekamu tanpa banyak kotoran bulu boneka. Ingat ya, baking soda, bukan soda kue untuk memasak.

 

 

 

Pertama-tama, siapkan kantung kertas atau plastik dan baking soda, kemudian masukkan boneka ke dalam kantung tersebut dan masukkanlah baking soda di dalamnya secukupnya. Tutup rapat kantung yang berisikan boneka tersebut lalu kocok-kocok agar baking soda merata ke seluruh bagian boneka. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan baking soda yang menempel di boneka dengan cara menepuk-nepuknya dengan tanganmu. Bila sudah, ambilah kain basah dan sekalah seluruh bagian boneka agar baking soda benar-benar hilang dari bonekamu.

 

 

 

Setelah selesai dilap dengan kain basah, langkah berikutnya boneka dikeringkan. Mengeringkan boneka dapat dilakukan dengan mengangin-anginkannya atau dijemur di tempat yang teduh. Kamu juga dapat menggunakan mesin pengering yang diatur dalam ukuran angin yang kecil agar tidak terlalu panas dan bulu pada boneka tidak rusak. Setelah boneka tersebut kering, kamu dapat menyisir boneka dengan berbulu lebat dan panjang dengan sisir yang tidak rapat dan berujung tumpul. Sisirlah boneka secara perlahan dan hati-hati agar bulu boneka tidak rusak atau rontok.

 

 

 

Terakhir, pastikan bahwa boneka benar-benar kering untuk menghindari bau lembab atau jamur yang dapat merusak bonekamu. Terakhir semprotkanlah pewangi pakaian dengan wangi natural pada bonekamu untuk membuat boneka tetap segar dan wangi kembali. Nah, setelah diberi parfum atau pewangi, bonekamu pun siap untuk dipeluk-peluk atau dipajang kembali dalam keadaan bersih.

 

 

 

Nah, begitulah cara-cara yang dapat kamu coba untuk membersihkan bonekamu agar kembali bersih dari debu mau pun kotoran lainnya. Jangan sampai boneka kesayanganmu rusak dan berjamur karena tidak pernah dicuci! Selamat mencoba.

 

Sumber: Hanisah

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori