7 Poin Ini Perlu Kamu Tahu Sebelum Mengajukan Visa

Selain paspor ternyata kamu juga butuh visa untuk memasuki sebuah negara dan banyak yang mengira mengurus visa itu ribet. Padahal jauh dari kata sulit!
0
7 Poin Ini Perlu Kamu Tahu Sebelum Mengajukan Visa
0 (0%) 0 votes
visa

Jalan – jalan ke luar negeri tak jarang menjadi salah satu tujuan liburan beberapa orang baik kalangan menengah maupun kalangan atas. Untuk jalan – jalan ke luar negeri tak selalu identik dengan budget yang besar sehingga siapapun bisa melakukannya. Untuk pergi ke luar negeri tidak hanya membutuhkan budget saja namun perlu menyiapkan beberapa persyaratan di bidang keimigrasian. Selain membutuhkan paspor kamu juga butuh visa yang digunakan untuk memasuki suatu negara.

 

 

 

Bila paspor merupakan buku identitas internasional yang kita gunakan untuk menerangkan jati diri kamu maka visa adalah izin untuk memasuki sebuah negara. Visa sendiri wujudnya seperti stempel yang tertera pada paspor. Waktu kunjungan kamu di luar ngeri tergantung dari visa yang kamu ajukan. Mungkin di antara kamu ada yang berminat jalan – jalan ke luar negeri? Bila iya ada baiknya menyimak tips dari Hello-PET berikut agar kamu lancar dalam pengajuan visa. Check this out!

 

 

 

 

Buat Paspor Dulu Sebelum Membuat Visa

 

Untuk mendapatkan visa tentu saja kamu perlu membuat paspor dahulu yang nantinya digunakan sebagai identitas diri yang diakui secara internasional. Untuk pembuatan paspor kini ada yang menggunakan jalur online agar lebih cepat dan praktis. Paspor pun ada dua jenis yakni paspor biasa yang terdiri dari 24 halaman hingga 48 halaman serta paspor elektronik. Paspor elektronik dibandrol dengan harga Rp655.000 dua kali lebih mahal ketimbang paspor biasa isi 48 halaman. Perbedaan antara keduanya terletak pada sebuah chip yang ditanamkan pada buku sampul paspor tersebut.

 

 

Baca Juga : 8 Langkah Membuat Paspor Online Sendiri

 

 

Syarat pembuatan paspor gampang banget asal semua data yang ada di dalam dokumen telah sinkron satu dengan lainnya. Syarat pembuatan paspor di antaranya KTP, akta kelahiran atau ijazah, kartu keluarga asli. Bagi papsor untuk anak – anak membutuhkan buku nikah orangtuanya dan saat pengajuan anak – anak pun wajib dibawa untuk melewati proses foto dan biometri meskipun masih bayi. Bila semua persyaratan dan  segala proses keimigrasian telah dilakukan maka paspor dapat kamu terima paling lambat 7 hari kerja.

 

 

 

Tentukan Negara Tujuan Saat Ingin Mengajukan Visa

 

Sebelum mengajukan visa tentu saja kamu perlu mempertimbangkan negara mana yang kamu tuju. Pengajuan visa setiap negara itu berbeda – beda satu dengan lainnya berikut juga persyaratan yang diperlukan. kamu tentunya perlu menentukan terlebih dahulu negara mana yang hendak kamu jadikan tempat tujuan. Selain itu pastikan dahulu kamu telah memiliki paspor baik yang berupa paspor biasa maupun paspor elektronik. Ceklah apakah paspor kamu dalam waktu yang memerlukan perpanjangan atau tidak. Bila kamu sudah menentukan negara yang hendak dituju maka lanjutan dengan langkah selanjutnya.

 

 

 

Tentukan Jenis Visa

 

Visa terdiri dari beberapa jenis ada yang disebut dengan visa on arrival yakni visa yang diberikan langsung saat kamu berda di negara tujuan seperti saat kamu berkunjung ke negara ASEAN. Ada pula visa kerja yang diberikan untuk tujuan bekerja di luar negeri. Bagi masyarakat indonesia yang mayoritas beragama muslim dikenal pula dengan visa umrah untuk beribadah di tanah suci Mekkah.  Ada pula visa bisnis yang diberlakukan kepada seseorang yang berada dalam kondisi kunjunganbisnis pada negara tertentu. Bagi yang hendak liburan terdapat visa turis yang waktunya tidak tentu di setiap negara. Beberapa negara memberlakukan waktu untuk visa turis selama 30 hari namun ada pula yang menentukan hingga 90 hari.

 

 

Beberapa negara seperti Jepang dan Korea memberlakukan bebas visa bagi pemegang paspor elektronik . Jepang misalnya memberlakukan bebas visa kunjungan selama 15 hari kepada pemiliki e-paspor. Untuk warga negara Jerman bahkan bebas visa hingga lebih dari 170 negara baik pemegang paspor biasa maupun e-paspor. Kalau kamu pilih paspor jenis apa?

 

 

 

 

Cari Tahu Syarat Pengajuan Visa

 

Setelah menentukan negara tujuan yang hendak kamu kunjungi langkah selanjutnya adalah mencari informasi syarat pengajuan visa. Beberapa kedutaan besar menetapkan dokumen tertentu saat mengajuan visa. Berikut ini beberapa dokumen yang dimintai kedutaan Australia, Jepang, Amerika Serikat atau Inggris yang biasa dituju oleh kebanyakan warga Indonesia.  Untuk negara tujuan Australia misalnya kamu memerlukan syarat seperti paspor asli, fotokopi kartu keluarga dan KTP, foto ukuran 4 x 6 dengan background berwarna putih. Bila kamu mengenakan hijab jangan lupa pastikan kedua telinga terlihat di dalam foto.

 

 

Laporan bank selama 3 bulan, tiket pesawat dan bukti booking hotel selama di Australia dan surat nikah bila pergi bersama pasangan suami istri. Kamu bisa mengajukan visa turis dengan mengisi form 48 R. Bila syarat – syarat telah terpenuhi maka visa autralia kamu akan selesai selama 10 hari. Bagi yang hendak ke Jepang kini pemegang elektronik paspor cukup menyertakan e-paspornya dan mengisi formulir pengajuan visa yang ada di kedutaan dan tunggu hingga 3 hari maka visa waiver kamu bisa didapat.

 

Baca Juga : Wisata Halal Di Jepang Bikin Moslem Traveler Makin Senang

 

 

Bagi kamu yang hendak menuju Amerika Serikat perlu melengkapi persyaratan seperti aplikasi visa elektronik non – imigran Amerika Serikat. Satu foto terbaru beserta paspor asli, intineary atau keterangan sponsor bila ada beserta rekening tabungan. Umumnya yang memiliki penghasilan di atas Rp. 3.000.000 mendapat peluang lebih besar untuk visa AS. Kamu yang hendak ke Inggris bisa mengajukan visa online dan melengkapi data di website tersebut.

 

 

Umumnya syarat dokumen yang diminta oleh kedutaan Inggris ialah fotokopi KTP, surat nikah bagi yang bepergian bersama pasangan. Data rekening tabungan selama 3 bulan terakhir, konfirmasi pemesanan hotel dan tiket pesawat pulang pergi bila dalam waktu yang singkat.  Bila yang hendak bepergian ke Korea Selatan syarat yang dibutuhkan hampir sama dengan kedutaan lainnya. Jika kamu bepergian ke Korea Selatan demi urusan pekerjaan maka akan diminta surat keterangan kerja asli dalam bahasa Inggris yang ditanda tangani pihak berwenang dari perusahaan kamu.

 

 

 

 

Ayo Segera Datangi Kedutaan Untuk Membuat Visa

 

Jika persayaratan kamu telah lengkap maka segera datangi kedutaan negara yang kamu tuju. Kedutaan biasanya terdapat di kota – kota besar di Indonesia seperti ibukota Jakarta, Surabaya, Bandung dan lain sebagainya. Untuk mengajukan visa memang ada yang menggunakan jalur online namun kamu tetap harus datang ke kedutaan untuk verifikasi data. Saat mengajukan permohonan visa juga tidak bisa diwakilkan karena terkadang beberapa negara menetapkan wawancara sebagai salah satu syarat pemberian visa. Selain wawancara kamu juga biasa diminta untuk mengikuti biometric yakni foto wajah dan sidik jari seperti di kedutaan Inggris.

 

 

 

 

Bayar Biaya Visa Kamu

 

Beberapa kedutaan memang menerapkan fee untuk visa tujuan negara yang kamu tuju dan nominal setiap visa berbeda – beda satu dengan lainnya. Untuk visa Inggris kamu perlu membayar biaya visa sebesar Rp1.520.000 yang bisa kamu bayar secara online dengan menggunakan kartu kredit maupun debit. Untuk visa Korea Selatan terdiri dari dua jenis yakni single visa untuk waktu kunjungan di bawah 90 hari yang dikenai biaya Rp480.000,- sedangkan single visa untuk kunjungan di atas 90 hari dikenakan biaya sebesar Rp720.000. Amerika Serikat menetapkan biaya Rp1.520.000 yang dibayarkan ke Bank Permata atau Chatered bank. Untuk visa Australia memerlukan biaya Rp1.340.000 per paspornya.

 

 

 

 

Wawancara Untuk Mendapatkan Visa

 

Beberapa negara memang memberikan syarat wawancara  seperti kedutaan Amerika Serikat. Untuk pemohon visa yang berumur dibawah 14 tahun biasanya tidak akan diwawancarai namun keluarga terdekat akan dimintai keterangan. Saat wawancara biasanya kamu akan ditanyai tujuan kamu berkunjung ke negara tersebut, apakah dalam rangka kunjungan bisnis, liburan ataupun keperluan lainnya. Kamu juga akan ditanyai ke mana saja kamu akan pergi dan tinggal selama berada di negara tersebut. Tak perlu takut dan percaya dirilah sebab hal ini lumrah terjadi di kedutaan manapun.

 

 

Baca Juga: Liburan Santai di Inggris Justru Sambil Bermain Layang-Layang, Lho!

 

 

Mudah bukan untuk mengajukan visa cukup melengkapi persyaratan dokumen dan mengikuti prosedur yang ada. Bagi yang memiliki nama Islam banyak tersiar rumor bahwa akan sangat sulit mendapatkan visa untuk negara tertentu namun tak perlu khawatir sebab bila kamu memiliki track record yang baik dan tujuan jelas hal seperti itu tidak akan mengganjal kepergianmu. Visa ini sangat penting, jadi siapkan dari jauh hari jangan mendekati waktu keberangkatan kamu. Bisa – bisa kamu terganjal liburannya hanya karena satu dokumen yang menjadi jalan utama untuk berkunjung ke negara yang hendak kamu kunjungi.

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori