4 Cara Dan Tips Memilih Teman Baik Dengan Benar

Dalam bergaul kamu harus benar-benar memilih teman, karena ini sangat berpengaruh buat kamu. Kali ini kami akan memberitahu kamu cara memilih teman.
0
4 Cara Dan Tips Memilih Teman Baik Dengan Benar
4 (80%) 1 votes
Tips Memilih Teman Bergaul

Sebagai mahluk sosial kita pasti membutuhkan orang lain. Oleh karena itu kita butuh teman ataupun sahabat.sahabat atau teman merupakan orang yang sangat berpengaruh bagi hidup seseorang. Selain itu jika kamu salah dalam memilih teman maka dampak nya sangat berbahaya bisa menghancurkan hidup kamu contoh nya apabila kamu berteman dengan orang yang menggunakan narkoba maka kamu juga bisa ikut-ikutan memakain narkoba dan itu bisa menghancurkan masa depan kamu.

 

 

Dan ada baiknya kamu berteman dengan orang yang baik, rajin ibadah, dan juga pintar maka kamu juga akan seperti dia karena kamu sering bersamanya dan dia akan membawakan dampak sangat positif buat kamu dan bisa membuat masa depanmu menjadi lebih cerah. Oleh karena itu, kali ini Hello-PET akan memberi tahu kamu cara memilih teman yang baik dan benar sehingga tidak membawa kamu pada kenakalan remaja seperti yang sedang marak pada saat ini contohnya pergaulan bebas dan tindak kriminal.

 

 

 

Cara-cara memilih teman ini harus kamu praktikkan agar kamu terhindar dari pergaulan yang bebas yang bisa membuat masa depan kamu hancur. Inilah cara-cara memilih teman baik dengan benar.

 

 

 

Cara Memilih Teman Di Era Modern

 

1. Bertemanlah dengan siapa saja , di mana saja, dan kapan saja.

Maksudnya ialah pilihlah tempat, keadaan dan juga lokasi yang bagus ketika kamu hendak nongkrong atau hanya sekedar hangout . Jangan sesekali kamu memilih tempat yang bisa menghancurkan kamu contohnya diskotik. Jangan sesekali masuk ke tempat ini karena akan membawa kamu pada yang namanya pergaulan bebas. Sebaiknya pilihlah tempat nongkrong yang sama ramainya tetapi lebih aman contohnya di cafe ataupun restoran. Kamu juga harus mengajak teman yang tidak membawa pengaruh buruk buat kamu.

 

 

 

 

2. Cobalah pahami temanmu apakah baik atau tidak.

Ini sering terjadi pada anak remaja zaman sekarang ketika kamu ingin berbuat baik tapi kawan kamu melarangnya bahkan menyarankan agar melakukan hal yang lain dan ternyata hal tersebut sangat buruk. Tinggalkan saja kawan seperti ini.

 

 

Contoh lain ketika kamu main ke rumah teman hingga malam hari tapi kamu sudah janji pada orangtua untuk pulang pukul 9 tapi kawan kamu menyuruh untuk pulang lebih malam lagi. Ini berarti kawan kamu sangat membawa dampak buruk buat kamu dan jangan sesekali kamu ikuti permintaan mereka. Turutilah perintah orangtuamu dan tinggalkan dia. Kamu perlu tahu “teman yang baik adalah teman yang tidak membawa dampak negatif buat kamu”.

 

 

 

 

3. Pahami maksud temanmu : ini khusus untuk teman pria.

Sangat marak kejadian zaman sekarang yang mengaku teman bisa menjadi lawan oleh karena itu jangan teman perempuan saja yang dipilih dengan baik. Memilih teman laki-laki juga banyak yang perlu diperhatikan. Contohnya : teman laki-laki mu sangat sering ke rumahmu dan secara diam-diam dia punya maksud tertentu untuk memeras kamu. Dia mengambil foto-foto kamu yang tidak pantas diperlihatkan justru menjadikannya barang dagangan. Apalagi zaman sekarang ini sudah ada sosial media. Kamu juga harus hati-hati, karena bisa jadi teman laki-laki itu menjual kamu.

 

 

 

 

4. Carilah teman yang saling mutualisme atau saling menguntungkan

Sebaiknya carilah teman yang tulus, jangan hanya mau memanfaatkan kamu saja dan kamu harus mencari teman yang saling menguntungkan. Kalau kamu punya teman yang sering memanfaatkan kamu maka tinggalkanlah.

 

 

 

 

Cara Memilih Teman yang Baik Dalam Islam

 

Sebagai muslim, harus memilih teman yang baik, tidak membawa dampak negatif bagi diri kamu, dan tidak membuat kamu semakin menjauh dari Sang Pencipta. Inilah cara memilih teman menurut Islam.

1. Beraqidah yang lurus dan bermanhaj ahlu sunnah wal jama’ah

 

2. Orang yang berakal (tidak gila) dan juga tidak rakus akan duniawi

 

3. Baik akhlaknya dan juga perangainya

 

4. Bukan orang ahli bid’ah dan juga ahli maksiat

 

5. Taat dalam beribadah dan juga dalam giat amal shalih

 

6. Mempunyai banyak ilmu dan juga mau dalam berbagi ilmu serta mau mengamalkan ilmu tersebut

 

7. Mendukung syari’at Allah di muka bumi pada naungan suatu negara dan juga kekhalifahan.

 
Jika semua sifat-sifat tersebut ada pada teman kamu, insyaallah itu akan membawa kamu ke surga dan ingatlah teman yang baik ialah teman yang ingat pada akhirat kamu.

 

 

 

 

 

Tips Memilih Teman Bergaul

 

Hindarilah bergaul dengan orang- orang yang sering mengeluh.

Ketika kamu memilih  teman, kamu harus menghindari orang yang sering mengeluh, karena itu akan membuat kamu menjadi orang yang pesimis. Bayangkan saja, apabila kamu suka mengeluh maka itu akan membuat kamu jauh dari kesuksesan. Orang yang suka mengeluh cendrung pemalas.

 

 

Jika kamu bergaul dengan oarang gagal dan suka mengeluh dalam menjalin hidup maka kamu bisa terkena pengaruh tersebut. Akhirnya kamu pasti akan berpikiran sama dengan mereka yang gagal. Oleh karena itu bergaullah dengan orang-orang yang berpikir secara maju dan orang-orang sukses karena itu akan membawa pengaruh positif buat kamu.

 

 

 

 

Bergaullah dengan orang-orang yang selalu berpikir optimis dan positif.

Jika kamu bergaul dengan orang-orang berpikiran optimis dan selalu berpikir positif, maka hal itu akan membuat kamu juga berpikiran sama dengan mereka tanpa kamu sadari. Hal itu akan memberimu sugesti menjadi orang yang lebih baik. Dan apabila kamu berteman dengan orang yang selalu pesimis itu akan membawa dampak buruk bagi kamu.

 

 

 

 

Bergaullah kamu dengan orang-orang sukses untuk mendapatkan kesuksesan kamu.

Sebaiknya bergaullah kamu dengan orang-orang yang sukses karena itu akan mengubah cara pikir kamu menjadi lebih maju dan juga akan mendorong kamu agar kamu menjadi orang yang sukses. Dan juga sebaliknya jika kamu bergaul dengan orang-orang yang memiliki cara pikir ingin sukses tapi hanya diam di rumah, maka hal itu akan membuat kamu sama seperti mereka.

 

 

Jika kamu juga ingin sukses, kamu harus kerja keras, usaha, dan berdoa. Jika salah satu dari ini tidak kamu ikuti maka kesuksesan sulit kamu capai. Memang kalau mau sukses maka kita harus bersakit-sakit terlebih dahulu. Ibarat menanam padi, kamu itu sedang menanam prosesnya, tapi ketika sukses kamu diibaratkan memanen. Ingatlah usaha tidak akan mengkhianati hasil.

 

 

 

 

Sebaiknya memilih mentor yang telah mengalami sendiri.

Jika ketiga tips tersebut sudah kamu lakukan maka yang selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah mencari mentor yang sesuai. Jangan mencari mentor yang asal-asalan. Carilah mentor yang benar-benar ahli pada bidangnya.

 

 

 

 

 

Tips-Tips Untuk Memilih Teman Semeja Atau Teman Sebangku

 

Berikut ini merupakan kriteria teman yang cocok dan baik untuk kamu jadikan teman sebangku ataupun teman satu meja pada saat di sekolah ataupun di kampus.

 

1. Bisa untuk dijadikan teman dekat kamu

Teman semeja ataupun teman sebangku yang baik ialah sebisa mungkin langsung akrab dengan kamu. Jika ini terjadi berarti kamu cocok satu sama lainnya dan kamu bisa saja menjadi seorang sahabat yang akrab.

 

Sebaiknya hindarilah duduk bersebelahan dengan lawan jenis yang kamu taksir di kelas, karena hal ini sangat berdampak buruk untuk kamu karena. Bisa saja kamu grogi sehingga tidak konsen dalam belajar. Pilihlah teman satu bangku yang enak jika kamu ajak untuk ngobrol dan melakukan berbagai aktivitas lain bersama dengannya.

 

 

 

2. Baik dan tidak badung atau nakal

Jika kamu berteman dengan preman maka kamu bisa ikut-ikutan menjadi preman. Jika kamu berteman dengan dengan orang baik maka kamu ikut-ikutan jadi baik juga. Begitu juga jika kamu di sekolah atau pun di kampus, ada baiknya jika kita menghindari bergaul dengan anak-anak yang terkenal nakal. Jangan kamu duduk bersebelahan dengan anak-anak yang terkenal bandel. Bisa-bisa kamu dikerjai dan dimanfaatkan oleh mereka.

 

 

 

3. Tidak banyak atau tidak sering bercanda

Ketika kita belajar di kelas merupakan saat-saat yang sangat membutuhkan konsentrasi. Apabila kamu bercanda dengan teman-teman semeja atau sebangku, akan menyebabkan kamu kehilangan saat-saat untuk melihat guru ketika menjelaskan materi-materi pelajaran. Dan ini berarti kamu akan sangat banyak ketinggalan materi-materi pelajaran tersebut. Seringkali penjelasan yang diberikan dari bapak ataupun ibu guru di depan kelas sangat banyak untuk djadikan bahan-bahan untuk kuis, ulangan harian bulanan, ujian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan lain-lain.

 

 

 

 

4. Cerdas dan  juga mempunyai semangat dan motivasi dalam belajar

Makin cerdas teman yang menjadi teman satu meja dengan kamu, ini berarti kamu bisa lebih percaya diri ketika ingin bertanya atau mau menanyakan sesuatu yang kurang jelas ataupun kamu tidak tahu sama sekali mengenai pelajaran-pelajaran sekolah. Kamu perlu mengambil dan juga meniru teman satu bangku supaya bisa menjadi pintar seperti teman kamu. Tapi jangan sesekali kamu duduk dengan orang yang lebih pintar kamu manfaatkan untuk menyontek saat ujian ataupun ulangan, karena hal ini merupakan hal yang curang.

 

 

 

 

5. Tidak mempunyai banyak pikiran

Selain itu usahakanlah agar memilih teman satu bangku yang mempunyai mental yang kuat dan tidak gampang terkena penyakit anak muda zaman sekarang seperti galau dan tidak sering curhat dengan kamu. Dan ada baiknya kamu memilih orang yang tidak terlalu sensitif ini bisa-bisa kamu akan sangat sering diprotes oleh teman sebangku ataupun semeja kamu itu. Hal seperti ini akan mengganggu konsenterasi kamu.

 

Itulah beberapa cara untuk memilih teman yang baik dan juga benar.

 

 

 

Sumber: http://rafi-orilya.blogspot.com/2016/01/cara-memilih-teman-yang-baik-di-era-modern.html#axzz4j4s0j5oi

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori