4 Resep Membuat Spaghetti Sederhana Di Rumah

Spaghetti merupakan mie khas Italia dan biasanya dimasak dengan bumbu bolognaise. Kamu bisa membuat spaghetti dengan resep sederhana di rumah. Dijamin enak!
0
4 Resep Membuat Spaghetti Sederhana Di Rumah
0 (0%) 0 votes
cara membuat spaghetti

Kalian pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan mi khas yang satu ini? Spaghetti merupakan mi yang berasal dari Italia. Dalam bahasa Italia, kata “spaghetti” adalah bentuk jamak dari kata “spaghetto” yang berasal dari kata “spago” dan berarti tali. Spaghetti sebenarnya pertama kali dibuat oleh orang China berupa mi karena memang manakan favorit mereka. Ada sebuah catatan yang mengatakan pada tahun 1292 ketika Marcopolo menjelajahi dunia, mampir di China dan melihat masyarakat setempat mengonsumsi mi kemudian dia membawa ke Italia. Namun catatan paling mendekati kebenaran sejarah adalah tentang fakta bahwa orang-orang Etruscan lah yang pertama kali membuat pasta sekitar tahun 400 SM. Ada bukti dari ukiran di sebuah goa yang menggambarkan proses pembuatan pasta, berlokasi sekitar 30 mil utara Roma. Bukti lainnya ditemukan di dalam surat wasiat Ponzio Baestone, serdadu Genoa yang meminta sekeranjang kecil makaroni dan ditulis pada tahun 1279, sekitar 16 tahun sebelum Marco Polo kembali dari China.

 

Pada umumnya, spaghetti ini sendiri dimasak sekitar 9-12 menit dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi. Harus kamu ketahui bahwa cara mengolah spaghetti banyak variasanya. Namun, yang paling sering digunakan atau populer ialah menambahkan saus daging cincang lalu ditaburi keju parut. Cara pengolahannya juga cukup unik loh, dengan tepung lalu diolah dengan sedikit air dan telur menjadi sebuah adonan yang disebut pasta, lalu digiling tipis menjadi selembar-selembar yang merupakan induk pasta.

 

 

Baca Juga : 10 Cara Mudah Menyajikan Mie Instan yang Unik Dan Enak Banget

 

 

Buat kamu yang suka banget sama mi asal Italia yang satu ini, kamu bisa langsung coba loh membuat spaghetti sederhana di rumah. Kali ini, hello-pet ingin memberikan beberapa cara membuat spaghetti. Langsung aja yuk!

 

 

Resep Enak Spaghetti 2 Saus

 

cara membuat spaghetti
via id.pinterest.com

 

Untuk resep yang satu ini mungkin agak sulit, jadi kamu akan memerlukan bahan cukup banyak. Ada beberapa bahan yang harus kamu pisahkan,jadi perhatikan caranya ya.

 

Pertama ialah bahan untuk merebus 200 gram yaitu 1000 cc air, ½ sendok teh garam, 1 sendok makan minyak goreng. Selanjutnya bahan bumbunya 200 gram daging giling atau sesuai selera, 315 gram saus pasta instan, 4 sendok makan saus tomat botolan, 50 cc air, ½ buah bawang Bombay. Satu lagi, untuk membuat pasta alfredo yaitu 200 cc susu UHT, 50 gram keju kraft quick melt, 2 sendok makan mentega, lada dan bawang putih secukupnya. Nah, kamu bisa menyediakan keju parut untuk bahan toppingnya.

 

Kalau kamu sudah menyediakan semua bahan yang dperlukan tadi, mari lanjut ke tahap pembuatannya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat resep yang satu ini adalah campur air, garam, dan minyak. Tunggu sampai mendidih masukan mie pasta dengan cara dipegang semuanya, ditengah lalu dilepas, masak hingga al dente.

 

Nah, sambil menunggu mie pasta yang sudah kamu masak tadi menjadi al dente, kamu bisa membuat bumbunya di panci yang terpisah hingga sauce mengental. Tak hanya itu, kalau kamu masih menyisakan satu tungku lagi atau ruang untuk memasak lagi, kamu bisa membuat satu macam saus lagi dengan panci yang terpisah. Kalau semuanya sudah siap matang kamu masak, susun sauce yang pertama di atas mie pasta yang sudah al dente, setelah itu tambahkan juga sauce alfredonya sesuai dengan selera kamu. Dan sajikanlah spaghetti dengan 2 saus pasta buatan kamu sendiri.

 

Baca Juga : Tempat Wisata Italia Yang Wajib Untuk Dikunjungi

 

 

Resep Klasik Spaghetti Bolognaise

 

cara membuat spaghetti
via resepdanmasakan.com

 

Bolognaise, adalah bumbu pasta yang sudah dikenal dan bisa menjadi pelengkap mi khas Italia paling populer. Sediakan semua bahan yang kamu perlukan untuk membuat salah satu resep spaghetti ini. Silakan dicatat 450 gram spaghetti, 250 gram daging cincang, 1 bungkus sosis sapi, bumbu bolognaise kemasan instan, 3 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, 2 siung bawang bombay, 2 buah tomat, saus tomat, saus sambal, gula, garam, lada hitam, sayur-mayur kalau kamu suka, air, minyak sayur, keju cheddar parut.

 

Oke, kalau kamu sudah menyediakan bahan-bahan yang di perlukan tersebut, bisa lanjut ke tahap pembuatannya. Tahap pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat resep spaghetti bolognaise ialah panaskan air + 2 sendok makan minyak dan sejumput garam hingga air sudah terlihat mendidih, setelah itu baru kamu memasukan spaghettinya. Masak spaghetti di air rebusan kamu tadi hingga al dente. Kalau sudah terlihat al dente, angkat spaghettinya lalu tiriskan sambil ditambahkan minyak sayur lagi agar tidak lengket.

 

Tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah, cincang bawang merah dan bawang putih. Cincang juga bawang bombay sisihkan. Selain itu potong tomat bentuk dadu kecil. Cairkan daging cincang beku yang sudah kamu sediakan. Iris tipis sosis sapinya dan sisihkan. Kalau kamu suka sayur juga, kamu bisa tambahkan sayur, cuci sayurnya dan dipotong kecil.

 

Setelah itu, kamu bisa langsung memanaskan minyak, oseng bawang-bawangan yang sudah kamu siapkan tadi dan tomat hingga sudah tercium harum. Kalau sudah harum, tambahkan juga daging cincang, masaklah hingga terlihat warnya sudah berubah, masukan sosis sapi masak lagi hingga matang. Kalau kamu sudah merasa matang, tambahkan air hingga ¾ panci, masaklah agak lama agar bumbu dan daging empuk serta bumbunya meresap. Setelah itu, kamu boleh langsung memasukan bumbu spaghetti secukupnya, lada, garam, gula, saus tomat, dan saus sambal juga seperlunya saja. Kalau kamu rasa belum matang dan airnya sudah surut, kamu boleh menambahkan airnya lagi. Cek rasa dan angkat. Tuang bumbu bolognaise yang sudah kamu buat tadi di atas pasta spaghetti dan taburi dengan keju parut sebagai pemanis dan penggugah selera.

 

Baca Juga : Tempat Wisata Italia Yang Sayang Untuk Anda Lewatkan

 

 

 

Cara Membuat Spaghetti Seafood Rumahan

 

cara membuat spaghetti
via blooies.com

 

Selain bolognaise, kamu juga bisa mencoba resep yang satu ini loh, guys. Kalau kamu sangat suka dengan seafood, mari dicoba resep membuat spaghetti seafood ini. Sediakan beberapa bahannya yaitu 1 sisi ikan tuna potong dadu, 3 cumi-cumi sedang iris dengan ketebalan 1 cm, 10 udang ukuran sedang kupas dan buang kepalanya, 5 tomat matang cincang, 3 siung bawang putih cincang, 2 helai peterseli cincang, 200 gram spaghetti, 3 sendok makan olive oil.

 

Kalau kamu sudah menyiapkan semua bahannya, langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat spaghetti seafood ini ialah panaskan olive oil dalam wajan, masukkan bawang putih sampai aroma harum tercium, kemudian masukkan semua bahan seafood dan tumis sebentar. Setelah itu, tambahkan tomat dan masak hingga tomat terlihat hancur dan berkuah. Selanjutnya, tambahkan garam sesuai selera, dan terakhir masukan peterseli kemudian matikan api. Sementara itu, kamu bisa rebus spaghettinya di panci yang berbeda sampai al dente, kalau sudah al dente, tiriskan dan campurkan mi ke saus seafood-nya. Kalau kamu suka pedas, kamu bisa tambahkan cabai sesuai dengan selera kamu.

 

Baca Juga : 10 Tempat Wajib Mampir dan Coba Aneka Kuliner di Jakarta

 

Resep Enak Spaghetti Carbonara Rumahan

 

cara membuat spaghetti
via foodnetwork.com

 

Resep yang satu ini sangat sedehana, disukai banyak orang, gampang dibuatnya, dan tentu saja memiliki citarasa enak. Sediakan semua bahannya seperti 100 gram spaghetti angels hair, 1 sendok makan olive oil atau minyak goreng, 2 buah sosis potong tipis, ½ suing bawang bombay iris tipis, 3 siung bawang putih cincang halus, 1 sendok makan terigu protein sedang, 200 ml susu cair, 50 gram keju cheddar parut, gula, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk secukupnya. Jangan lupa ½ sendok teh oregano.

 

Sudah siap bahannya? Nah, untuk tahap pembuatannya sangat sederhana. Pertama, rebus spaghetti dengan olive oil dan 1 sendok makan garam sampai al dente, tiriskan lalu sisihkan. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan terigu dan aduk cepat supaya tidak menggumpal. Masukkan sosis, masak hingga sosis matang. Tuangi dengan susu cair, tambahkan keju, oregano, gula garam merica bubuk dan kaldu bubuk, koreksi rasa dan kecilkan api. Masukkan spaghetti, aduk hingga merata, angkat lalu tata rapi di piring saji. Kalau sudah, tambahkan bumbu tambahannya seperti cabai kalau kamu suka pedas, keju cheddar parut, dan seledri cincang.

 

Baca Juga : Tempat Wisata Busan Yang Akan Buat Anda Jatuh Hati

 

Itulah beberapa resep membuat spaghetti praktis dan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba, guys!

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori