6 Cara Cepat Mencari Pekerjaan Impian

Mencari pekerjaan di zaman sekarang memang susah, tetapi kami mempunyai cara cepat agar mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dan sesuai dengan kemampuan Anda!
0
6 Cara Cepat Mencari Pekerjaan Impian
0 (0%) 0 votes
cara mencari pekerjaan dengan cepat

Mendapatkan pekerjaan mungkin bukan sesuatu yang gampang. Ada ribuan orang yang mencari dan melamar pekerjaan, bukan hanya sekali tetapi berkali-kali orang mengirimkan dan memasukkan lamaran pada sebuah perusahaan atau instansi, tapi masih saja tidak diterima.

 

 

Lulus pendidikan formal merupakan saat yang membahagiakan bagi kita serta orang tua. Lulus sekolah juga sebagai tahap permulaan untuk dapat menghadapi kehidupan yang sebenarnya, yakni dunia kerja. Dalam hal ini kita masih harus berjuang lagi untuk bisa bersaing di dunia kerja. Di Indonesia sendiri, mencari pekerjaan bukanlah hal yang gampang, sebab ketidaksamaan antara lapangan kerja serta pelamar kerja membuat mencari pekerjaan sesuai bidang kita akan terasa lebih sulit. Oleh sebab itu, sejak mula kita harus mempersiapkan diri untuk dapat menghadapi persaingan yang ketat di luar sana. Mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bakat kita adalah keinginan semua orang, namun pada kenyataannya banyak orang yang bekerja bukan melalui bidang yang mereka inginkan. Berikut adalah pilihan Hello-PET untuk Anda, cara-cara cepat mencari pekerjaan yang diinginkan.

 

 

 

 

Cara Mencari Pekerjaan Online

 

 

 

Di zaman yang serba menggunakan Internet ini, banyak sekali orang-orang yang mencari pekerjaan lebih menyukai mencari informasi lowongan kerja melalui internet, itu disebabkan hampir semua perusahaan baik itu perusahaan lokal maupun nasional telah mempunyai website dalam memperkenalkan bisnis mereka.
Hampir 90 % Perusahaan menyediakan layanan pada situs mereka berupa layananan Informasi Karir atau Career.

 

 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yakni penyalahgunaan informasi oleh berbagai sumber yang mengatasnamakan Perusahaan. sebagian Perusahaan membuat Publikasi Informasi rekrutmen menggunakan media online.

 

 

Berikut ini beberapa cara mencari lowongan kerja secara online

 

– Perhatikan informasi tentang perusahaan tersebut.
– Profil perusahaan harus dibaca jelas, Alamat kantor perusahaan juga bisa dilihat melalui peta resmi atau situs pencarian lokasi, kantor dari perusahaan yang bona fide biasanya mempunyai kantor yang permanen di gedung sendiri atau dalam satu lantai gedung bukan di rumah atau toko.
– Kontak person perusahaan harus ada.
– Jangan pernah mengirimkan Imbalan dengan bentuk apapun kepada HRD maupun yang mengatasnamakan Perusahaan tersebut.
– Carilah informasi lowongan kerja yang tidak mungkin meminta imbalan apapun kepada para pelamar, Bacalah terlebih dahulu semua informasi lowongan pekerjaan yang dipublikasikan memiliki link asli, cek sumber Informasi tersebut langsung dapat membuka link yang tertera di bawah postingan Situs tersebut.
– Jika anda masih ragu dengan informasi yang di dapat melalui situs penyedia informasi lowongan kerja, segera hubungi kotak personnya untuk dapat menanyakan sumber asli informasi tersebut di dapat. Jika penyedia situs informasi tersebut tidak menjawab, lebih baik anda mencari informasi yang lebih akurat terlebih dahulu sebelum anda mendaftarkan diri sebagai calon karyawan.

 

 

 

 

Cara Mencari Pekerjaan Sampingan

 

 

 

 

Ketika kita berbicara mengenai pekerjaan sampingan, maka akan ada banyak sekali jenis usaha yang dapat kita manfaatkan. Mungkin kita tidak menyadari peluang bisnis sampingan ini sebab kita terlalu fokus pada pekerjaan di kantor, toko, atau di manapun itu. Bila Anda merupakan seorang karyawan yang sedang mencari pekerjaan sampingan maka anda perlu memperhatikan peluang bisnis di bawah ini.

 

 

– Memanfaatkan Hobby Sebagai Pekerjaan Sampingan

Ada banyak sekali orang yang bisa sukses menjalankan pekerjaan yang dimulai dari hobby. Keuntungan yang bisa di dapat dari usaha ini juga terbilang cukup besar.

 

 

– Memanfaatkan Keahlian atau Keterampilan Sebagai Pekerjaan Sampingan

Masing-masing orang pasti memiliki keahlian serta keterampilan yang bermacam-macam. Alangkah baiknya jika kita dapat memanfaatkan keahlian dan keterampilan itu menjadi pekerjaan sampingan. Selain kita dapat membantu orang lain yang ingin mempelajari keahlian yang kita punya, kita juga dapat menghasilkan uang dari keterampilan tersebut.

 

 

– Memanfaatkan Internet Untuk Pemasaran Bisnis

Sehebat apapun sebuah bisnis, tetap harus didukung dengan pemasaran yang baik. Internet merupakan salah satu media pemasaran yang sangat berguna pada saat ini, sebab kita dapat memasarkan produk apapun melalui internet.

 

 

 

 

Cara Mencari Pekerjaan Saat Kuliah

 

 

 

 

– Menjual barang-barang lama

Lemari anda penuh karena tumpukan pakaian lama? Atau kamar anda terasa sempit karena banyak barang yang tidak lagi terpakai? Jual saja secara online atau ajak beberapa teman untuk membuka lapak di pasar.

 

 

– Memulai bisnis

Ide membuat bisnis kecil-kecilan yang dapat dijalankan paruh waktu juga dapat anda lakukan. Manfaatkan keahlian anda seperti menulis atau memperbaiki komputer. Liat-liat juga peluang bisnis yang ada di lingkungan sekitar anda.

 

 

– Mendaftar untuk tes di kampus

Kebanyakan mahasiswa psikologi mencari partisipan ke dalam studi mereka. Anda harus mencari tahu informasi mengenai kesempatan ini melalui berbagai sumber.

 

 

– Tutor

Manfaatkan kemampuan akademis dengan menjadi tutor belajar bagi teman ataupun junior di kampus. Anda dapat menentukan bayaran per jam, per minggu atau per bulan sesuai dengan yang sudah anda tentukan.

 

 

– Mulai membuka YouTube atau blog

Anda dapat memanfaatkan internet sebagai sumber penghasilan. Buatlah blog atau akun YouTube yang menarik. Cara ini dapat membuka kesempatan buat perusahaan untuk memasang iklan. Anda juga dapat menawarkan review berbayar bagi produk mereka.

 

 

– Jual hasil jepretan

Anda suka memotret? Tidak hanya dapat dibuat portofolio, tetapi anda juga dapat menjual foto hasil jepretanmu itu ke website atau perusahaan yang akan membayarmu, setiap seseorang tersebut menggunakan gambar di iklan atau artikel.

 

 

 

 

Cara Kreatif Mencari Pekerjaan

 

 

 

 

– Pasang Iklan Tentang Diri Anda

Jika anda sudah merasa lelahk mencari lowongan kerja, Anda dapat menempelkan iklan mengenai diri anda di media sosial, website penyedia lowongan kerja maupun di media cetak. Tulislah ke dalam iklan tersebut mengenai kemampuan serta pendidikan terakhir anda. Jangan lupa juga untuk menyebutkan usia dan nama lengkap anda. Dengan melalui cara ini, mungkin Anda dapat mempunyai pekerjaan baru dengan cepat.

 

 

– Datang Langsung ke Perusahaan

Tanpa menanyakan mengenai lowongan kerja terlebih dahulu, Anda dapat langsung datang dan menawarkan diri sebagai pekerja, tunjukin jika diri anda benar-benar mempunyai kemampuan yang cocok di perusahaan tersebut.

 

 

– Daftar di Website Freelancer

Terdapat banyak situs freelancer yang berada di Indonesia. Anda dapat mendaftar di salah satu website penyedia pekerja paruh waktu tersebut serta menuliskan resume lengkap anda di bagian profil. Jika anda menuliskan resume dengan lengkap serta menarik, kemungkinan untuk dapat direkrut menjadi pekerja oleh perusahaan yang sedang mencari pekerja pada situs freelancer semakin besar.

 

 

– Manfaatkan Situs Youtube

Eksis di Youtube ternyata dapat membantu anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan baru. Cara ini dapat dilakukan bagi anda yang ingin berkarier di dunia hiburan dan sejenisnya. Anda dapat membuat sebuah video singkat tentang diri anda sekreatif mungkin untuk dapat menarik perhatian perusahaan.

 

 

 

 

Cara Mencari Pekerjaan Di Luar Negeri

 

 

 

 

– Motivasi

Motivasi adalah landasan yang sangat kuat untuk menjadi pendorong seseorang agar dapat bekerja di luar negeri. Hendaknya motivasi ini, di awali pada usaha untuk memperbaiki “keadaan” sosial ekonomi, sehingga nantinya akan dapat mengatur keuangan dengan benar. Bekerja ke luar negeri bukanlah hanya sekedar mencari pengalaman, tetapi bagaimana anda bisa memperbaiki keadaan ekonomi dengan tepat.

 

 

– Skill

Skill atau jenis keterampilan yang dipilihnya merupakan berdasarkan visa dari negeri yang membutuhkan sesuai dengan permintaan para yuser. Apabila anda memilih visa supir, maka anda harus dapat memiliki kemampuan mengendarai mobil. Dan jika anda memilih visa sister, maka anda harus dapat memiliki kemampuan sebagai sister. Postur tubuh anda menjual kemampuan anda kepada yuser.

 

 

– Fisik

Untuk dapat bekerja di luar negeri, anda harus siap fisik, sebab bagi para yuser sangat membutuhkan fisik yang sehat dan kuat. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan kesehatan, hendaknya melakukan pengobatan terlebih dahulu, Adapun jenis penyakit yang tergolong unfit tidak dapat bekerja di luar negeri yakni penyakit gula, Flek paru-paru, ambeien, jantung, serta darah tinggi. Jika anda mempunyai penyakit tersebut, lebih baik anda melakukan pengobatan terlebih dahulu.

 

 

– Mental

Kesiapan mental bagi seseorang yang ingin melamar pekerjaan di luar negeri merupakan sesuatu yang sangat penting. Apalagi untuk orang yang belum pernah merantau sama sekali, merantau ke luar negeri adalah hal yang sangat berat. Disini mental harus digembleng, sehingga dapat menjadi mental yang kuat, dan siap merantau ke luar negeri, dengan segala resiko yang harus siap anda hadapi.

 

 

– Finansial

Untuk dapat bekerja ke luar negeri diperlukan pembiayaan yang tidak sedikit, di dalamnya termasuk untuk mengurus dokumen, untuk medical, biaya ke PT, transportasi dan akomodasi, serta biaya yang tidak terduga. Anda harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Mungkin bagi mereka yang sudah berpengalaman, sudah bisa memperkirakan, tetapi bagi anda yang belum pengalaman, jangan malu bertanya kepada mereka lebih berpengalaman.

 

 

– Belajar bahasa Inggris dasar

Untuk dapat bekerja di luar negeri hendaknya anda menguasai bahasa Inggris sebagai alat komunikasi dengan berbagai pihak. Lakukan pelajaran mengenai bahasa Inggris dasar terlebih dahulu, misalnya mengikuti kursus atau les di english course.
Akan lebih baik lagi apabila anda mempelajari bahasa dari negara tempat anda bekerja, contohnya jika anda melamar bekerja di korea, jepang,atau pun di arab maka jangan lupa juga untuk mempelajari bahasa negara tersebut.

 

 

– Mempersiapkan Curiculum Vitae (CV)

Untuk dapat melamar kerja di manapun, keberadaan curiculum vitae merupakan hal yang sangat penting. CV ini biasanya berhubungan dengan jenis pekerjaan yang akan dipilih dengan berbagai persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan.

 

 

 

 

Cara Mencari Pekerjaan Sesuai Kemampuan

 

 

 

 

– Memahami Potensi Kekuatan Diri Sendiri

Jika kita punya latar belakang pendidikan sebagai dokter, tetapi kita merasa tidak berbakat jadi dokter dan di lain sisi kita mempunyai hobi menyebarkan informasi kesehatan kepada orang lain. Dari sana kita dapat menjadi konsultan kesehatan atau penulis buku-buku, koran, majalah kesehatan.

Kemampuan yang terpendam tersebut terkadang dapat menjadi penyelamat. Contohnya seseorang yang lulusan akuntansi punya bakat atau keahlian menjual sesuatu, maka dia dapat menjadi sales produk suatu perusahaan sebagai langkah pemula. Baru setelah kemampuan sebagai salesman teruji, kita mungkin dapat minta pindah ke bagian keuangan sambil tetap jadi sales paruh waktu untuk mengasah kemampuan akuntasi kita.

 

 

– Tahu Di Mana Ada Peluang Kerja

Kita dapat tahu ada lowongan pekerjaan melalui koran, internet, teman, keluarga, dan lain sebagainya. Ketika mempunyai peluang maka kita dapat mencoba melamar pekerjaan tersebut. Yang pasti kita harus tahu potensi diri kita sendiri terlebih dulu. Kalau kita belum mempunyai pengalaman bekerja mungkin kita harus siap bekerja di posisi apapun karena dunia kerja itu berbeda sekali dengan dunia sekolah dan kuliah.

 

 

– Mempersiapkan Segala Sesuatu

Mau bekerja pun kita membutuhkan modal. Saat melamar pekerjaan setidaknya kita membuat surat lamaran, cv beserta lampiran-lampirannya mulai dari kartu kuning pencari kerja, pas foto, surat keterangan catatan kepolisian, fotokopi ktp, ijazah, transkrip nilai, kartu keluarga, sim, dan lain-lain sebagainya. Pada saat panggilan wawancara pun kita membutuhkan pakaian yang baik. Setelah diterima kerja pun kita juga membutuhkan beberapa setel pakaian seragam kerja dan lain sebagainya sampai kita mendapatkan gaji dan tunjangan pertama.

Yang tidak kalah penting yaitu mempersiapkan mental kita saat wawancara kerja, saat hari-hari pertama di tempat kerja yang baru, saat harus bersosialisasi dengan rekan kerja, saat dimarahi oleh atasan maupun staf senior, saat menghadapi konflik atau masalah pekerjaan, dan lain sebagainya. Jika mental kita kuat, maka kemungkinan untuk bertahan bekerja merupakan cukup besar. Jika lemah mental maka yang ada di kepala kita hanyalah ingin segera mencari pekerjaan lain atau pindah bagian agar bisa beradaptasi dengan suasana yang baru.

 

 

– Menguasai Trik-Trik Agar Diterima Kerja

Rajinlah mencari informasi dunia kerja melalui membaca buku, majalah, koran, dan sebagainya untuk dapat mengetahui orang seperti apa yang dicari perusahaan untuk mengisi posisi yang kosong. Belajarlah menjadi orang yang dicari perusahaan-perusahaan. Pelajari contoh-contoh soal tes potensi akademik, psikotes, tes wawancara kerja, dan lain sebagainya. semua itu merupakan sesuatu yang akan membantu kita dalam mendapatkan pekerjaan.

 

 

Sumber : http://www.yaserace.com/ http://tipsdantrikampuh.blogspot.co.id/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori